13 November 2008

Tukul "tersandung" Kodok

Beberapa saat terakhir ini, dunia penyiaran Indonesia dikagetkan dengan pemberitaan tentang “pembredelan” beberapa acara yang sempat tayang di media elektronika, seperti sinetron yang beraura “sampah rumah tangga” sampai dengan “empat mata “ yang cukup kontroversial.

Hal ini menggelinding sejak Pemerintah menetapkan UU 32/tahun 2002 tentang Penyiaran, disitu diatur antara lain bahwa penyiaran sebagai kegiatan komunikasi massa mempunyai fungsi sebagai media informasi, pendidikan, hiburan yang sehat, kontrol dan perekat sosial. Dalam menjalankan fungsi sebagaimana dimaksud penyiaran juga mempunyai fungsi ekonomi dan kebudayaan.

Dalam kasus si tukul, yang penghentiannya diberitakan melalui Siaran Pers KPI, Nomor: 23 /KPI/SP/11/08, 4 Nopember 2008, Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) Pusat memutuskan untuk menghentikan program Empat Mata yang tayang Senin hingga Jumat Pukul 21.00 di Trans 7. Keputusan ini diambil setelah sebelumnya, program Empat Mata telah menerima teguran sebanyak 3 kali. Teguran sebelumnya dilayangkan pada 5 Mei 2007, 27 September 2007 serta 25 Agustus 2008. Namun berdasarkan pemantauan KPI Pusat pada program Empat Mata yang tayang 29 Oktober 2008 episode Sumanto – Mantan Pemakan Mayat ditemukan adanya pelanggaran. Maka sesuai dengan Undang-undang Penyiaran, KPI memutuskan untuk menghentikan sementara program Empat Mata, mengingat adegan dalam program tersebut sangat tidak pantas dan melanggar SPS yang ditetapkan KPI.

Dalam program Empat Mata pada episode tersebut pada salah satu adegan menampilkan seorang bintang tamu memakan hewan hidup-hidup. Sehingga program ini dinilai telah melanggar Pedoman Perilaku Penyiaran dan Standar Program Siaran (P3-SPS) :

1. Pasal 28 ayat 3 yang berbunyi : lembaga penyiaran televisi dilarang menyajikan program dan promo program yang mengandung adegan di luar perikemanusiaan atau sadistis.

2. Pasal 28 ayat 4 yang berbunyi : lembaga penyiaran televisi dilarang menyajikan program yang dapat dipersepsikan sebagai mengagung-agungkan kekerasan atau menjustifikasi kekerasan sebagai hal yang lumrah dalam kehidupan sehari-hari.

3. Pasal 36 yang berbunyi : lembaga penyiaran dilarang menyiarkan program yang mendorong atau mengajarkan tindakan kekerasan atau penyiksaan terhadap binatang.

Selain itu juga, pada Pasal 36 (5) dan (6) UU Penyiaran dijelaskan bahwa isi siaran dilarang:

a. bersifat fitnah, menghasut, menyesatkan dan/atau bohong;
b. Menonjolkan unsur kekerasan, cabul, perjudian, penyalah-gunaan narkotika dan obat terlarang; atau
c. Mempertentangkan suku, agama, ras, dan antargolongan.

Isi siaran dilarang memperolokkan, merendahkan, melecehkan dan/atau mengabaikan nilai-nilai agama, martabat manusia Indonesia, atau merusak hubungan internasional.

Menyimak berbagai ulasan diatas, masalah ini sesungguhnya bukanlah soal pengkebirian terhadap alat kelamin penyiaran, tetapi kita sudah selayaknya berfikir secara jernih. Masyarakat Indonesia adalah masyarakat timur yang terkenal dengan adab, tata karma dan sopan santunnya. Sehingga apapun yang diperbuat oleh media massa (khususnya) tentu harus membuat karya yang bertanggung jawab, mengandung nilai-nilai positif dan mengacu pada koridor yang telah ditetapkan. Tidak hanya sekedar untuk meningkatkan “rating” atau “oplah” belaka”.

Kita sepatutnya juga harus mengucapkan terima kasih kepada KPI yang berani telah bertindak tegas untuk menegakkan aturan main. Mari kita jadikan kasus Tukul ini sebagai suatu pembelajaran bagi media massa lainnya. Dengan catatan hendaknya tidak membunuh karakter dari si Tukul, melainkan “mengejar” dalang kreatif acara itu.

