28 Februari 2009

Hitam di Atas Putih

Bagi sebagian kalangan, bayang-bayang masa lalu sedemikian lekat dalam pemikirannya. Bayang-bayang itu sangat melekat karena memiliki pengaruh psikologis yang sangat mendalam, dan biasanya hal ini terjadi karena sesuatu yang cukup menonjol, baik dari sisi positif ataupun negatifnya.

Kondisi diatas saya simpulkan sendiri pada saat setelah ngobrol ngalor ngidul dengan seorang teman di saat kami sedang "putar-putar cari angin". Ia terlihat sangat kecewa ketika menunjukkan suatu kawasan perkebunan yang dahulunya pernah diusahai oleh orang tuanya sebagai perkebunan kelapa sawit, namun sekarang sudah diserobot maling.

Diungkapkannya, bahwa memang lahan tersebut dijual oleh pihak pertama kepada orang tuanya tanpa dilengkapi dengan surat menyurat resmi, dengan berbagai alasan klasik seperti masih terikatnya hubungan keluarga antara penjual dan pembeli, letak lahan yang agak terpencil di pelosok desa, repot dan tidak ada waktu mengurus surat menyurat dan berbagai alasan lain, sehingga terdapat "bagian alat vital" yang terabaikan.

Memang nasi telah menjadi bubur, penyesalan tentu datangnya terakhir. Dengan tatapan mata kosong dan berkaca-kaca, sang teman tetap menyesalkan tindakan orang tuanya. Ia berandai-andai, jika saja segala urusan "hitam diatas putih" yang berkaitan dengan surat-surat tanah tersebut dahulunya segera diselesaikan, mungkin nasib keluarga mereka tidak seperti sekarang ini.

Ternyata hidup ini bukanlah sembarangan, semua ada aturannya. Sejak lahir, balita, remaja, dewasa hingga akhir hayatpun kita diatur. Contohnya terbukti sejak baru lahir, orang tua kita segera menguruskan Akta Kelahiran, setelah sudah cukup dewasa-pun (menikah dan atau diatas usia 17 tahun), sebagai warga negara yang baik kita wajib memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan seterusnya. Makanya dikenal istilah de facto dan de jure. Artinya secara de facto sekampungpun orang menyaksikan anak kita dilahirkan, tanpa di uruskan Akta Kelahirannya (de jure), negara dan Pemerintah tetap tidak akan melegalisasikannya. Dan hal inilah yang mungkin sering disebut-sebut orang sebagai arsip......???

Hmmm, ternyata benar, yang namanya arsip memegang peranan yang sangat penting. Walaupun telah diatur dalam ketentuan perundang-undangan, yaitu Undang undang Nomor 7 Tahun 1971 tentang Ketentuan-ketentuan Pokok Kearsipan, hal-hal yang berkaitan dengan kearsipan tetap masih belum mendapat perhatian yang maksimal. Padahal sudah sangat jelas tujuan kearsipan adalah untuk menjamin keselamatan bahan pertanggungjawaban nasional, tentang perencanaan, pelaksanaan dan penyelenggaraan kehidupan kebangsaan serta untuk menyediakan bahan pertanggungjawaban tersebut bagi kegiatan Pemerintah.

Banyak contoh berbagai polemik yang melanda sejarah bangsa dan negara kita yang seharusnya tidak perlu terjadi jika kita memiliki dokumen dan arsip yang jelas, misalnya yang termasuk top adalah polemik tentang Surat Perintah Sebelas Maret (Supersemar), yang akhirnya menimbulkan kontradiksi, fitnah, sementara fitnah lebih kejam dari pembunuhan dan pembunuhan adalah dosa!? Begitu juga dengan masalah sengketa wilayah, sengketa perdata dan lain-lain yang sesungguhnya semua dapat "diobati" dengan keberadaan arsip yang mumpuni.

Sangat jarang orang yang memiliki kepedulian tentang arsip sebagaimana Pak Suryadi seorang dosen dan peneliti di Leiden University, Belanda. Kecenderungannya justru masih banyak orang yang menganggap arsip adalah sepele dan tidak perlu, tetapi seharusnya kita ingat, kitab suci agama kita, yang kita yakini kebenarannya sebagai Firman Tuhan adalah contoh dari sebuah arsip yang terawat. Bahkan secara ekstrim, arsip juga masih dianggap sebagai setumpukan kertas-kertas busuk, yang diikat oleh tali plastik, yang diatas tumpukan itu banyak terdapat debu dan di sudut ruangan penyimpanannya banyak sarang laba-laba....Ohh, sangatlah naif!

