11 November 2008

Pemilihan Kepala Daerah (Sebuah Renungan…….)


Berdasarkan Undang-undang Nomor 22 Tahun 2007 tentang Penyelenggara Pemilihan Umum (Pemilu), bahwa yang dimaksud dengan Pemilu adalah sarana pelaksanaan kedaulatan rakyat yang diselenggarakan secara langsung, umum, bebas, rahasia, jujur, dan adil dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.

Selanjutnya Pemilu Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah yang lazimnya disebut Pilkada adalah Pemilu untuk memilih kepala daerah dan wakil kepala daerah secara langsung dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.

Pilkada berlangsung sebagai tindaklanjut dari bergulirnya era reformasi yang menghasilkan keinginan untuk menerapkan suatu proses demokrasi yang sesungguhnya dan direspon melalui Undang-undang Nomor 32 tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah, walaupun berdasarkan UU tersebut secara umum Pilkada belum termasuk dalam apa yang didefinisikan sebagai “Pemilu”. Barulah sejak berlakunya Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2007 tentang Penyelenggara Pemilihan Umum, Pilkada dimasukkan dalam “Pemilu”, sehingga secara resmi bernama Pemilihan Umum Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah.

Berbicara tentang Pilkada langsung, bahwa berdasarkan Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2004, peserta Pilkada adalah pasangan calon yang diusulkan oleh partai politik atau gabungan partai politik. Ketentuan ini selanjutnya diubah melalui Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2008 tentang Perubahan Kedua Atas UU nomor 32 tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah yang menyatakan bahwa peserta pilkada juga dapat diusulkan oleh partai politik, gabungan partai politik (sekurang-kurangnya 15% (lima belas persen) dari jumlah kursi DPRD atau 15% (lima belas persen) dari akumulasi perolehan suara sah dalam pemilihan umum anggota DPRD di daerah yang bersangkutan), atau perseorangan yang didukung oleh sejumlah orang yang memenuhi persyaratan sebagaimana ketentuan dalam Undang-Undang.

Berkaitan dengan berbagai hal diatas, jika kita melihat perkembangan pelaksanaan demokrasi di Indonesia bahwa sejak digulirkannya Regulasi Pemerintahan Daerah yaitu UU Nomor 5 Tahun 1974, UU No 22 Tahun 1999, UU 32 tahun 2004 hingga UU 12 Tahun 2008, telah terjadi berbagai perubahan sistem dalam penentuan kepala daerah, baik itu melalui penunjukan, pemilihan kepala daerah yang melalui pemilihan (keterwakilan) di jalur parlemen (DPRD) sampai dengan pemilihan langsung oleh rakyat, yang tentunya semua itu menimbulkan berbagai konsekuensi.

Pada sistem penunjukan, memang terkesan kurang demokratis dan dapat dianggap sebagai ajang “penanaman kuku”, rent seeking dll, walaupun juga memiliki sisi positif yaitu terjadinya harmonisasi dan sinkronisasi antara yang menunjuk dengan yang ditunjuk, tidak memunculkan “raja-raja kecil di daerah”, sangat legitimate, tidak membutuhkan cost yang besar serta tidak menimbulkan konflik horizontal.

Pada sistem keterwakilan, dimana KDH memiliki posisi “tawar” yang kuat, karena dia di dukung oleh kekuatan dominan di parlemen, cukup demokratis, tidak menimbulkan konflik horizontal, tidak membutuhkan “cost” sebagaimana pada pilkada langsung dll. Namun disisi lain, dapat menimbulkan rakyat tidak dapat menentukan pemimpinnya secara langsung, campur tangan yang cukup kuat dari kekuatan politik, menambah pundi-pundi keuangan wakil rakyat, dapat menimbulkan “kesewenang-wenangan” untuk melakukan “impeachment” dll.