Bagaimana tanggapan kawan?
Ditunggu konsistensi dan komitmen anda selanjutnya bung KPI…

Tiada gading yang tak retak …


84 komentar:

  1. wah, saya menghormati KPI. tetapi untuk acara empat mata saya kira harus dipertimbangkan. saya sudah melihat adegan tersebut (yang memakan hewan hidup2) beberapa kali. kenapa begitu ia muncul di empat mata, baru ada proses.

    Seharusnya KPI sudah menutup program2 sebelumnya yang menampilkan atraksi tersebut. Dan menurut saya pribadi, acara tersebut adalah atraksi dan tidak melanggar undang2. Saya malah lebih tidak setuju dengan sinetron2 yang isinya hanya merusak, berpakaian sekolah tapi tingkahnya tidak seperti anak sekolahan, yang disorot bukan tentang sekolahnya tapi malah perilaku yang tidak jelas.

    Dan acara empat mata tayang pada jam malam, jamnya orang dewasa. Akh.... politik dan bisnis memang sering tidak adil. Siapa di balik itu?

    BalasHapus
  2. Tukul.......tukul......aya2 wae

    BalasHapus
  3. Kalau saya sih yg gak sewtuju di acara 4 mata itu adalah karena adegan peluk dan cium, bintang tamu wanita suka kurang pantas berpakaiannya dan kadang memperolok secara berlebihan.
    Bagaimanapun saat Allah menciptakannya, tidak bermaksud untuk memperolok dirinya. Dia menciptakan dengan sebaik-baiknya.
    Setiap manusia mempunyai kelebihan dan kekurangan.
    Kelebihan yang dimiliki bukan untuk dibanggakan, dan kekurangan bukan untuk bahan ejekan.

    BalasHapus
  4. semoga ini menjadi pelajaran berharga buat host yang lain. mungkinkah adas skenario lain di balik acara itu, ale, utk menggeser popularitas thulu, misalnya?

    BalasHapus
  5. duhm kok jadi banyak salah ejaan kayak gitu komenku hiks.

    BalasHapus
  6. Iya ini lae, betul itu mas tuk, Sekali layar terkembang, surut kita berpantang...maju teruss. hahaha

    keep in touch, lae

    BalasHapus
  7. tukul-nya jatuh k jurang dong...kwakakakakaka

    BalasHapus
  8. Kodok si kodok lompat
    Lompat ke dalam kali
    Kalau ada yang dapat
    jangan dimakan lagi.

    BalasHapus
  9. TUKUL!!!!

    da' suko pun ambo mancaliknyo

    BalasHapus
  10. herannya kok trans 7 membiarkan acara ini tayang ya? tukul itu lucu cuma rada risih dan norak kalo dia menggoda tamu2 perempuan dg kata2 dan kelakuan murahan yg menurutku spt pelecehan

    BalasHapus
  11. siapa yang slah ? semua slah

    BalasHapus
  12. emang gitu kali ya hukumnya, semakin tinggi populeritas kita semakin kencang angin yang menggoyang...

    BalasHapus
  13. seharusnya sudah sejak lama empat mata di "bubarkan"
    nggak mendidik gitu kok,
    memang media mainstream sekarang ini lagi kacau kok..syukurlah KPI bertindak, mustinya yang kena ga hanya 4 mata aja, tapi banyak.

    BalasHapus
  14. Hm...boleh2 aja. asal dilakukan sama rata yah? jangan pilih2 kasih...

    BalasHapus
  15. Gimana dengan dunia internet yah ,
    Banyak blogger sengaja memposting tulisan-tulisan yang memancing perdebatan pemahaman agama, hanya untuk menaikkan rating / hits .

    BalasHapus
  16. siaran ini saya gak tahu,soalnya sebelum saya meninggalkan tanah air sekitar 6 tahun lalu,acara ini lom ada. so, gak berani berkomentar apapun. tetapi di balik itu saya sependapat dengan alenia terakhir. nice posting* and txs atas kunjunganya...

    BalasHapus
  17. Seakan tidak mau kehilangan rating acara..Empat mata di akusisi menjadi Tanda mata, cuma beda pembawa acara nya aja tuh :)

    BalasHapus
  18. pokoknya yang serba berlebihan memang ndak baik...ya to?