Mulai sekarang,............. salah satu strategi untuk menciptakan perasaan "nyaman" sekaligus dapat dimanfaatkan sebagai sumber penelitian/pengetahuan dalam berbagai sendi kehidupan adalah dengan mulai berfikir untuk menyelamatkan, menjaga dan mengelola arsip secara benar, sebagai saksi dan bukti yang tak pernah mati, paling tidak, Blog kitapun akan berfungsi sebagai arsip digital pribadi hasil karya kita masing-masing.

Jika anda yakin dengan postingan saya ini, silahkan ajak keluarga, kerabat dan teman-teman untuk mencontreng photo saya pada pemilu yang akan datang memberikan komentar sebanyak-banyaknya pada postingan ini. Ibarat Golkar yang menyatakan kami memberi bukti, bukan janji..., sayapun menyatakan demikian, kalau tidak percaya silahkan teman-teman membeli plus mengendarai mobil dan atau sepeda motor "bodong", kalau ada razia dari polantas, jamin deh jantungan.....he...he.....

Tiada gading yang tak retak

333 komentar:

  1. wah....kayak kasus yang menera aq taon 2001 ajah ampe kepengadilan segala...
    aq mau nanya mang kamu mau jadi caeg yah...

    BalasHapus
  2. Iya jantungan dan kadang polisi bisa membaca mimik muka kita apabila kita berbuat salah

    BalasHapus
  3. setuju banget... yang namanya hitam di atas putih itu memang nggak bisa diabaikan.... itu bisa jadi salah satu bukti yang kuat, selain mungkin rekaman suara atau video...

    harusnya itu memang nggak dipandang hal sepele

    BalasHapus
  4. iya juga yak blog bisa buat arsip hwhehhe tapi kalo providernya gak ngambek. kalo tiba2x si blogspot atau wordpress minta bayar, yah ilang deh arsip wkekekekk pelit.com

    jaman orba dulu, bukan cuma bukti yg bisa diilangkan, sejarah aja bisa :D

    BalasHapus
  5. pengarsipan sejarah adalah media terakhir untuk menyelamatkan wajah Indonesia, mnamun kadang orang enggan menerima sejarah secara 360 derajat, saklek dengan apa yang dijejalkan tanpa harus menengok kembali fakta lain yang bisa diperhitungkan ke otentikan sumber dan wacananya. hmmm semoga negeri mau belajar dari keserakahan mengubah sejarah kelamnya.

    BalasHapus
  6. wahhhhhh sejarah kan etrgantung dari penguasanya siapa? siapa yang jahat dan baik juga bisa di pilih oleh si penguasa

    BalasHapus
  7. Benar sekali Lae, sistem pengarsipan dokumen lembaran negara di Indonesia ini benar - benar parah *ayo siapa yang berani menyanggah pernyataan ini?* apalagi kalau kita runut hingga ke tingkat daerah, bah lebih - lebih lagi parah.

    Sangat mengherankan, mengingat sudah ada instansi atau dinas di tiap daerah yang khusus bekerja mengurusi pengarsipan daerah. Belum lagi di tiap - tiap dinas, pastilah seharusnya memiliki sistem pengarsipan yang baik, terutama dinas yang berhubungan dengan data penduduk, properti, dan pendapatan daerah.

    Kejadian fatal akibat cerobohnya pengarsipan yang paling sering muncul di lapangan adalah semisal; akte tanah ganda pada satu persil lahan dan juga Kartu Keluarga dan KTP ganda.

    Negara macam apa ini, yang tak memiliki DATA PASTI jumlah penduduknya? Hahaha ooh ini jangan dianggap sepele. Bagaimana pemerintah dapat membuat sebuah strategi perencanaan pembangunan yang baik dan komprehensif bila data - data kependudukan selalu mengacu kepada data sensus 5 tahun kebelakang.

    Kemudian selalu saja dilakukan pendataan ulang pemilih setiap kali hendak diadakan Pilkada maupun Pilpres+Pileg. Berapa biaya yang terhambur - hambur akibat tak adanya data penduduk yang up to date? Kemudian belum lagi resiko timbulnya tuntutan pemilu ulang yang terjadi seperti di Jawa Timur hingga tiga kali yang salah satu penyebabnya adalah masalah data jumlah pemilih.

    Jaman sudah serba digital, online internet hingga mencapai desa, Pak Kades sudah banyak juga yang pakai blekberi, namun mengapa sulit sekali membuat sistem pangarsipan online nasional?