Pada sistem pilkadasung, jelas sangat demokratis, rakyat dapat memilih pemimpinnya secara langsung ( walaupun melalui proses-proses tertentu seperti di usung oleh kekuatan parpol, kecuali calon independen), memiliki legitimasi yang kuat. Selain itu sisi negatif dari sebuah pilkadasung juga cukup mengkhawatirkan, antara lain terjadinya polarisasi dan konflik horizontal di lapisan masyarakat maupun birokrat, memunculkan “perasaan” sebagai raja-raja kecil, membutuhkan cost yang sangat besar baik itu dana pribadi (“membeli” bendera, biaya kampanye, belanja tim sukses dll) maupun dukungan dana APBN/APBD.

Dari berbagai sistem di atas, tentu kita semua sebagai insan yang mencintai negara dan bangsanya, berharap agar apapun pola dan sistem pelaksanaan demokrasi yang ada di Indonesia, khususnya dalam hal sistem penentuan pemimpin, baik negara maupun kepala daerah hendaknya lebih menghasilkan manfaat positif dibandingkan dengan mudharat (dampak negatif) yang bakal kita terima, sembari senantiasa untuk selalu menanamkan pendidikan politik kepada rakyat. Bagaimana menurut anda ???

Tiada gading yang tak retak ...

53 komentar:

  1. saya belum pernah memilih kepala daerah sih .. gimana dunk ?

    BalasHapus
  2. politik di Indonesia? Hmmm... kayaknya masih harus belajar banyak. Terutama belajar menerima kekalahan. Kita sering melihat, setelah PILKADAL (pemilihan kepala daerah langsung) selesai dan sudah ditentukan pemenangnya, maka kejadian selanjutnya adalah protes dari kubu yang kalah. Tentu saja diwarnai dengan bentrok masa, siapa yang rugi? Yang rugi kita semua.

    BalasHapus
  3. mnurut qu apa yg maz sampein emang bener demikian. pilkada selain demokratis(rakyat dapat memilih pemimpinnya secara langsung) namun juga punya dampak negatif seperti terjadinya polarisasi dan konflik horizontal di lapisan masyarakat maupun birokrat.

    untuk itu benar seperti yg maz sampein di atas, bahwa seyogyanya pemerintah n pihak terkait mesti menanamkan pendidikan politik kepada rakyat. thx... good article

    BalasHapus
  4. Memang lae, setiap sistem yg dibuat tentu mempunyai sisi kelemahan dan kekurangan.
    Tentu saja kita berharap, dengan munculnya sistem yang baru, maka akan meminimalkan kekurangan dan kelemahan sistem yang sebelumnya

    BalasHapus
  5. saya kira apa pun sistim yang kita pakai itu sekarang tergantung dari pelaksaaanannya dan manusianaya, sistim bagus tapi penerapanya salah saya yakin tidak akan efektif begitu juga sebaliknya manusianya bagus tapi sistim yang si gunakan salah yaaa podo wae......

    BalasHapus
  6. yang kita harapkan saat pemilihan adalah semua calon musti siap menerima kekalahan, jangan baru kalah bikin ulah :(

    BalasHapus
  7. yang pasti pemilu itu adalah ajang menarsiskan diri!
    wkekekekek!

    BalasHapus
  8. berarti yg memilih juga perlu bersikap kritis dan pintar memahami strategi para politisi ini supaya gak terjebak milih politisi asbun...:D

    BalasHapus
  9. hendaknya hasilnya positip buat rakyat dan dg niat baek. jangan dg niat biar cepat kaya.

    BalasHapus
  10. proses pilkada di Indonesia, sebenarnya pemborosan. Sampai dua kali tahapan segala. Mungkin dipikirkan mekanisme irit tapi meriah

    BalasHapus
  11. PILKADA di indonesia belum terlalu profesional dalam pelaksanaannya.. dimana2 masih ada unsur kepentingan per golongan, bukan tuk kepentingan rakyat....

    BalasHapus
  12. PILKADA di indonesia belum terlalu profesional dalam pelaksanaannya.. dimana2 masih ada unsur kepentingan per golongan, bukan tuk kepentingan rakyat....