    BalasHapus
  19. Awalnya Tukul di acara ini terlihat begitu sederhana...namun para 'kreativitor'nya lupa klo ukul juga manusia yang bisa 'fly'...emang akhirnya bablas juga...coba tetap dalam koridor kesederhanaan itu pasti tetap jalan yaa...

    api salut buat Tukul sampai segitu tenar dan kaya nya...!

    BalasHapus
  20. jadi yang salah sebenernya tukul yang jadi host atau produsernya?? karena mas tukul khan hanya menjalankan skenarionya..hehhe dia deh yang jadi korban...:)
    btw salam kenal yah, senang bisa mampir da kenalan disini...monggo mampir di "rumah" saya lae...barangkali ada info menarik yang bisa diambil disitu..

    salam,
    bonar
    http://sihotang407.wordpress.com

    BalasHapus
  21. Kasian tuh Tukul, jadi pengangguran... BTW, penggantinya sekarang kurang seru y a...



    salam kenal dari - s L i K e R s -

    BalasHapus
  22. tukull... tukulll... sabar ya mas, pasti niatnya si sumanto cuma sebagai sarana hiburan juga. tapi ya penglihatan dan pemikiran manusia mang beda - beda. emang kalo dibiarkan ntar yg laen pada ngikut ngikut. mending di tutup aja sih.

    BalasHapus
  23. wah gak bisa komen aq..(tp kok maksa nulis di kotak komen ya???? hehe)
    karena aq jarang nonton TV, hanya acara2 tertentu aja..(oprah,kick andy, n berita... itupun kadang hanya dengar aja di kamar tanpa liat gambarnya xixixi)

    BalasHapus
  24. kodok idup beneran dimakan ??? hueeeeeeeeegggg

    kalo aku males banget ngeliat ABG yg didandani medok trus berpakaian sexy. kayaknya masih kecil gitu gak pantes.

    BalasHapus
  25. Huek...huek...huek...
    Aku mau muntah ketika liat acara makan kodok. Tainya kena makan juga... huek...huek...huek

    BalasHapus
  26. Kalo udah dapetin Milliaran, banyak pihak yang nyoba-nyoba nagih jatah premsn...

    BalasHapus
  27. Ow.. baru mudeng jalan cerita kenapa sampe tidak tayang lagi.

    BalasHapus
  28. ehmmmm..................

    ngomongin masalah KPI kaga pernah jauh dari pencekalan..........

    diliat dari sisi baiknya sebenarnya tukul ini langka...... dalam artian peran didunia seni bisa diacungkan jempol...........

    kalo sedikit2 dikatakan melakukan pelanggaran sesuai dengan ketentuan diatas lama2 para seniman di Indonesia bisa Menyebrang juga kenegri tentangga........ itu menurut hemat saya lhoooooo!!!!!!

    sebenarnya sebuah karya seni jika di resapi secara mendalam dapat menghasilkan sesuatu yang amat bermakna lho!! tapi kalo dewi persik sihhhhhhhhh itu bukan seniman cuman orang yang mengatas namakan dirinya dari kaum seniman....

    tapi apa mau dikata itu lah Indonesia yang lebih kepada sesuatu yang menjurus kepada pengekangan HAM seseorang (berkarya)....
    walaupun ini bertolak belakang dari adat kita sih......

    nice post bosss.....

    BalasHapus
  29. Akhirnya Arwana nisa juga kesandung kodok??Habis sama2 di air sih hehehe...

    BalasHapus
  30. aha bali ndeso mas
    selama ini memang sepertinya latah banget dengan acara empat mata kadang seperti nggak ada acara lain yang lebih baik gitu hahah
    tapi mungkin ini akhir episode nya yah hahaha
    bali ndeso ndeso hahahaha
    salam mas

    BalasHapus
  31. wah aku tuh gak suka sama itu cewe yg centil sapa namanya tuh aduhhh lupa... kalo Tukul sih gak masalah secara istrinya Tukul masih sepupu sama suamiku hehehe...

    BalasHapus
  32. diriku kalo liat tukul seperti melihat ke cermin

    BalasHapus
  33. DOH....Kesian Tukul....pulang kampung.....tapi pas episode itu anna gak liat....maklum sudah lama gak liat tipi...palagi nonton 4 mata....sibuk ngeblog euy

    BalasHapus
  34. horas bah lae................!!!!!!

    mantap juga ya..jd kanibal..
    da ada korban lae.....??????????