    Proyek KTP Online yang anggarannya hingga belasan milyar di beberapa daerah sudah berjalan sejak beberapa tahun lalu, MANA HASILNYA??? Itu uang rakyat bung!!! Saya bahkan berani bilang Proyek KTP Online = HOAX dan Fraud *bagi yg tak tau arti Fraud, cari sendiri di wikipedia*

    **
    Lae, kalau liat foto Lae di profil Blogspot, aku yang bertugas mengurus pembebesan lahan jadi membayangkan begini:

    T: Jadi mana batas lahan bapak yang dimintakan pembebasannya itu?

    J: Itu batas tanah kakekku, dari gunung yang ini sampai di puncak gunung yang itu. *sambil menunjuk*

    *Komen akibat salah minum obat. Kalau masih merasa orang Indonesia; jangan tersinggung membacanya*

    BalasHapus
  8. lea , hitam di atas putih sekarang ini sangat di butuhkan ,semua urusan harus dengan legalitas yang di berikan Negara karena itu untuk keamanan kita sendiri dan untuk teman sampean ikhlaskan saja .

    BalasHapus
  9. yah, makanya mulai sekarang harus simpan surat2 penting dg baik. krn sehelai surat itu bisa sangat berharga melebihi emas permata.

    BalasHapus
  10. Selain diarsipkan surat-surat yang ada juga harus di scan, file yang ada dapat disimpan sebagai pertinggal dan disimpan di tempat lain.

    BalasHapus
  11. hitam di atas putih adalah bukti mutak, namun akhir-akhir ini untuk membuat hitam di atas putih harus melewati berbagai macam jalan yang berliku-liku, yah ini lah yang disebut Birokrasi

    BalasHapus
  12. memang sekarang ini sangat jarang orang yang memiliki kepedulian tentang arsip

    BalasHapus
  13. iya mas jadi malas nih... banyak aturan hehehe

    BalasHapus
  14. manthaf................ hitam diatas putih.... manusia biasa setubuhhhhhhhhhhhhhh ehhhhhhhh.... setuju dengan mas Senoaji "Jangan Serakah"

    BalasHapus
  15. wah banyak versi deh ada yang bilang biru diatas kuning, ada juga yang bilang kuning diatas biru, kata survei yang itu biru kuning hijau dan unggu itu sama.....jadi hitam diatas putih lima tahun depan kali yaaaa

    BalasHapus
  16. setuju mas harus selalu ada hitam di atas putih mending agak repot sekarang daripada repot di kemudian hari.

    BalasHapus
  17. Aku sendiri heran juga kepada keluargaku masak STNK bisa hilang hingga 2-3X, KTP pun juga begitu ... dan masih banyak lagi...

    Apalagi urusan dengan keluarga, mereka sering tidak setuju jika dibuat hitam di atas putih ...
    Makanya aku sendiri agak males ...

    BalasHapus
  18. aq mau bilang ada sesuatu di Blog aq.kunjungi yah

    BalasHapus
  19. saya termasuk orang yang sangat "alergi" jika harus berurusan dengan arsip, mas kurnia. duh, urusan apa pun ternyata bisa jadi terhambat kalau pengarsipan amuradul seperti saya.

    BalasHapus
  20. Hmm..Ito bicara ttg arsip?
    mmg hal besar yang seringnya di sepelekan
    sstt.. Ito tau khan.. saking dianggap sepelenya, Kantor Arsip Daerah, jadi institusi yang g populer bahkan untuk menempatkan The Outsider.

    Jadi terharu.. blog pastinya akan menjadi arsip digital pribadi, saya pernah mikir suatu saat kelak, anak2 saya akan membaca dan mengetahui betapa saya mencintai mereka..hiks..

    ----------

    menyambung percakapan dengan Bang Deden, Sang Negosiator Pembebasan Lahan.

    T : jadi berapa luas tanah yang Bapak tawarkan?

    J : saya akan jual separuhnya saja, separuhnya lagi akan saya hibahkan buat Si Lina *ngarep-ngarep hehehe

    BalasHapus
  21. ya begitulah hitam di atas putih.

    BalasHapus
  22. Memang, arsip surat menyurat apalagi surat surat berharga jangan sampai diabaikan. Orang dapat menggugat macam macam gara gara kita gak punya surat resminya

    BalasHapus
  23. ZAman canggih sekarang harus ada Lae hitam diatas putih, apalagi di kampung saya dekat Barus sana yaitu Kec Pakkat, masih banyak beli tanah dgn sistem adat, saya kawatir nanti semua itu jadi masalah, makanya surat sekecil apapun sekarang saya simpan dgn baik

    BalasHapus
  24. Hampir disetiap pelosok sumatra, tanah adat ini tidak ada sertifikatnya. contoh nyatanya adalah tanah sy yang diberi oleh bapangku, itu tidak punya sertifikat..
    btw, tanah adat itu khan diakui oleh negara bukan??