    BalasHapus
  13. Tuh udah dijawab semua sama blogger.
    Giliran saya yang nanyak, hehehe...
    Mencalonkan diri di PILKADA apa masih harus pake fulus biar mulus....

    BalasHapus
  14. Saya setuju dengan komentar di atas..cocok bana lah...

    BalasHapus
  15. pilkada......anna gak pernah paham gimana kriteria yang pantas dipilih......abstain aja deh

    BalasHapus
  16. setuju dan patut disyukurin, jaman dulu memang gitu ya, untuk jadi gubernur cukup nego pak presiden dan DPR, nah sekarang, satu propinsi harus di nego. Sedangkan kekotoran kekotoran itu ya... dimana aja dibelahan bumi ini, politik memang kotor, dan pilihan kita cari yang memang saat sudah terpilih bisa jadi kebanggaan :D

    BalasHapus
  17. is speedily Links london Chainsapproaching and men across the earth will start stress out about it. links of london sweetie bracelet Choosing a Valentine's Gift can be somewhat grueling, friendship bracelets especially if she and you are entirely close and all you want to do is dash her sympathy during this unusual reason. links of london uk All you necessity is some planning, the little thoughts, and a whole lot of honey. links of london silver If you are mystified for an idea for the Valentines Day gift now then why not ponder a discount links of london section of .Links Of London Bracelet is the classic and thoughtful gift to believe, links of london bracelet sale however, this is regularly above people's budgets. When selecting cheap links of london bracelet Bracelet get something that she will like, attire and show off to her links. links of london bracelet uk If she never wears jewels then bountiful her a wristlet is a very discount links of london bracelets risky and inadvisable gift.

    BalasHapus
  18. guoweigang More often than not, even pandora bracelets sale the kind of material used for the jewelry is also diverse. Most necklaces are normally made from silver or gold, but there are others that use leather or even bones and shells.Other necklaces contain precious stones, most commonly diamond, similar to discount pandora bracelets what rap stars usually wear. Among these so called "bling" the most common design is usually the cross.Aside from the obvious fashion purposes, these cross pandora jewerly necklaces can mean so much more depending on the personal faith of the wearer.Pretty much, cross necklaces can either be worn to symbolize faith pandora 2010 or plainly as a fashion statement. They can showcase the personal faith of the wearer. There are plenty of sites online as well as stores offline that can help you find the right men's cross necklaces to wear for yourself or to give away to male friend or lover.

    BalasHapus
  19. When UGG Classic Tall moment in Classic Tall Boots time Classic Tall uggs pertains find ugg 5815 expensive jewelry regarding UGG Cardy Mother you'll notice Cardy Boots engagement rings is among the actual
    Classic Tall uggs ideal presents you can actually produce your mother. You Cardy Ugg boots can find explanation Cardy uggs why folks should display his or her's mother's ugg 5819 with gifts. A birthday and mom's birthday are usually a couple of the extremely UGG Classic Short

    BalasHapus
  20. Silver wedding bands pandora sale are an excellent pandora jewellery uk choice if you want pandora shop a ring that is affordable, long-lasting pandora 2010 and available in a number pandora jewelry of styles. If you are looking pandora earrings for a great selection of men's silver wedding discount pandora earrings rings in a variety of designs, then the best buy pandora earrings place to go is online. Most “brick and mortar” jewelers only pandora earrings uk sell wedding bands made from gold and platinum, but online jewelry stores pandora earrings silver recognize that their sales rely on customer demand. To find the perfect band for you, check the selection of silver wedding rings for men and compare prices online.