    BalasHapus
  35. One accessory that many pandora beads women consider a necessity is a handbag.

    BalasHapus
  36. is speedily Links london Chainsapproaching and men across the earth will start stress out about it. links of london sweetie bracelet Choosing a Valentine's Gift can be somewhat grueling, friendship bracelets especially if she and you are entirely close and all you want to do is dash her sympathy during this unusual reason. links of london uk All you necessity is some planning, the little thoughts, and a whole lot of honey. links of london silver If you are mystified for an idea for the Valentines Day gift now then why not ponder a discount links of london section of .Links Of London Bracelet is the classic and thoughtful gift to believe, links of london bracelet sale however, this is regularly above people's budgets. When selecting cheap links of london bracelet Bracelet get something that she will like, attire and show off to her links. links of london bracelet uk If she never wears jewels then bountiful her a wristlet is a very discount links of london bracelets risky and inadvisable gift.

    BalasHapus
  37. guoweigang More often than not, even pandora bracelets sale the kind of material used for the jewelry is also diverse. Most necklaces are normally made from silver or gold, but there are others that use leather or even bones and shells.Other necklaces contain precious stones, most commonly diamond, similar to discount pandora bracelets what rap stars usually wear. Among these so called "bling" the most common design is usually the cross.Aside from the obvious fashion purposes, these cross pandora jewerly necklaces can mean so much more depending on the personal faith of the wearer.Pretty much, cross necklaces can either be worn to symbolize faith pandora 2010 or plainly as a fashion statement. They can showcase the personal faith of the wearer. There are plenty of sites online as well as stores offline that can help you find the right men's cross necklaces to wear for yourself or to give away to male friend or lover.

    BalasHapus
  38. When UGG Classic Tall moment in Classic Tall Boots time Classic Tall uggs pertains find ugg 5815 expensive jewelry regarding UGG Cardy Mother you'll notice Cardy Boots engagement rings is among the actual
    Classic Tall uggs ideal presents you can actually produce your mother. You Cardy Ugg boots can find explanation Cardy uggs why folks should display his or her's mother's ugg 5819 with gifts. A birthday and mom's birthday are usually a couple of the extremely UGG Classic Short

    BalasHapus
  39. Silver wedding bands pandora sale are an excellent pandora jewellery uk choice if you want pandora shop a ring that is affordable, long-lasting pandora 2010 and available in a number pandora jewelry of styles. If you are looking pandora earrings for a great selection of men's silver wedding discount pandora earrings rings in a variety of designs, then the best buy pandora earrings place to go is online. Most “brick and mortar” jewelers only pandora earrings uk sell wedding bands made from gold and platinum, but online jewelry stores pandora earrings silver recognize that their sales rely on customer demand. To find the perfect band for you, check the selection of silver wedding rings for men and compare prices online.

    BalasHapus
  40. For instance a watering hole, moncler actively playing golf lingerie is definitely an gain within the vital supplies that you can check out before playing. moncler Boutique Moreover, golf apparel is literally more than purely essential because of fixture. moncler pas cher In general, but also the squad banner of his fashion statement. That may use them in and around for professional parties more than a amazing trouser to mean the beautyEven as a result of sport, people can continue to showcase most of the inspiration inside manner. moncler prix It's been for a while personally seen as well as the established about quite a few events along with activities. moncler soldes An ideal back into playing golf, football, cycling, and etc- clothing fashion could be as well as and fit you. moncler paris However golfs creation at present promises confusions and therefore bickering perhaps customers, golf dresses, most certainly was piece of their records. As all other physical activities, moncler polo the entire recognized past with golfs origins shows of which anyone what individual wishes the sport of golf is required to clothing specialised gowns. moncler veste One that can simply effectively reveal to in which -the poker player is without question from the well-to-do group.For sure, moncler doudoune that dress wear with play golf obtain just exactly strengthened the assumption that this sport was probably more particularly came up with towards successful folks. Golfing dresses can be utterly pricy. moncler homme Then again, when using the many models and also makers sprouting wherever, is just the game often as rspectable just as ahead of?Even though broad strategy towards playing may be attached with a great deal in the course of the country's the historical past, it is very rather unjust so that it will assess one thing outside of your dog's gown code.