    BalasHapus
  25. hitam putihh... hubunannya dengan kearsipan... Arsip perlu sekali untuk keberlanjutan memori... karena manusia bersifat lupa maka arsip perlu sebagai pengingat dan pensejaraan.. Uda gimana kearsipan di tempat kerja kita b' kakan yang paling tampan in Sibolga City!

    BalasHapus
  26. kalo soa menyimpan arsip aku belajar banyak sama BJ ku , segala aneka surat-surat dari sejak kecil sampai sekarang masih terwat dgn baik dan tersimpan rapi, apa ini juga berhubungan dengan budaya setempat ?

    BalasHapus
  27. pengarsipan yang sebenarnya sederhana tapi sering dilupakan mas

    BalasHapus
  28. Hm nenek ku kasih sebidang tanah waktu aku kecil, tentunya tanpa hitam diatas putih dan aku tak pernah mendapatkanya hingga kini. hitam diatas putih emang perlu

    BalasHapus
  29. Kalo nasi dah jadi bubur, Nyantae ajah lae..., tinggal ngasih bumbu + suwiran daging ayam jadi deh Bubur aYam..he..he...

    BTW, si Lae yang lagi Nyante...mo ganggu acara nyantainya neh....ku da AWARD untuk mu, ambl ye...?Dah tak siapin di rumah....Sante aja Lae, award (baca:PR) bisa dikerjain sambil nyantai kok lae....

    BalasHapus
  30. satuju kakang, yang udah ada hitam diatas putih saja masih bisa diserobot,

    tapi kok nyante cari angin? sudah begitu susahkan angin disana, hingga harus dicari?

    BalasHapus
  31. di negara yang kita cintai ini, yang punya arsip resmi aja bisa jadi masalah..apalagi yang cuman punya arsip 'katanya'..
    simpati saya utk teman lae, yg tanahnya diserobot..
    btw, emang mencalonkan jadi caleg ya..kalo ia dan jadi anggota leg, janganlah spt anggota yg skrg ini..rata2 busuk semua..hehe

    BalasHapus
  32. Di tingkat daerah yang benar2 parah bang... birokrasi yang benar2 konkrit, banyak tetek bengeknya, dah itu ngga jelas lagi.... solusi tuk merubahnya kayaknya belum di temukan, yang ada hanya gengsi-gengsian... fuiiihhh... memuakkan

    BalasHapus
  33. salam kenal aja mas

    BalasHapus
  34. foto'y kaya kitab kuning huruf pegon,.,.,???

    bener, ga ato salah.,.,?

    BalasHapus
  35. Seperti biasa, artikelnya segerrrrrrr. Kalau blog saya kayaknya gak bisa jadi arsip pribadi deh bro. Kalau di jadiin tempat pengarsipan, terbuka semua bobroknya saya hehe...:)

    BalasHapus
  36. hitam di atas penting kadang penting untuk memperkuat apa yang telah kita lakukan

    BTW aiiihhhh, nyaleg juga pa.

    Kunjungan pertama nih :). lam kenal buat ownernya ...

    BalasHapus
  37. @ Buat Bro Katobengke, Lae Budiawan Hutasoit dan Bro Jonk, dapat saya sampaikan, bahwa saya bukan caleg dan tidak terkait apapun juga dengan salah satu parpol, kalau soal review beberapa parpol dalam blog ini, hanyalah kebetulan untuk lebih memberikan "warna".
    Saya hanyalah seorang "public servant"!

    BalasHapus
  38. Wahhhh.. gk gw banget orang arsip. KLu pas keterima kerja adja sibuk cari sertifikat yang letaknya berbeda2. Ijazah di Nias, Sertifikat kursus di Medan, malah KTP mati. CAbe dehhhh.

    Anewei salam kenal yak!!!!!!

    BalasHapus
  39. mungkin itulah peraturan... kadang untuk diikuti,,, kadang kala pula untuk dilanggar hehe... OK kang post... trussssss

    BalasHapus
  40. Saya setuju bahwa arsp itu penting banget..semuanya perlu legalitas..sampe bergaul pun kudu suka photo2an..biar ada buktinya..heee

    BalasHapus
  41. arsip? penting banget
    makanya surat cinta dari suami tercinta (saat pacaran) masih tersimpan rapi

    BalasHapus
  42. Itulah gunanya save deposit box, biar surat2 & asrip2 berharga aman tersimpan. Tp klo sim ktp ya jgn tarok sdb, harus tarok selalu di dompet... daripada 50rb melayang... kekeke...

