24 Februari 2009

Cinta dan Jablai

Bicara soal cinta adalah membicarakan soal perasaan. Banyak pihak yang menghambakan cinta, banyak pihak yang mengagungkan cinta, karena memang cinta itu indah dan mengindahkan. Menurut kamus elektronika ini, cinta ternyata memiliki beragam pengertian, mulai dari cinta terhadap keluarga, terhadap teman-teman, hingga cinta akan negara dan bangsanya.

Cinta menurut Fromm adalah perasaan simpati yang melibatkan emosi yang mendalam, sehingga diperlukan empat syarat untuk mewujudkannya yaitu : pengenalan, tanggung jawab, perhatian dan saling menghormati. Jika kita memiliki empat rasa ini, yakinlah hidup di dunia yang fana ini akan sangat terasa indah, tidak akan ada lagi saling tikam, saling gunting dalam lipatan, saling hasut, saling fitnah, saling bunuh dan lain-lain.

Bagi saya hidup tanpa cinta bagaikan makan sayur tanpa garam, tapi hati-hati, jika kita kebanyakan mengkonsumsi garampun bisa mengakibatkan darah tinggi, dan dapat bermuara kepada stroke, yang merupakan suatu kondisi yang terjadi ketika pasokan darah ke suatu bagian otak tiba-tiba terganggu. Dalam jaringan otak, kurangnya aliran darah menyebabkan serangkaian reaksi bio-kimia, yang dapat merusakkan atau mematikan sel-sel otak. Kematian jaringan otak dapat menyebabkan hilangnya fungsi yang dikendalikan oleh jaringan itu.

Saya pernah beberapa kali merasakan manisnya tebu cinta. Saat itu dikala saya masih remaja, tepatnya masih duduk di bangku SLTP, saya sudah mengenal cinta. Saking indahnya, serasa dunia milik berdua. Kalau tak jumpa, perasaan menjadi galau seakaan teriris sembilu. Yah, memang, hal itu tidak terelakkan karena sudah merupakan suatu proses alamiah dan wajar dari perkembangan psikologis manusia. Cinta seakan membutakan mata lahir dan mata bathin, intinya, tanpa cinta hidup takkan berarti.

Setelah usai petualangan cinta monyet perdana itu, saya terus mengembara cinta, walaupun saya tidak menjadi pemilik playboy, hingga akhirnya petualangan cinta itu berakhir pada sang tambatan hati, yang telah membuahkan putra dan putri yang sehat, cerdas dan menggemaskan. Alhamdulillah......

Atas kisah sok romantis diatas, saya jadi teringat dengan bangsa kita. Beratus tahun kita berusaha untuk merebut, mencapai dan memiliki kemerdekaan. Terlalu banyak korban jiwa, raga dan harta yang melayang. Akhirnya, atas perjuangan segenap komponen bangsa, di tanggal 17 Agustus 1945 kita berhasil mencapainya. Sekarang, di saat usia kemerdekaan bangsa yang hampir mencapai 64 tahun, kita harusnya sudah bisa mereview, apa saja yang telah kita perbuat untuk mempertahankan dan mengisi kemerdekaan???

Ternyata, kita masih sepele dalam menjaga kemerdekaan, betapa tidak pada tahun 1999 yang lalu kita kehilangan Timor Timur. Ditambah lagi dengan saat-saat ephoria reformasi dan otonomi daerah, beberapa daerah yang merasa "kaya" dan merasa mendapat "perlakuan yang tidak adil dari Pemerintah" mulai bersuara untuk "merdeka". Di tahun 2002 Pulau Sipadan-Ligitan pun lepas. Belum lagi berbagai property kita yang tergadai dan merupakan kado pahit di hari kebangkitan 100 tahun bangsa Indonesia.

Sebagaimana diketahui, bahwa banyak pulau-pulau terluar kita kita berbatas dengan banyak negara (Kilas Balik Ambalat, 2006), mulai dengan India (P. Rondo), Malaysia (P. Berhala, P. Kalimantan, P. Ambalat), Singapura (P. Nipah), Vietnam (P. Sekatung), Palau (P. Fanildo, P. Brass dan P. Fani), Timor Leste (P. Batek dan P. Dana), Papua New Guinea dan Australia (P. Irian) dan yang saat ini menjadi sorotan media adalah Philipina ( P.Miangas, P. Marore dan P. Marampit). Dan di saat-saat terakhir ini, sudah mulai negara-negara tetangga mengutak atik wilayah perbatasan seperti daratan kalimantan bagian utara, kepulauan-kepulauan terluar Indonesia di wilayah Provinsi Kepulauan Riau, kepulauan di wilayah Provinsi Sulawesi Utara dan lain-lain.

