19 November 2008

Kanibalisme Masa Kini (Sebuah Refleksi dari Tulisan Seorang Teman)!

Menurut Kamus Umum Bahasa Indonesia (Poerwadarminta, 2006), Kanibal memiliki arti bahwa orang yang suka makan tulang daging manusia. Jelas suatu definisi yang membuat bulu kuduk kita berdiri. Tetapi hal itu tentu pendapat yang keliru bagi seorang Sumanto.

Masih ingat kisah Sumanto, sang kanibal dari Purbalingga? Rupanya, nama pria asal Desa Plumutan Kecamatan Kemangkon itu bukan hanya diasosiasikan dengan setiap perbuatan kanibalisme. Tetapi juga telah memberi ilham bagi penyusun RUU KUHP (http://www.hukumonline.com).

Nama Sumanto mendadak menjadi pembicaraan publik seiring terbongkarnya kasus pencurian mayat Nyonya Rinah dari kuburan Srengseng di Desa Majatengah, Kecamatan Kemangkon pada Januari 2003 silam. Belakangan terungkap, bahwa Sumanto juga telah memakan mayat Nyonya Rinah, 16 jam setelah nenek berusia 81 tahun itu dikubur. Terungkap pula, bahwa Nyonya Rinah adalah mayat ketiga yang disantap Sumanto, selama ia memperdalam ilmu kesaktian.

Pada Juni 2003, PN Purbalingga menjatuhkan hukuman 5 tahun penjara kepada Sumanto. Pengadilan Tinggi Jawa Tengah pun menguatkan vonis tersebut. Upaya Sumanto melepaskan diri dari jerat hukum gagal setelah Mahkamah Agung menolak permohonan kasasinya (Putusan No. 1979 K/Pid/2003).

Kasus Sumanto ini ternyata kemudian mengilhami dari rencana lahirnya suatu produk hukum baru. Dimana dalam acara sosialisasi RUU KUHP di Hotel Sahid Jaya, 23-24 Maret 2008 lalu terungkap bahwa kasus Sumanto telah mendorong pembuat undang-undang untuk menyusun suatu klasifikasi tindak pidana baru.

Ternyata Sumanto tetap tidak meninggalkan “profesi”nya sebagai seorang “kanibal”, karena alih-alih untuk mengisi acara dan meningkatkan “rate” empat mata di Trans TV pada tanggal 29 Oktober 2008, justru kejadian menyebabkan acara ini “dibredel” oleh Komisi Penyiaran Indonesia (lihat di Tukul “tersandung” Kodok ).

Pada awalnya kanibalisme pada manusia terjadi dalam situasi yang sulit, misalnya nelayan yang karam dan terdampar di suatu kepulauan yang terpencil, dimana disana mereka sudah tidak dapat lagi menemukan makanan dalam bentuk apapun, karena itu merupakan satu satunya cara untuk “survive”, atau juga terdapat pada kasus2 untuk tujuan ritual-ritual tertentu.

Tapi biarlah Sumanto adalah seorang Sumanto, anjing menggonggong kafilah jangan berlalu. Namun jika mengamati apa itu “kanibalisme”, justru saya terusik dan tertarik untuk melihat dari sisi yang berbeda. Karena apa, sekarang di negeri kita sesungguhnya sangat banyak “tragedi” serupa terus berlangsung dalam kondisi yang berbeda, seperti yang terjadi pada seorang guru yang baik hati seperti mas Sawali

Kondisi kanibalisme yang saat ini berlangsung memang cenderung “halus”, tidak terlihat sebagai upaya kekerasan dan pemaksaan yang harus sampai mengeluarkan darah atau menyebabkan kepada kematian, tetapi, secara tidak langsung, justru kondisi ini akan menjadi “duri dalam daging” dan hidup bagaikan seekor “lintah” yang terus menerus menghisap darah, hingga sang korban terlihat pucat, sakit dan akhirnya …selesai.

Uhh..sungguh kondisi yang sangat mengenaskan, semoga hal ini tidak terjadi pada diri kita dan rekan-rekan sekalian…Tuk Mas Sawali, saya minta maaf bukan untuk bermaksud “mengekspose beban” dan membangkitkan luka lama...tapi hal ini hanya serta merta hanya sebagai suatu refleksi bagi kita sekalian.