    BalasHapus
  43. yup, bener banget lae, arsip memang penting banget, kalau perlu dibikin copy yang banyak, dilegalisir, biar kalau aslinya ilang, bisa diurus, hehe

    BalasHapus
  44. Bukan maksud hati nyePam neh ye....Tapi sudah kukirim Merah di atas putih untuk menetralisir Hitam yang menindih putih, Nyante Aza Lae, sudah dibenerin tulisannya...Cepet dikerjain PR nye ye....jangan nyate terus lae..he..he...

    BalasHapus
  45. hitam di atas putih??? hmm mantap!!!

    BalasHapus
  46. duh ngobrolin politik di indo yah.....piss aja lah

    BalasHapus
  47. memiliki arsip yang rapi sebaiknya dimulai dari diri sendiri. dengan tertib memiliki arsip pribadi Insya Allah segala urusan yang berkaitan dengan surat-menyurat jadi lancar.
    pengalaman nih, sejak SD diajarin ayah utk tertib menyimpan file surat-surat dan trbawa sampai sekarang

    BalasHapus
  48. wah bener banget tuh. arsip wajib disimpan. arsip seolah menjadi saksi bisu yang kuat :)

    BalasHapus
  49. Mari Merapikan Meja Kerja.......haha.....

    Maen2 K'Blog Saya Mas....

    C H A L I E F O R E V E R

    BalasHapus
  50. nampang di blog orang keren
    saya juga taat aturan mas
    bawa sim ama stnk

    BalasHapus
  51. selamat berakhir pekan ya Pak Lae...

    BalasHapus
  52. zeeeppp... ada yang ngedukung, aku seneng banget ngumpulin dokument, kebayang ga, soal test sejak kelas 3 SD sampai sekarang masih rapi tertumpuk, meski ga lengkap....

    BalasHapus
  53. nyimpan arsip

    di bank Arsip sajo mamak..

    BalasHapus
  54. apakah blog kita bisa tetap abadi...
    kalo yang gratisan sih mungkin, nah kalo yang domainnya bayar...(tepok jidat)!

    BalasHapus
  55. betul skali apa yg dismpaikan di atas, ternyata arsip itu memang sangat penting yup

    BalasHapus
  56. Bukti hitam diatas putih emang sangat penting,sebagai bukti kuat telah diadakan suatu transaksi...tak bisa hanya mengandalkan saksi org coz bibir sering berubah2 saat berucap..


    TIADA GADING YG TAK RETAK>>>>>> kalimat yg sgt dalam

    BalasHapus
  57. maaf ya mas,,daku jarang singgah,,kerjaan numpuk bgt,,,hheee

    BalasHapus
  58. Apalagi Negara kita adalah Negara Bukti Fisik Mas. Pinter setinggi langit kalau nggak ada Ijasah nggak dihargai. Cuman dalam pengarsipan kita lemah...

    BalasHapus
  59. Lapor lae....Sesuai judul di atas, he,,he,,, Pengarsipan itu sangat penting....

    BalasHapus
  60. sobat kok postingan blom di update....
    knapa........ada apa dengan dirimu....
    jangan lupa yah singgah lagi so ada yang esti kamu jawab...

    BalasHapus
  61. arsip adalah tinggalan otentik yang suatu saat akan di pertanyakan kegunaanya
    hitam di ats putih adalah satu bentuk kekuatan yang mana sangat mengikat untuk di butuhkan jika sangat perlu mas
    saya juga bergantung sekali mas terhadap hal ini

    BalasHapus
  62. bang Lae ko belum di update bang???

    BalasHapus
  63. betul sekali, arsip milik sendiri harus dijaga, tapi apa lacur jika arsip kita nggak kedaftar, wadooh posing juga, memang pengarsipan secara administratif di pemerintahan haruslah juga lebih bagus, selain sebagai backup juga pegangan bagi keasliannya...

    BalasHapus
  64. Nyante aja lae ..... soal arsip harus dijaga dan dipelihara aku setuju sekali .
    salam kenal

    BalasHapus
  65. Iyya penting hitam di atas putih...sebagai bukti yg tak pernah mati...!

    BalasHapus
  66. dah banyak yg koment, numpang lewat z ahh..

    BalasHapus
  67. Yap benar hidup memang penuh aturan tapi enjoy aja lagi
    sekalian dinikmati

    BalasHapus
  68. yang pasti ada hitam ada juga putih hehehhee

    BalasHapus
  69. kalo udah ada bukti hitam di atas putih udah aman, bukti yang otentik..

