19 November 2008

Kanibalisme Masa Kini (Sebuah Refleksi dari Tulisan Seorang Teman)!

Menurut Kamus Umum Bahasa Indonesia (Poerwadarminta, 2006), Kanibal memiliki arti bahwa orang yang suka makan tulang daging manusia. Jelas suatu definisi yang membuat bulu kuduk kita berdiri. Tetapi hal itu tentu pendapat yang keliru bagi seorang Sumanto.

Masih ingat kisah Sumanto, sang kanibal dari Purbalingga? Rupanya, nama pria asal Desa Plumutan Kecamatan Kemangkon itu bukan hanya diasosiasikan dengan setiap perbuatan kanibalisme. Tetapi juga telah memberi ilham bagi penyusun RUU KUHP (http://www.hukumonline.com).

Nama Sumanto mendadak menjadi pembicaraan publik seiring terbongkarnya kasus pencurian mayat Nyonya Rinah dari kuburan Srengseng di Desa Majatengah, Kecamatan Kemangkon pada Januari 2003 silam. Belakangan terungkap, bahwa Sumanto juga telah memakan mayat Nyonya Rinah, 16 jam setelah nenek berusia 81 tahun itu dikubur. Terungkap pula, bahwa Nyonya Rinah adalah mayat ketiga yang disantap Sumanto, selama ia memperdalam ilmu kesaktian.

Pada Juni 2003, PN Purbalingga menjatuhkan hukuman 5 tahun penjara kepada Sumanto. Pengadilan Tinggi Jawa Tengah pun menguatkan vonis tersebut. Upaya Sumanto melepaskan diri dari jerat hukum gagal setelah Mahkamah Agung menolak permohonan kasasinya (Putusan No. 1979 K/Pid/2003).

Kasus Sumanto ini ternyata kemudian mengilhami dari rencana lahirnya suatu produk hukum baru. Dimana dalam acara sosialisasi RUU KUHP di Hotel Sahid Jaya, 23-24 Maret 2008 lalu terungkap bahwa kasus Sumanto telah mendorong pembuat undang-undang untuk menyusun suatu klasifikasi tindak pidana baru.

Ternyata Sumanto tetap tidak meninggalkan “profesi”nya sebagai seorang “kanibal”, karena alih-alih untuk mengisi acara dan meningkatkan “rate” empat mata di Trans TV pada tanggal 29 Oktober 2008, justru kejadian menyebabkan acara ini “dibredel” oleh Komisi Penyiaran Indonesia (lihat di Tukul “tersandung” Kodok ).

Pada awalnya kanibalisme pada manusia terjadi dalam situasi yang sulit, misalnya nelayan yang karam dan terdampar di suatu kepulauan yang terpencil, dimana disana mereka sudah tidak dapat lagi menemukan makanan dalam bentuk apapun, karena itu merupakan satu satunya cara untuk “survive”, atau juga terdapat pada kasus2 untuk tujuan ritual-ritual tertentu.

Tapi biarlah Sumanto adalah seorang Sumanto, anjing menggonggong kafilah jangan berlalu. Namun jika mengamati apa itu “kanibalisme”, justru saya terusik dan tertarik untuk melihat dari sisi yang berbeda. Karena apa, sekarang di negeri kita sesungguhnya sangat banyak “tragedi” serupa terus berlangsung dalam kondisi yang berbeda, seperti yang terjadi pada seorang guru yang baik hati seperti mas Sawali

Kondisi kanibalisme yang saat ini berlangsung memang cenderung “halus”, tidak terlihat sebagai upaya kekerasan dan pemaksaan yang harus sampai mengeluarkan darah atau menyebabkan kepada kematian, tetapi, secara tidak langsung, justru kondisi ini akan menjadi “duri dalam daging” dan hidup bagaikan seekor “lintah” yang terus menerus menghisap darah, hingga sang korban terlihat pucat, sakit dan akhirnya …selesai.