    BalasHapus
  41. Powered Graveure Vorlagen verwenden oder High-Tech-EDV-Entwürfe thomas szabo der bevorzugten Inschrift abzuschließen. Das Produkt in der Maschine platziert ist und wenn auf der Maschine gedreht erstellt thomas sabo uhr automatisch die Buchstaben und symbolsIf Sie Ihr Silber Begriffe graviert, als es viele Online-Geschäft, in thomas sabo ohrringe seestern dem eine gute Wahl für Sie! In Arbras finden Sie eine große Auswahl von gravieren Tafelsilber Sie können thomas sabo anhänger wählen aus und bekommen eingraviert

    BalasHapus
  42. Vor dem Kauf Ihre Verlobungsring einige der häufigsten Fragen, die in thomas sabo onlineshop Ihrem Kopf kommen, welche Art von Ring sollten Sie Ihre Frau geben? Welcher Stein sollten Sie für Ihren Ring wählen? Welche Art von Metall sollten Sie angebote thomas sabo armketten gehen und wie viel Sie auf Ihrem Ring verbringen? Aber wenn Sie wirklich lieben und nicht wünschen, dein ganzes Leben mit Armband mit Anhänger ihr verbringen müssen dann die Preise nie in den Weg kommen. Generell gibt es viele Männer, dass der Preis für Ring nur thomas sabo armkette Fragen zu den Damen zu denken.

    BalasHapus
  43. Die Ringe scheinen eher symbolisch für viele Paare thomas sabo online für die Darstellung ihrer Romantik und spirituelle Bindung. Grundsätzlich Mondsteine sind eine Art von angebote thomas sabo Mineral in der Feldspat-Familie, die eine Klassifizierung, dass über die Hälfte der Gesteine auf anhänger kette der Erde umfasst ist. Mondstein speziell bildet Kalium-Aluminium-Silikat und in der Regel besitzt ein kette thomas sabo sehr helles blau Farbton. Allerdings Mondsteine sind auch in einer Reihe von Farben thomas sabo ohrschmuck einschließlich gesehen Grün, Pfirsich, grau, blass gelb, braun oder cremefarben.

    BalasHapus
  44. Das Mineral wurde als Mondstein gewesen, weil als Licht thomas sabo schmuck günstig bewegt sich über den Stein, dessen Schimmer Veränderungen wie die Schatten des Mondes thomas sabo kette benannt. Der Stein ist auch als Selenit, für Selene benannt, der griechischen Göttin des Mondes angebote thomas sabo ohrschmuck bezeichnet. Es gibt viele mythologische Geheimnisse der Magie Schimmer moonstone.Many Paar findet thomas sabo ohrringe geht gaga über Mondstein als der kritischste Merkmal der Edelstein ist die Qualität seiner geschnitten. Was unterscheidet schmuck thomas sabo ketten Mondstein aus anderen Edelstein ist, dass die meisten der Schmuck lieber poliert werden als Facetten.

    BalasHapus
  45. Die Art-Deco-und Oldtimer eignen sich auch für Mondstein thomas sabo günstig Verlobungsringe. Accent Steine können in den Ringen thomas sabo eingearbeitet werden. Aber dies ist nicht immer getan. Diamanten und Perlen sind gemeinsame sabo uhren Entscheidungen und Paare auch wählen ähnlich ungewöhnliche Steine in die Mitte Mondstein begleiten. Dasangebote thomas sabo uhren Juwel Qualität Mondsteine sind recht teuer wegen der seltenen Natur. Ein größerer Stein mit einer reichen noch transparenter Farbe thomas sabo uhren billig fordert einen hohen Preis, da sie von außergewöhnlich hoher Qualität sind.