    BalasHapus
  70. Wah, berarti tanah yg saya beli dari ibu mertua juga harus dibuatkan "hitam diatas putihnya" nih..walaupun keluarga kan siapa tahu di masa datang ada masalah seperti cerita di atas..

    Mengenai arsip dokumen pribadi, sekarang semua surat-menyurat, ijazah, sertifikat dll, saya buat arsip digital pakai scanner dan saya simpan dalam bentuk CD, dan diupload ke file hosting biar aman..kalau udah gitu kan tinggal "Nyante aja lae"

    BalasHapus
  71. nyante aja lae
    arsip doang kok repot
    hhaha

    BalasHapus
  72. selamat pagi Pak Lae...

    BalasHapus
  73. Memang idealnya dalam berbisnis itu tidak boleh memandang keluarga.

    BalasHapus
  74. kemana ajah Kur?? sibuk niy..?

    BalasHapus
  75. Jangan lupa kerjain PR dr saya ya, Bang..
    Hehehe. Maaf, langsung to the point nih, soalnya dah ngantuk...
    :(

    BalasHapus
  76. halo mas kurniawan,...
    gimana ya caranya pengarsipan yang baik, saya juga baru puyeng neh..

    BalasHapus
  77. akibat sebuah ajakan untuk mengkoment posting ini beramai-ramai...maka saya berada di antrean ke 78...wow...

    heheheheh.....

    iya nih...saya juga suka teledor dengan arsip...mungkin untuk arsip sangat penting...dari pada di simpan di rumah...yang berisiko kebanjiran dan kebakaran (semoga tidak) ditambah belum diasuransi lagi...(wah...mbayanginnya kok kejam...)...mungkin ada baiknya juga yah mas... menggunakan fasilitas penitipan di bank...

    BalasHapus
  78. aah jadi inget kemarin bniku bakar2 kertas... nyampah katanya... duh ada yang terbakar gak ya arsip nasionalku ..??
    TQ bang uah ngingetin hehehehe....

    BalasHapus
  79. menjaga arsip berarti turut menjaga kemurnian sejarah. sistem pengarsipan yang baik sangat diperlukan, dan di masa teknologi maju seperti sekarang, pengarsipan hendaknya bisa computerized dan terkoneksi antar berbagai departemen secara online. tapi memang pengarsipan seperti ini tertantang dengan resiko pencurian atau penghapusan identitas seperti di film-film. hehe. *malah ngayal*

    BalasHapus
  80. Salah satu bentuk pengabaian pentingnya arsip adalah nikah sirri. Siapa yang bersedia bertanggung jawab jika suami menikah lagi, sementara tak ada catatan hitam di atas putih yang melegalkan pernikahan mereka?
    Salam kenal, lae.

    BalasHapus
  81. Dua blog saya sudah terdaftar di FBG dan memiliki SIUB, Surat Ijin Usaha Blog dengan nomor 03/FBG/2008 dan 05/FBG/2009.

    BalasHapus
  82. setuju banget. di banding lewat suara atau rekaman, yang namanya hitam di atas putih itu lebih kuat dalam hal hukum.. sukses terus!

    BalasHapus
  83. I just happened to come across your blog. Nice posts. I like this one very much. They are more content oriented than the usual ones you find these days. And the best part is the simplicity in your posts and the language you use in them. I have added you to my favorites. And I will continue to pay frequent visits to your blog. Expecting more such quality stuff from you. Carry on

    BalasHapus
  84. hitam diatas putih sangat penting apa lagi yang bersangkutan dengan bisnis ..

    BalasHapus
  85. percaya memang baik, tapi itu tidak cukup. Kepercayaan harus diperkuat dgn hitam di atas putih

    BalasHapus
  86. tulisan bapak bener2 menggugah inspirasi

    BalasHapus
  87. iya nih..lama-lama aku bikin perpustakaan arsip pribadi deh...
    thx for share..

    BalasHapus
  88. Artikel yang sangat bagus nih..jarang2 ada blog seperti ini.saya akan jadi pembaca setia blog ini

    Bila ada waktu silahkan berkunjung ke www.4sharedbook.blogspot.com ya

    BalasHapus
  89. Are these books related to history or some other subject? If these are history books then i must try to read these books. Thanks for sharing such an informative post with us.

    BalasHapus
  90. salam kenal .
    bener banget .
    arsip atau bukti hitam dia ats putih memang penting selain untuk dokomen ialah bukti fisik yang amat penting .