Uhh..sungguh kondisi yang sangat mengenaskan, semoga hal ini tidak terjadi pada diri kita dan rekan-rekan sekalian…Tuk Mas Sawali, saya minta maaf bukan untuk bermaksud “mengekspose beban” dan membangkitkan luka lama...tapi hal ini hanya serta merta hanya sebagai suatu refleksi bagi kita sekalian.

Apakah ada teman-teman yang pernah menjadi korban dari “kanibalisme”? Silahkan komentar dan berbagi kisah disini???
Tiada gading yang tak retak …

53 komentar:

  1. wahhh.. gambarnya kok ngeri gitu.. merinding liatnya.. gak bayangin lagi deh :( gambarnya ganti dong :(

    BalasHapus
  2. Liat gambarnya jadi inget masa muda dulu waktu masih maraknya music underground, banyak gambar kayak gitu...
    blon ada ide!!!!!bentar lg tambah lg

    BalasHapus
  3. - s L i K e R s -19 November 2008 15.23

    Alo om... Keren gambarnya euy, cool......

    Betul banget, kanibalisme skg udah beda bentuknya...

    BalasHapus
  4. Wah... si Om suka analisis. Top bro...

    BalasHapus
  5. manusia selalu kanibal terhadap sesamanya kok, sejarah sudah mengajarkan exploatation de lomme par lome..exploatasi manusia terhadap manusia..

    BalasHapus
  6. Jadi inget film Appocalipto ... tuh film kanibal juga

    BalasHapus
  7. kanibal!!!

    namo kawan ambo urang sibolga julu itu bang.

    :)

    BalasHapus
  8. kambing yang makan rumput aja enak apalagi................................................................

    BalasHapus
  9. hiiieyy.. ngeriii.. ampun dah ama para kanibalers. takuuuttt.

    BalasHapus
  10. Sisi lain dari manusia, saat sipat tersebut muncul hal yang diluar nalar manusiawi pun tidak terbendung dan dianggap biasa. Sungguh mengerikan klo ini terjadi

    BalasHapus
  11. Amit amit gak ketemu kayak ginian hehe

    BalasHapus
  12. Pertama : amit-amit jabang bayi.
    Kedua : saya setuju, kanibalisme sekarang memang semakin marak dalam bentuk yang lain. Korupsi, "temen makan temen", penebangan hutan secara liar, memotong gaji pegawai adalah bentuk lain dari kanibal.

    BalasHapus
  13. survival of the fittest. siapa yg kuat dialah yg menang. siapa yang powerful dialah yang mendominasi dunia. bukankah sistem politik dan ekonomi negara/dunia saat ini juga mengandung unsur kanibalisme --meski mungkin tak tampak nyata. negara besar mengeksploitasi negara kecil; sekelompok elite berpesta di atas penderitaan rakyat. bahkan dlm entitas lebih kecil seperti rumah tangga pun tak jarang ada anggotanya yg menjadi kanibal bagi anggota keluarga lainnya. menurutku itulah belantara hidup:D

    BalasHapus
  14. Dalam arti kiasan, orang makan orang itu sudah biasa... Bahkan saya juga sering kemakan..
    Yeah... sabar aja!

    BalasHapus
  15. kanibal???


    aaa serem ne,,


    lam knl y mas,,mampir balik dunk_^

    BalasHapus
  16. yang dulu tabu, sekarang nggak lagi. yang dulu aneh, sekarang biasa. dunia semakin aneh

    BalasHapus
  17. dulu lihat sumanto heboh dan gempar, sekarang tukul malah nekat. Ngga beretika dan makin ngga karuan

    BalasHapus
  18. aha ... ini toh rupanya tulisan refleksi itu, hehehe ... terima kasih, mas kurnia. kanibalisme memang sudah menjadi salah bagian dari peradaban manusia. repotnya kalau mesti menghadapi kanibalisme yang tak kasat mata. bisa bener menghancurkan citar orang luar dan dalam.