Apakah ada teman-teman yang pernah menjadi korban dari “kanibalisme”? Silahkan komentar dan berbagi kisah disini???
Tiada gading yang tak retak …

49 komentar:

  1. wahhh.. gambarnya kok ngeri gitu.. merinding liatnya.. gak bayangin lagi deh :( gambarnya ganti dong :(

    BalasHapus
  2. Liat gambarnya jadi inget masa muda dulu waktu masih maraknya music underground, banyak gambar kayak gitu...
    blon ada ide!!!!!bentar lg tambah lg

    BalasHapus
  3. Alo om... Keren gambarnya euy, cool......

    Betul banget, kanibalisme skg udah beda bentuknya...

    BalasHapus
  4. Wah... si Om suka analisis. Top bro...

    BalasHapus
  5. manusia selalu kanibal terhadap sesamanya kok, sejarah sudah mengajarkan exploatation de lomme par lome..exploatasi manusia terhadap manusia..

    BalasHapus
  6. Jadi inget film Appocalipto ... tuh film kanibal juga

    BalasHapus
  7. kanibal!!!

    namo kawan ambo urang sibolga julu itu bang.

    :)

    BalasHapus
  8. kambing yang makan rumput aja enak apalagi................................................................

    BalasHapus
  9. hiiieyy.. ngeriii.. ampun dah ama para kanibalers. takuuuttt.

    BalasHapus
  10. Sisi lain dari manusia, saat sipat tersebut muncul hal yang diluar nalar manusiawi pun tidak terbendung dan dianggap biasa. Sungguh mengerikan klo ini terjadi

    BalasHapus
  11. Amit amit gak ketemu kayak ginian hehe

    BalasHapus
  12. Pertama : amit-amit jabang bayi.
    Kedua : saya setuju, kanibalisme sekarang memang semakin marak dalam bentuk yang lain. Korupsi, "temen makan temen", penebangan hutan secara liar, memotong gaji pegawai adalah bentuk lain dari kanibal.

    BalasHapus
  13. survival of the fittest. siapa yg kuat dialah yg menang. siapa yang powerful dialah yang mendominasi dunia. bukankah sistem politik dan ekonomi negara/dunia saat ini juga mengandung unsur kanibalisme --meski mungkin tak tampak nyata. negara besar mengeksploitasi negara kecil; sekelompok elite berpesta di atas penderitaan rakyat. bahkan dlm entitas lebih kecil seperti rumah tangga pun tak jarang ada anggotanya yg menjadi kanibal bagi anggota keluarga lainnya. menurutku itulah belantara hidup:D

    BalasHapus
  14. Dalam arti kiasan, orang makan orang itu sudah biasa... Bahkan saya juga sering kemakan..
    Yeah... sabar aja!

    BalasHapus
  15. kanibal???


    aaa serem ne,,


    lam knl y mas,,mampir balik dunk_^

    BalasHapus
  16. yang dulu tabu, sekarang nggak lagi. yang dulu aneh, sekarang biasa. dunia semakin aneh

    BalasHapus
  17. dulu lihat sumanto heboh dan gempar, sekarang tukul malah nekat. Ngga beretika dan makin ngga karuan

    BalasHapus
  18. aha ... ini toh rupanya tulisan refleksi itu, hehehe ... terima kasih, mas kurnia. kanibalisme memang sudah menjadi salah bagian dari peradaban manusia. repotnya kalau mesti menghadapi kanibalisme yang tak kasat mata. bisa bener menghancurkan citar orang luar dan dalam.

    BalasHapus
  19. jd yg ngefitnah kayak di blog sawali, bisa disebut kanibal juga ya ? bukannya drakula ?! khan ngisap darah hehehe

    BalasHapus
  20. kanibalisme sekarang memang bukan dalam bentuk fisik (nyata) tapi sebuah penggrogotan jiwa yang secara halus tanpa disadari diri sendiri :D

    BalasHapus
  21. gambarnya serem bro! he3x

    BalasHapus
  22. doh mas butuh CPR...anna collaps liat pic na.......

    BalasHapus
  23. huaaaaaa (nangis sekencang2nya).... takut liat picnya.....(maksudnya pic yang punya blog ini, hehe)
    *lari sekencang2nya....sebelum dilempar almari*

    BalasHapus
  24. kanibalisme sekarang mungkin tidak berupa manusia makan manusia tetapi lebih kpd persoalan materi ... si kaya mencaplok si miskin ..