    BalasHapus
  91. gretings,
    very true.
    because black and white silent witness to our lives.
    thanks .

    BalasHapus
  92. hitam diatas putih memang tidak bisa di kecilkan..

    BalasHapus
  93. posting yang sangat menarik untuk diperbincangkan..
    sukses selalu bro..

    BalasHapus
  94. wah putih di atas hitam,,,mantap tuh infonya,,,, salm kenal aja mas

    BalasHapus
  95. artikelnya bagus juga gan,
    terima kasih gan buat infonya

    BalasHapus
  96. Terkadang di daerah masih kental dengan budaya kekeluargaan terkdang permasalahan hitam di ata putih diabaikan, sayang jika kasusnya jadi brantakan seperti di atas

    BalasHapus
  97. Artikel yg menarik semoga hal tersbut tidak terjadi lagi...

    BalasHapus
  98. memang harus dijaga.. bisa menjadi buktinya ke anak cucu kita..

    BalasHapus
  99. Awesome post thanks for sharing it would like to have an regular visit

    BalasHapus
  100. mantaff abis dah bos yang satu ini:)

    BalasHapus
  101. Thanks for sharing an interesting post would like to see more post

    BalasHapus
  102. Thanks for sharing an interesting article would like to have an regular visit

    BalasHapus
  103. Thanks for sharing an interesting post

    BalasHapus
  104. Awesome post would like to have an regular visit

    BalasHapus
  105. Quality post found on your blog thanks for sharing it

    BalasHapus
  106. Awesome post thanks for sharing it

    BalasHapus
  107. paling males ngurus yg kyk gitu, seolah2 dipersulit :(

    BalasHapus
  108. kalau tanpa aturan dunia ini udah rusak dari dulu

    BalasHapus
  109. ada aturan aja sekarang udah rudak gimana klo ga ada aturan ?

    BalasHapus
  110. hitam diatas putih mah, kontak kerja donk :))

    BalasHapus
  111. hemm....hitam diatas putih itu suatu bukti yang kuat....

    BalasHapus
  112. klo putih diatas hitam oK ngak ya ? he he he..

    BalasHapus
  113. hitam di atas putih ibarat perjanjian di atas materai. hehehehe

    BalasHapus
  114. mantap bro infonya semoga bermanfaat gan , makasih gan infonya

    BalasHapus
  115. Hati dalam urusan hitam diatas putih, orang tua saya hampir pernah terjabak dalam sebuah permainan hitam diatas putih, Alhamdulilah belum terlambat buat saya untuk saya mengetahui kecurangan sepihak.

    BalasHapus
  116. keren gan , makasih buat infonya, happy bloging sob

    BalasHapus
  117. This is a smart blog. I mean it. You have so much knowledge about this issue, and so much passion. You also know how to make people rally behind it, obviously from the responses. Youve got a design here thats not too flashy, but makes a statement as big as what youre saying. Great job, indeed.

    iPod review
    indonesia hot news

    BalasHapus
  118. banyak birokrasi banyak ngeluarin duit...indonesia bngt

    BalasHapus
  119. jangan lupa anak2 kita dikasih sertifikat kelahiran, penting nih

    BalasHapus
  120. terima kasih aja deh buat infonya salam kenal ja yah

    BalasHapus
  121. saya setuju , makanya mulai sekarang harus simpan surat2 penting dg baik. krn sehelai surat itu bisa sangat berharga melebihi emas permata.

    BalasHapus
  122. thank sob buat informasinya, salam kenal aja gan

    BalasHapus
  123. komentar kok sampai lebih dari 100. gimana cara ngundang komentatatornya nih?

    BalasHapus
  124. di postingan yang lain lebih dari 300 komentar ,banyak banget , mampir ke blogku ya mas Semua Ada , terima kasih.

    BalasHapus
  125. nice info.. hitam diatas putih
    terlebih yang berhubungan dengan transaksi, yang berkaitan keuangan wajib memiliki bukti otentik, hitam diatas putih untuk menghindari hal-hal yang kita tidak inginkan dikemudian hari.

    BalasHapus
  126. kayak gitu itu udah biasa ya gan...

    BalasHapus
  127. Great and wonderful post. Well done.

    BalasHapus
  128. I really enjoyed this wonderful post that you have provided for us. I assure this would be helpful for most of the people. thanks for sharing.This is certainly a content thats close to me so I am very pleased that you wrote about this.

    BalasHapus
  129. hmmm... bagus bgt...
    salam kenal ya...