    BalasHapus
  46. Aus wirtschaftlichen Vorteilen ist der beste Weg zu einem lockeren thomas sabo onlineshop Edelstein der gewünschten Größe und Farbe finden und fragen Sie einen erfahrenen Juwelier zu einem perfekten Ring angebote thomas sabo armketten Akzent machen die Qualitäten des Steins. Da der Mondstein ist sehr empfindlich sind sie anfällig für Kratzer und Beschädigungen. Daher sollte Armband mit Anhänger die richtige Pflege gegeben, während sie tragen werden. Nur milde Reinigungsmittel und ein weiches Tuch zur Reinigung sollte them.Many Paare denken, dass traditionelle thomas sabo armkette

    BalasHapus
  47. Aus wirtschaftlichen Vorteilen ist der beste Weg zu einem lockeren thomas sabo onlineshop Edelstein der gewünschten Größe und Farbe finden und fragen Sie einen erfahrenen Juwelier zu einem perfekten Ring angebote thomas sabo armketten Akzent machen die Qualitäten des Steins. Da der Mondstein ist sehr empfindlich sind sie anfällig für Kratzer und Beschädigungen. Daher sollte Armband mit Anhänger die richtige Pflege gegeben, während sie tragen werden. Nur milde Reinigungsmittel und ein weiches Tuch zur Reinigung sollte them.Many Paare thomas sabo armkette denken, dass traditionelle

    BalasHapus
  48. Für ein Art-Deco-Stil, würde das stilisierte Natur Blume thomas sabo Ringe und die verschlungenen Verwendung von Metall-und Farbedelsteine perfekt sein. Die keltische Ringe sabo schmuck gewoben, um Reben, Blättern und Blüten imitieren, wie es die symmetrische Muster Knoten hat. Die gravierten thomas sabo anhänger günstig Verlobungsringe würde normalerweise haben kleine Blüten, die an der Außenseite eines breiten Band für sabo charm einen subtilen floralen Akzent graviert werden würde. Für die Schaffung eines thomas sabo anhänger sale unverwechselbaren persönlichen Ring, würden Sie mit einer Vielzahl von Designs geladen werden, die Art der Blumen, Einstellungen, Metalle und Edelsteine.

    BalasHapus
  49. Ein einziges strahlendes Juwel halten würde die Mode thomas sabo shop der Tulpen. Atemberaubende Rosen geformt direkt aus dem Ring ist aus Metall mit einem kleinen thomas sabo schmuck und schönen Edelstein in der Mitte gelegen wäre eine antike Engagement ring.If das Paar zieht ein Solitär thomas sabo armband Verlobungsring, sie können verschiedene Metalle verwenden, um die floralen Design eher beugen Überlastung der thomas sabo glaube liebe hoffnung Ring mit machen mehrere Blüten und Blättern. Zum Hinzufügen von Schönheit und Farbe, um den Ring, können thomas sabo engelsflügel Sie Roségold als das subtile rosa Farbton ist die beste Wahl für Blütenblätter und andere Highlights.

    BalasHapus
  50. Marquise Formen sind auch beliebte Wahl thomas sabo 2010 mit Überlänge und Spitzen. Discount Hochzeit Schmuck ist nicht immer thomas sabo online shop eine einfache Entscheidung. Stellen Sie sich vor Ihrem thomas sabo uhren großen Tag steht vor der Tür und du steckst fest, was mit Accessorize. Sollten Sie ohrringe creolen Ihren alten Schmuck? Leihen Sie etwas? Oder verbringen Sie ein kleines Vermögen, damit Sie thomas sabo armketten gut aussehen auf Ihrem Hochzeitstag?

    BalasHapus
  51. Sie müssen etwas Passendes, um mit ihm zu thomas sabo günstig gehen. Da Ihr hart verdientes Geld oder sein, um eine bessere Flitterwochen gehen thomas sabo könnte, sollten Sie auf jeden Fall in die es letzten Blick. Vergeuden Sie nicht auf einem Haufen sabo uhren Diamanten. Discount Hochzeit Schmuck ist ein guter Weg zu gehen, wenn Sie Geld sparen und bleiben im Rahmen des Budgets angebote thomas sabo uhren wollen. . . während noch nach genial! Sie müssen nicht ein Vermögen ausgeben zu schauen thomas sabo uhren billig am Tag der Hochzeit perfekt und niemand wird klüger.

    BalasHapus
  52. Diamantentrauringe sind immer sehr beliebt bei thomas szabo den Paaren. Und der Grund seiner Popularität ist seine Eleganz und natürlicher Schönheit. Aber thomas sabo uhr vor Kauf Ihres Diamantring Sie müssen bedenken, die 4C von Diamant, Schnitt, Farbe, Karat thomas sabo ohrringe seestern und Klarheit. Es ist sehr wichtig, das Wissen dieser 4C haben. Aber der wichtigste Faktor unter ihnen ist der Schnitt eines thomas sabo anhänger Diamanten. Cut von Diamant bezieht sich nur auf die Qualität der Diamanten und auch seine Form.