    BalasHapus
  21. For instance a watering hole, moncler actively playing golf lingerie is definitely an gain within the vital supplies that you can check out before playing. moncler Boutique Moreover, golf apparel is literally more than purely essential because of fixture. moncler pas cher In general, but also the squad banner of his fashion statement. That may use them in and around for professional parties more than a amazing trouser to mean the beautyEven as a result of sport, people can continue to showcase most of the inspiration inside manner. moncler prix It's been for a while personally seen as well as the established about quite a few events along with activities. moncler soldes An ideal back into playing golf, football, cycling, and etc- clothing fashion could be as well as and fit you. moncler paris However golfs creation at present promises confusions and therefore bickering perhaps customers, golf dresses, most certainly was piece of their records. As all other physical activities, moncler polo the entire recognized past with golfs origins shows of which anyone what individual wishes the sport of golf is required to clothing specialised gowns. moncler veste One that can simply effectively reveal to in which -the poker player is without question from the well-to-do group.For sure, moncler doudoune that dress wear with play golf obtain just exactly strengthened the assumption that this sport was probably more particularly came up with towards successful folks. Golfing dresses can be utterly pricy. moncler homme Then again, when using the many models and also makers sprouting wherever, is just the game often as rspectable just as ahead of?Even though broad strategy towards playing may be attached with a great deal in the course of the country's the historical past, it is very rather unjust so that it will assess one thing outside of your dog's gown code.

    BalasHapus
  22. This is such a great resource that you are providing and you give it away for free. I enjoy seeing websites that understand the value of providing a prime resource for free. I truly loved reading your post. Thanks!

    BalasHapus
  23. Pemilihan umum kepala daerah dan wakil kepala daerah, atau seringkali disebut pilkada, adalah pemilihan umum untuk memilih kepala daerah dan wakil kepala

    BalasHapus
  24. ang telah menolak melakukan kudeta untuk menghalangi pemilihan Salvador

    BalasHapus
  25. Males have only a couple of things they would happily change about their body. The main thing is moobs and where surgery was the only method there are now pills to help men get rid with this problem.

    BalasHapus
  26. Aku juga belum pernah memilih kepala daerah..

    BalasHapus
  27. I was very pleased to find this site. I wanted to thank you for this great read!! This is a very informative post, it helps me more.

    BalasHapus
  28. nice post thanks for sharing it would like to have an regular touch

    BalasHapus
  29. Does it a sleeping bed its look similarly like that in general

    BalasHapus
  30. I like that bed its look nice

    BalasHapus
  31. Informative post. Keep sharing your ideas.

    BalasHapus
  32. Thank you for another informative blog. Where else could I get that kind of information written in such a perfect way? I have a project that I am presently working on, and I have been looking for such info.

    BalasHapus
  33. nice this information..
    thanks this post...

    BalasHapus
  34. Pleasant this in sequence..
    Appreciation this place of duty...
    Xbox 720

    BalasHapus
  35. Could you email me with a few hints & tips about how you made your site look this good, I'd be appreciative!

    BalasHapus
  36. thanks! very helpful post!! like the template btw ;)

    BalasHapus
  37. I want to thank the blogger very much not only for this post but also for his all previous efforts. I found your blog to be extremely interesting. I will be coming back. CU

    BalasHapus
  38. Where else could I get this kind of information written in such an incite full way? I have a project that I am just now working on, and I have been looking for such information

    BalasHapus
  39. Your way of suggestion is too nice.. I will try this information surely.. Very informative article..

    BalasHapus
  40. Very oft some people try to detect the writing associated with online term paper. Thence, we can suggest to take the support of essay writing service. In fact, it’s ok to use some sentences from the this good topic page. Designer Christening Dress

    BalasHapus
  41. Saying gratitude will not very soon be satisfactory, for the outstanding precision in your lettering. I will accurate away grab your RSS give food to exist in side by side of any updates.

    BalasHapus
  42. This is very Interesting post.. I am impressing.. Thanks

    Hospital Management System

    BalasHapus

Saya sangat berterima kasih bila teman berkunjung dan meninggalkan komentar. Yakinlah teman, saya "pasti" akan melakukan hal yang sama, karena hidup akan semakin indah, jika kita saling memberi dan menerima.