    BalasHapus
  19. jd yg ngefitnah kayak di blog sawali, bisa disebut kanibal juga ya ? bukannya drakula ?! khan ngisap darah hehehe

    BalasHapus
  20. kanibalisme sekarang memang bukan dalam bentuk fisik (nyata) tapi sebuah penggrogotan jiwa yang secara halus tanpa disadari diri sendiri :D

    BalasHapus
  21. gambarnya serem bro! he3x

    BalasHapus
  22. doh mas butuh CPR...anna collaps liat pic na.......

    BalasHapus
  23. huaaaaaa (nangis sekencang2nya).... takut liat picnya.....(maksudnya pic yang punya blog ini, hehe)
    *lari sekencang2nya....sebelum dilempar almari*

    BalasHapus
  24. kanibalisme sekarang mungkin tidak berupa manusia makan manusia tetapi lebih kpd persoalan materi ... si kaya mencaplok si miskin ..

    BalasHapus
  25. Kanibalisme terselubung memang lebih berbahaya, jaman skrg orang udah nggak ragu lagi makan dagis saudaranya (dalam kiasan).

    BalasHapus
  26. ngga kebayang deh...
    smoga g da kanibal yang cenderung "halus"

    BalasHapus
  27. yah,memang cukup mengerikan yah....saya ngga punya pengalaman tentang kanibalisme jadi ngga bisa komen banyak. nah, kalo soal manusia pemakan ayam mati (plus digoreng..) baru saya bisa banyak komen,hihihi..

    BalasHapus
  28. Jadi perasaan mending kayak sumanto aja sekalian yaaa...lebih nyata terlihat dan bisa dihindari....

    BalasHapus
  29. Hmm... Mau langsung makan daging, atau yang lebih halus, pembunuhan karakter, tetep aja kanibalisme ini menyeramkan.

    Hidup yang normal-normal aja deh. Hiks...

    BalasHapus
  30. Yang paling gawat kalau seseorang satu kamar dengan manusia kanibalisme, bisa-bisa dimakannya dan ditelannya kawan satu kamar hidup-hidup. Alamak Oi.i....

    BalasHapus
  31. Kanibalisme sesama manusia sering terjadi, dalam urusan bisnis, karir ataupun popularitas

    siip good post

    BalasHapus
  32. ko gambarx serem sih??? moga2 org2 jd vegetarian smua ya, br ga da lg kanibal

    BalasHapus
  33. huaaa...serem serem... wew...asal jangan makan sy ya mas...

    BalasHapus
  34. gambarmu lebih serem keitmbang cerita kodoknya hikz.....
    *g tega liat

    BalasHapus
  35. Saya bukan kanibal karena saya cuman nyokot2 dan ndak saya telan...

    BalasHapus
  36. mungkin kita juga tak perlu membicarakan sumanto terlalu sering...

    BalasHapus
  37. kanibalisme dmna2 dan brmcam2 motif srta bntuk tndakannya... bnyk tuh orng2 di snayan yg profesinya knibalisme... :D

    BalasHapus
  38. is speedily Links london Chainsapproaching and men across the earth will start stress out about it. links of london sweetie bracelet Choosing a Valentine's Gift can be somewhat grueling, friendship bracelets especially if she and you are entirely close and all you want to do is dash her sympathy during this unusual reason. links of london uk All you necessity is some planning, the little thoughts, and a whole lot of honey. links of london silver If you are mystified for an idea for the Valentines Day gift now then why not ponder a discount links of london section of .Links Of London Bracelet is the classic and thoughtful gift to believe, links of london bracelet sale however, this is regularly above people's budgets. When selecting cheap links of london bracelet Bracelet get something that she will like, attire and show off to her links. links of london bracelet uk If she never wears jewels then bountiful her a wristlet is a very discount links of london bracelets risky and inadvisable gift.