    BalasHapus
  53. Und heute findet man verschiedene Schnitte wie thomas sabo onlineshop runde, Prinzessin, strahlend, Herz, Quadrat, Birne, Asscher und Smaragd. Es gibt viele weitere Kürzungen auf dem Markt angebote thomas sabo armketten verfügbar, aber Sie müssen bedenken, dass die Auswahl der Schnitt auf Ihre persönlichen Vorlieben und Geldbeutel abhängt. Aber einer der stetigen Verlobungsring Armband mit Anhänger Trends des Jahres 2010 ist die Asscher Diamanten geschnitten Verlobungsring. Und der Grund seiner Popularität ist, dass es eine thomas sabo armkette zeitlose nostalgischen Atmosphäre bietet, ohne sich altmodisch.

    BalasHapus
  54. Und heute findet man verschiedene Schnitte wie thomas sabo onlineshop runde, Prinzessin, strahlend, Herz, Quadrat, Birne, Asscher und Smaragd. Es gibt viele weitere Kürzungen auf dem Markt angebote thomas sabo armketten verfügbar, aber Sie müssen bedenken, dass die Auswahl der Schnitt auf Ihre persönlichen Vorlieben und Geldbeutel abhängt. Aber einer der stetigen Verlobungsring Armband mit Anhänger Trends des Jahres 2010 ist die Asscher Diamanten geschnitten Verlobungsring. Und der Grund seiner Popularität ist, dass es eine thomas sabo armkette zeitlose nostalgischen Atmosphäre bietet, ohne sich altmodisch.

    BalasHapus
  55. Diese Ringe werden auch als Quadrat Smaragdschliff thomas sabo charm oder Kissen schneiden bekannt. Und das stilvolle Merkmal dieser Schnitt ist die quadratische Form mit thomas sabo charm club anhänger Ecken schneiden wie ein Achteck. Aber vor dem Kauf Asscher Diamanten Ring müssen Sie berücksichtigen, dass der Diamant sollte angebote thomas sabo anhänger der höheren Farbe und Klarheit zu halten, weil der Schliff des Diamanten bedeutet, dass alle thomas sabo charm Mängel, die sichtbar sind, können auch gut sichtbar auf dem bloßen Auge. Daher Asscher Diamanten kann teuer im Vergleich zu sabo charms anderen Diamanten von der gleichen Karat.

    BalasHapus
  56. Eine andere Sache, die Sie berücksichtigen müssen thomas sabo ist das Metall des Ringes. Sie können Ihre DiamantVerlobungsring in jedem Edelmetall und Nicht-Edelmetall, aber sabo schmuck vor der Wahl der Metall müssen Sie die Präferenz der Ihre Frau und Ihr Budget im Auge behalten. Aber immer daran denken, dass wenn thomas sabo anhänger günstig man so will Asscher Diamanten in weißem Metall gesetzt, dann wird es am besten aussehen. Aber im Falle, wenn sabo charm Ihre Frau nicht lieber weißes Metall, dann können Sie für gelbe Metall auch gehen. Schmuck sind ein integraler thomas sabo anhänger sale Bestandteil von Frauen das Leben.

    BalasHapus
  57. Es verbessert ihre Schönheit und Outfit und macht thomas sabo shop sie schauen extrem ansprechend. Jeder Anlass oder Feiern sind ohne Schmuck abgeschlossen. Heute werden Sie über eine Reihe thomas sabo schmuck von Sorten von Schmuck in verschiedenen Metallen wie Platin kommen wird, sind Titan usw. Obwohl diese Metalle äußerst thomas sabo armband wertvoll, aber sie können kein Ersatz für die Popularität von Goldschmuck und thomas sabo glaube liebe hoffnung Silberschmuck. Gold-und Silber-Metall Schmuck obwohl uralte sind äußerst beliebt bei den Frauen aus allen thomas sabo engelsflügel Altersgruppen und nie aus der Mode kommen.