    BalasHapus
  25. Kanibalisme terselubung memang lebih berbahaya, jaman skrg orang udah nggak ragu lagi makan dagis saudaranya (dalam kiasan).

    BalasHapus
  26. ngga kebayang deh...
    smoga g da kanibal yang cenderung "halus"

    BalasHapus
  27. yah,memang cukup mengerikan yah....saya ngga punya pengalaman tentang kanibalisme jadi ngga bisa komen banyak. nah, kalo soal manusia pemakan ayam mati (plus digoreng..) baru saya bisa banyak komen,hihihi..

    BalasHapus
  28. Jadi perasaan mending kayak sumanto aja sekalian yaaa...lebih nyata terlihat dan bisa dihindari....

    BalasHapus
  29. Hmm... Mau langsung makan daging, atau yang lebih halus, pembunuhan karakter, tetep aja kanibalisme ini menyeramkan.

    Hidup yang normal-normal aja deh. Hiks...

    BalasHapus
  30. Yang paling gawat kalau seseorang satu kamar dengan manusia kanibalisme, bisa-bisa dimakannya dan ditelannya kawan satu kamar hidup-hidup. Alamak Oi.i....

    BalasHapus
  31. Kanibalisme sesama manusia sering terjadi, dalam urusan bisnis, karir ataupun popularitas

    siip good post

    BalasHapus
  32. ko gambarx serem sih??? moga2 org2 jd vegetarian smua ya, br ga da lg kanibal

    BalasHapus
  33. huaaa...serem serem... wew...asal jangan makan sy ya mas...

    BalasHapus
  34. gambarmu lebih serem keitmbang cerita kodoknya hikz.....
    *g tega liat

    BalasHapus
  35. Saya bukan kanibal karena saya cuman nyokot2 dan ndak saya telan...

    BalasHapus
  36. mungkin kita juga tak perlu membicarakan sumanto terlalu sering...

    BalasHapus
  37. kanibalisme dmna2 dan brmcam2 motif srta bntuk tndakannya... bnyk tuh orng2 di snayan yg profesinya knibalisme... :D

    BalasHapus
  38. thomas sabo bracelet Some basic considerations can help a person to get the right par of shoes. Below are some of the important points that one may need to think about before getting the shoes. thomas sabo bracelets Style is not that important - majority of the people choose their tennis shoes considering only brand names and its looks. discount thomas sabo bracelet They don`t keep the importance of their feet up front most of the times. It can be a little hard to give up an awesome looking pair of shoes that matches your personality cheap thomas sabo bracelet But when it comes to the usage, they should be chosen based on their functionality. The tennis shoes that one is purchasing should be able to protect and support one`s feet ideally. thomas sabo bracelet clearance They are equally as good for keeping the water and weather away from your feet and both brands offer cheap golf shoes as well as their many expensive varieties. thomas sabo Shopping at FootJoy or Adidas can give you fashion, color, and a large line of shoes online and in stores.At any rate, be mindful of our golf game if you are a real competitor--know that shoes are the most vital part of your golfing attire. discount thomas sabo You need to shop around, compare prices. And get the most for your money. thomas sabo sale uk That doesn't mean you should opt for a pair of discount shoes that also have cheap quality. What would be the point of purchasing a shoe that is not comfortable to wear. thomas sabo jewellery If you care anything about your success in golfing, shop around. thomas sabo silver The Heel Box - it is an important part of the shoes.

    BalasHapus
  39. MGM Grand Detroit: Poker room set to open on June 10
    MGM Grand Detroit is the 경주 출장안마 largest poker 전주 출장마사지 room in North America. The 15-table poker room is set 경상북도 출장샵 to open on June 10. 도레미시디 출장샵 The new poker room 구리 출장샵 is in

    BalasHapus
  40. 1xbet | 1xbet | Bet with a Bonus - RMC | Riders Casino
    1XBet allows you to bet on https://access777.com/ any favourite horse races or any other 1xbet app sporting event. ✓ Get deccasino up to £300 + poormansguidetocasinogambling.com 200 Free Spins No worrione.com Deposit

    BalasHapus

Saya sangat berterima kasih bila teman berkunjung dan meninggalkan komentar. Yakinlah teman, saya "pasti" akan melakukan hal yang sama, karena hidup akan semakin indah, jika kita saling memberi dan menerima.