Untuk itu, jika kita cinta kepada negara dan bangsa ini, saya berharap Pemerintah harus membaca postingan saya dan dapat lebih memperhatikan berbagai aspek yang menyangkut wilayah perbatasan, antara lain dimulai dengan memperhatikan pembangunan infrastruktur dan peningkatan akses, penggiatan kehidupan perekonomian, peningkatan pelayanan publik, penguatan keamanan dan keberadaan Angkatan Bersenjata dan lain-lain. Jika kita ibaratkan hal ini dengan cinta, masyarakat di perbatasan adalah kekasih kita, namun jika sang kekasih di sepelekan, dicuekin hingga akhirnya jablai, tentu sang kekasih akan berpaling kepada pihak-pihak yang benar-benar setia mendampinginya dalam suka dan duka...

Ingat...! Kita adalah bangsa yang besar, jangan beri kesempatan pihak-pihak lain untuk mengobok-obok kedaulatan bangsa kita. Kita harus menjadi bangsa yang kuat dan disegani. Kita harus punya Angkatan Bersenjata yang handal, profesional dan modern. Jangan cepat bangga dengan segelintir pesawat tempur sukhoi yang "korban lock", dengan segelintir F-16, konon lagi pesawat tempur "kebanggaan" sekelas A4 skyhawk, F 5 Tiger, tank amphibi tahun 1950-an yang macet-macet, kapal perang eks Jerman yang sudah uzur dan berkarat ??? Apakah kita ingin "cinta kita itu terlepas begitu saja"? Tentu tidak....

Saya hanya khawatir..kejadian "pahit di masa lalu"" akan terulang jika kita sepelekan semua ini..!

Tiada gading yang tak retak ...

312 komentar:

  1. Apapun kondisi negeri ini Lae, aku tetap mencintainya.

    Kemudian tentang peralatan perang yang usang, aaah kita tak perlu lah semua itu Lae, itu kan sekedar pajangan belaka. Tak apa lah itu. Banyak orang 'pintar' di negeri ini, semacam Ponari dengan batu ajaibnya.

    BalasHapus
  2. tadi daku udah kemari. gara gara nunggu ferifikasi word yg lamanya minta ampun dan gak muncul2,akhirnya aku gk isa yg pertama. ini juga harus pakai IE.

    BalasHapus
  3. asyiik udah gk pakai ferifikasi word lagi. nah gini dong,khan bisa lancar gw masuk sini.he..he..

    BalasHapus
  4. mas aku lagi kena stroek..

    BalasHapus
  5. Nah berhubung loe udah merit dan punya si buah hati, ada baiknya loe sharing2 sama kita2 yang masiy jomblo kur..
    Tips n trick mendapatkan wanita idaman.. *ditunggu postingannya*

    Salam damai kur

    BalasHapus
  6. Sumpah I Luv U... Itu lagu enak hehehe...

    BalasHapus
  7. cinta oh cinta...
    apa jadinya bila rakyat sendiri tak cinta negrinya?

    BalasHapus
  8. Yup, semua komponen bangsa mempunyai peran masing masing untuk menunjukkan rasa cintanya terhadap bangsa ini.

    BalasHapus
  9. Setuju , kita harus mempertahankan keutuhan & kesatuan bangsa kita !!

    BalasHapus
  10. benar bang.. setuju banget... pasti bukan hanya kita..... semua bangsa di dunia pasti ngga da yang mau terjajah.... dan dinjak2 oleh bangsa lain... so, Damai itu indah...

    BalasHapus
  11. smoga bngsa ini tdak hnya bersatu di lpangan spak bola, di lpangan voli, di lapangan badminton... tpi bnar2 brsatu scara utuh untk mnangkal 'pnjajah' dri luar negeri ini

    BalasHapus
  12. *Betul mas, kalo penunggang pegasus 4 mata, nanti saya harus bayar royalti ke mas Tukul. Saya gak kuat bayarnya, he he he

    *Oh itya makasih ya dah berkunjung, saya menghargai setinggi2nya...,

    BalasHapus
  13. rame juga nih blog. walau tampilan nya sederhana.
    bravo blogger sibolga.

    BalasHapus
  14. Bagaimanapun keadaan, bentuk serta rupamu, tetap cinta, bangga dan merasa bersyukur telah lahir, tumbuh dan dibesarkan di Indonesia....

    BalasHapus
  15. Ito
    memang
    yang susah
    adalah mempertahankan cinta..

    hmmm.....

    BalasHapus
  16. Hmmm... itu om sapi nasionali sekali... :)
    Sama, saya juga selalu cinta dengan bangsa dan negara ini. Tp mudah2an saja kita akan terus menjadi lebih baik di masa-masa mendatang...

    BalasHapus
  17. duwa hari gak bisa komen, semoga ini masok...

    BalasHapus
  18. Wah, kayaknya pengalaman banget ya tentang cinta.

    BalasHapus
  19. oh... saya tau sekarang bang, kenapa banyak pulau yang suka selingkuh? ternyata karena jablai toh... hehehe

    BalasHapus
  20. wah cinta emang sejuta rasanya...semangat indonesiaku..