    BalasHapus
  39. When UGG Classic Tall moment in Classic Tall Boots time Classic Tall uggs pertains find ugg 5815 expensive jewelry regarding UGG Cardy Mother you'll notice Cardy Boots engagement rings is among the actual
    Classic Tall uggs ideal presents you can actually produce your mother. You Cardy Ugg boots can find explanation Cardy uggs why folks should display his or her's mother's ugg 5819 with gifts. A birthday and mom's birthday are usually a couple of the extremely UGG Classic Short

    BalasHapus
  40. Silver wedding bands pandora sale are an excellent pandora jewellery uk choice if you want pandora shop a ring that is affordable, long-lasting pandora 2010 and available in a number pandora jewelry of styles. If you are looking pandora earrings for a great selection of men's silver wedding discount pandora earrings rings in a variety of designs, then the best buy pandora earrings place to go is online. Most “brick and mortar” jewelers only pandora earrings uk sell wedding bands made from gold and platinum, but online jewelry stores pandora earrings silver recognize that their sales rely on customer demand. To find the perfect band for you, check the selection of silver wedding rings for men and compare prices online.

    BalasHapus
  41. For instance a watering hole, moncler actively playing golf lingerie is definitely an gain within the vital supplies that you can check out before playing. moncler Boutique Moreover, golf apparel is literally more than purely essential because of fixture. moncler pas cher In general, but also the squad banner of his fashion statement. That may use them in and around for professional parties more than a amazing trouser to mean the beautyEven as a result of sport, people can continue to showcase most of the inspiration inside manner. moncler prix It's been for a while personally seen as well as the established about quite a few events along with activities. moncler soldes An ideal back into playing golf, football, cycling, and etc- clothing fashion could be as well as and fit you. moncler paris However golfs creation at present promises confusions and therefore bickering perhaps customers, golf dresses, most certainly was piece of their records. As all other physical activities, moncler polo the entire recognized past with golfs origins shows of which anyone what individual wishes the sport of golf is required to clothing specialised gowns. moncler veste One that can simply effectively reveal to in which -the poker player is without question from the well-to-do group.For sure, moncler doudoune that dress wear with play golf obtain just exactly strengthened the assumption that this sport was probably more particularly came up with towards successful folks. Golfing dresses can be utterly pricy. moncler homme Then again, when using the many models and also makers sprouting wherever, is just the game often as rspectable just as ahead of?Even though broad strategy towards playing may be attached with a great deal in the course of the country's the historical past, it is very rather unjust so that it will assess one thing outside of your dog's gown code.

    BalasHapus
  42. thomas sabo bracelet Some basic considerations can help a person to get the right par of shoes. Below are some of the important points that one may need to think about before getting the shoes. thomas sabo bracelets Style is not that important - majority of the people choose their tennis shoes considering only brand names and its looks. discount thomas sabo bracelet They don`t keep the importance of their feet up front most of the times. It can be a little hard to give up an awesome looking pair of shoes that matches your personality cheap thomas sabo bracelet But when it comes to the usage, they should be chosen based on their functionality. The tennis shoes that one is purchasing should be able to protect and support one`s feet ideally. thomas sabo bracelet clearance They are equally as good for keeping the water and weather away from your feet and both brands offer cheap golf shoes as well as their many expensive varieties. thomas sabo Shopping at FootJoy or Adidas can give you fashion, color, and a large line of shoes online and in stores.At any rate, be mindful of our golf game if you are a real competitor--know that shoes are the most vital part of your golfing attire. discount thomas sabo You need to shop around, compare prices. And get the most for your money. thomas sabo sale uk That doesn't mean you should opt for a pair of discount shoes that also have cheap quality. What would be the point of purchasing a shoe that is not comfortable to wear. thomas sabo jewellery If you care anything about your success in golfing, shop around. thomas sabo silver The Heel Box - it is an important part of the shoes.

    BalasHapus

Saya sangat berterima kasih bila teman berkunjung dan meninggalkan komentar. Yakinlah teman, saya "pasti" akan melakukan hal yang sama, karena hidup akan semakin indah, jika kita saling memberi dan menerima.