    BalasHapus
  58. Das Wort "cut" bezieht sich eigentlich auf thomas sabo shop zwei unterschiedliche Charakterzüge eines Diamanten: der Form: rund, Prinzessin, strahlend, Smaragd-, Birnen-, Herz-, Oval, schneiden thomas sabo schmuck Grad marquisethe: wie gut die Form geschnitten wird, einschließlich Anteilen, fertig, und Symmetrie . Light sollte thomas sabo armband ein Diamant durch den Tisch und Krone ohne Eingabe wird von der Oberfläche reflektiert. Das Licht sollte thomas sabo glaube liebe hoffnung abgeschaltet werden die Diamanten in reflektiert und gebrochen oder zerstreut und Rückreise thomas sabo engelsflügel aus ganz oben auf der Lichtgeschwindigkeit.

    BalasHapus
  59. Diese Brechung verursacht Farben zu trennen und schafft ein Diamant schmuck thomas sabo auch Feuer. Das weiße Licht Rückkehr ist ein Diamant Brillanz. Wir möchten dieses als das Eis zu thomas sabo armbänder denken. Die Bewegung des Lichts genannt wird Flimmern. Bei der Herstellung eines Diamanten wird ein Diamantschleifer angebote thomas sabo armbänder analysieren ein Rohdiamant und bestimmen, wie die meisten Schönheit und den meisten Profit aus dem anhänger thomas sabo rohen Kristall zu extrahieren. Ein armer geschnitten mit vielen Einschlüssen kombiniert kann eine tatsächliche Diamant thomas sabo halsschmuck wertlos, egal was die Größe.

    BalasHapus
  60. Diamonds are the hardest natural substance known thomas sabo shop to man, they were first discovered about 6,ooo years ago and were all ways considered to be a precious gemstone, the thomas sabo schmuck popularity of diamonds has risen since the 19th century because of increased supply, improved cutting and polishing thomas sabo armband techniques, and this combined with its exceptional luster and brilliant fire, has thomas sabo glaube liebe hoffnung made it the most highly prized of all gems.Rubies the name given to red, gem quality thomas sabo engelsflügel corundum, is one of the best gemstones for jewelry settings.

    BalasHapus
  61. Rubies may be in any shade of red, from pinkish schmuck thomas sabo to purplish or brown red but the finest ruby is best described as the colour of pigeon blood. All natural rubies thomas sabo armbänder have imperfections in them, including color impurities and inclusions to a trained eye the presence of these imperfections angebote thomas sabo armbänder distinguish a genuine ruby from synthetics. All most all rubies are treated in some form, heat treatment anhänger thomas sabo is the most common practice, however rubies that are of excellent quality and are thomas sabo halsschmuck untreated command a large premium.

    BalasHapus
  62. It is very important to store sterling pandora charms silver jewelry properly when it is not used. pandora charm The ideal place to store sterling silver jewelry is cool and away from sunlight. pandora charms uk Heat and light will turn a silver jewelry yellow and cause it to tarnish quickly. pandora charms sale Even indoor light source like florescent lights or light bulbs turn the color of silver jewelry over time. If you expect not to wear a certain piece for a long time, new pandora charms put it in a air-tight bag and store it in a drawer. Make sure the silver jewelry is not plated with any other metal before using the silver-dip or the plating will be damaged.

    BalasHapus
  63. sekarang masih eksis dengan acara yg sama tp beda nama

    BalasHapus
  64. thukul memang fenomenal namun sbg manusia bisa kepleset juga

    BalasHapus
  65. Tukul ngak sengaja, orang Indonesia yang giniaan aja diributin

    BalasHapus
  66. Saya setuju,,, bukan hostnya yang salah, melainkan skenarionya,,, benar juga, ini berkaitan dengan tim kreatifnya yang gak sengaja melakukan kesalahan,,,,

    BalasHapus
  67. Sekarang tukul arwana sudah jadi sangat populer...

    BalasHapus
  68. How do you make this site look this good!? Email me if you get the chance and share your wisdom. I'd appreciate it!

    BalasHapus
  69. Artikelnya jelas sekali sehingga mudah paham dari maksud artikel diatas. Terima kasih dan salam sukses

    BalasHapus

Saya sangat berterima kasih bila teman berkunjung dan meninggalkan komentar. Yakinlah teman, saya "pasti" akan melakukan hal yang sama, karena hidup akan semakin indah, jika kita saling memberi dan menerima.