    BalasHapus
  130. I fully appreciate the subject matter this blog contains, It's have been a good trick to have urban farming this and off course I would respect the view of Allen to who wants to need these gardens in every community, and at least in every park.

    BalasHapus
  131. Hey man, was just browsing through the internet looking for some information and came across your blog. I am impressed by the information that you have on this blog. It shows how well you understand this subject.

    BalasHapus
  132. ok juga postingan nya..
    memberikan motivasii,,,


    mksih ya..
    jgn lupa backlink balik ya

    BalasHapus
  133. I already got what I needed, without telling lies, I have more than 2 hours of looking for any information like this. In my college work needed to review articles online, I really thank you very much to the writers.

    BalasHapus
  134. wow… what a post i like it very much thanks for publishing this article thanks again

    BalasHapus
  135. I love this post! Thank you for the nice information on non-touchscreen handset. This is definitely good

    BalasHapus
  136. ha ha ha..., sekarang dah gak laku hitam di atas putih... yang laku itu uang di atas nyawa.. saya yakin semua orang setuju saya ngomong kayak gini...

    BalasHapus
  137. wow.. that's really amazing then. I really like it.

    BalasHapus
  138. That's really amazing.. I agree with you buddy..

    BalasHapus
  139. It’s good to see this information in your post, I was looking the same but there was not any proper resource, thanx now I Thank to the post.I really loved reading your blog.It was very well authored and easy to understand.assam how to attract a girl customer care number

    BalasHapus
  140. This is a great inspiring article.I am pretty much pleased with your good work.You put really very helpful information. Keep it up. Keep blogging. Looking to reading your next post.

    BalasHapus
  141. wow.. nice one.. i really like it.

    BalasHapus
  142. wow that was so nice then.. I really like it.

    BalasHapus
  143. sorry but i just don't understand what it meant.

    BalasHapus
  144. Thanks so very much for taking your time to create this very useful and informative site.I have learned a lot from your site.Thanks guys

    BalasHapus
  145. I read your other post as well, all were good. I really appreciate the author. Thanks for the post, it was nice.I will share with my friends and I know they will like it.

    BalasHapus
  146. Amazing post. Extremely informative. Thanks for writing this.

    BalasHapus
  147. I actually don't understand what it really mean but I guess this is so great.

    BalasHapus
  148. jas merah gan ( jangan lupakan sejarah)

    BalasHapus
  149. Terima kasih atas wawasan yang baik di sini, saya benar-benar menikmati membaca artikel ini, terus bekerja dengan baik, pekerjaan yang besar

    BalasHapus
  150. This is really great blog, thanks for the good insight here, I really appreciated you for sharing this valuable information.

    BalasHapus
  151. trims buat sharing hitam di atas putih nya

    BalasHapus
  152. makasih infonya...
    salam kenal...

    BalasHapus
  153. I am incomparable to enjoy myself when i appreciate your beautiful article from my deep heart!

    BalasHapus
  154. Hmmmmm really nice article actually, thanks for the info and keep on posting more like this.

    BalasHapus
  155. memang kebenaran kadang hanya ada di atas selembar kertas. Untuk itu kita memang harus teliti

    BalasHapus
  156. Thank you for sharing to us.there are many person searching about that now they will find enough resources by your post.I would like to join your blog anyway so please continue sharing with us

    BalasHapus
  157. Most of these post are always inspiring and I prefer to read quality articles so I am happy to find many good details here in the post, writing is just fantastic.Wonderful post! I've bookmarked your weblog as well considering I found it issurely educational and I liked reading your posts.

    BalasHapus
  158. Awesome post! I've bookmarked your weblog as well considering I found it issurely educational and I enjoyed reading your posts.I really appreciate this excellent post that you have offered for us.

    BalasHapus
  159. This is a great read for me, Must concede that you are on the list of best blogger I ever saw.

    BalasHapus
  160. This is a great read for me, Must concede that you are on the list of best blogger I ever saw. Thanks for posting this informative article.Fantastic post and thanks for sharing.

    BalasHapus
  161. I was able to find the details that I was searching for. I must thank you for the initiatives you have made in writing this article. I am expecting the similar best efforts from you in the future as well.

    BalasHapus
  162. Where is this place really located?

    BalasHapus
  163. I was able to find the details that I was searching for. I must thank you for the initiatives you have made in writing this article. I am expecting the similar best efforts from you in the future as well.

    BalasHapus

Saya sangat berterima kasih bila teman berkunjung dan meninggalkan komentar. Yakinlah teman, saya "pasti" akan melakukan hal yang sama, karena hidup akan semakin indah, jika kita saling memberi dan menerima.