    BalasHapus
  21. saya waktu smp takut kalau ngobrol dengan cewek.
    indonesia jangan sampai ada yang lepas lagi

    BalasHapus
  22. ngat...! Kita adalah bangsa yang besar, jangan beri kesempatan pihak-pihak lain untuk mengobok-obok kedaulatan bangsa kita. Kita harus menjadi bangsa yang kuat dan disegani

    setujuu pada bagian ini.
    tapi dari cinta kok ke masalah kedaulatan ya?

    BalasHapus
  23. Sakit rasanya kalo ada bagian Indonsia yang terluka..., marah rasanya kalo ada bagian Indonesia yang diobok-obok... apa itu juga "ngalamat" cinta ya bang..??

    BalasHapus
  24. jika taj mahal, candi roro jongrang buah cinta sang raja kepada sang istri ....."kini mereka telah tiada" jadilah pengganti cerita mereka dengan buah cinta romantik yang melegenda...salam fantastic

    BalasHapus
  25. negri tempat tanah lahirku kenapa cintaku masih diragukan hahaha
    dalam nafas ada sedikit cintaku untuk negriku apapun bentuknya
    salam sukses selalu mas

    BalasHapus
  26. seharusnya jika kita sebagai anak bangsa merasa cinta pada tanah air, kita harus berlaku adil dan menjaga tiap2 daerah di Indonesia. jangan biarkan kita tercerai berai

    BalasHapus
  27. Benar mas,... semoga modal dasa pejuang kita dulu masih ada,... bersatu, bersama dalam satu keluarga..!!

    BalasHapus
  28. ada yang bilang, cinta itu licin, tapi nyata, mas kurnia, hehehe ... dalam soal nasionalisme, sekarang malah lebih licin, mas. orang2 yang seharusnya menjadi teladan bagaimana cara mencintai bangsa dan negerinya justru terkesan menggadaikan cintanya utk memburu conta yang lain. walah!

    BalasHapus
  29. heuehu topiknya gado gado jadi satu y bang

    BalasHapus
  30. punya kotak silaturahmi ya,,,?
    gak papa asal jangan silaturahmi ala asmara dua diana
    hehehe

    BalasHapus
  31. Pengantarnya bagus juga tentang cinta

    hehe

    BalasHapus
  32. Aku setuju rasanya kalo 'cinta tanah air' saat ini udah mulai terkikiks..palagi generasi mudanya ya bang...prihatin deh!

    BalasHapus
  33. syukurlah...
    memaintenance cinta kononlebih sulit loh..
    :)

    BalasHapus
  34. Jadi ingat masa lalu nih hikz... :(

    BalasHapus
  35. Ito, ada award untuk Nyante Aza Lae di Beranda Hati, saya berikan dengan tulus ikhlas.

    Mohon dijemput.

    BalasHapus
  36. sekarang ini udh OTDA, artinya seharusnya tak ada daerah yg lepas dari pengawasan. tp..td pagi sy lht di acara talkshow TV , katanya ada seorang camat (baca : pejabat negara), malah gak tau kalu pulau di sebelahnya (yg kalau dilihat di peta msh termasuk kekuasaan negeri ini) adalah pulau milik Indonesia... busyetttt... gmn pula dg rakyat yg bukan pejabat negara...??

    BalasHapus
  37. jangan beri kesempatan pihak-pihak lain untuk mengobok-obok kedaulatan bangsa kita.

    hehe... jd inget laginya joshua diobok2 hehehe

    BalasHapus
  38. wah...iya neh.. pulau kecil2 di indonesia pada ilang diambil negara lain... duh nelangsa...

    BalasHapus
  39. klo untuk kebaikan negara tercinta...setuju!

    BalasHapus
  40. Ingat...! Kita adalah bangsa yang besar, jangan beri kesempatan pihak-pihak lain untuk mengobok-obok kedaulatan bangsa kita. Kita harus menjadi bangsa yang kuat dan disegani.

    Dan Ber MORAL serta Ber IMAN

    oh.....CINTA

    BalasHapus
  41. cinta memang bukan berarti sempit...
    sebab cinta itu bermakna cukup luas...
    makanya berikan dan tebarkan semua cinta kamu pada semua orang namun jangan terlalu ....
    ntar ada yang.....????
    heheheh....

    BalasHapus
  42. Bang ngomong politik ya atau kita mau jualan pesawat aja,kayaknya seru deh kalo indonesia jualan pesawat (nyambung ga ya)

    Salam KoMpaak

    BalasHapus
  43. wah, tulisan ini cukup luas rambatannya ya, ito lae? mulai dari cinta kepada kekasih hingga cinta kepada tanah air, berlanjut pula kepada kebanggaan diri berbangsa dan bernegara.

    soal kedaulatan itu memang jadi tantangan bagi negara kepulauan yang luas seperti indonesia, ito. memang sungguh disayangkan, lebih 14,000 pulau besar dan kecil di negara kita jadi kurang terpantau (mungkin) karena sistem pertahanan yang masih lemah.

    BalasHapus
  44. Sebuah konsekuensi dari negara kepualauan yang teramat luas nampaknya memang sangat berat. Bahkan pada beberapa daerah, saudara² kita di perbatasan lebih mudah menjangkau dan beraktifitas dinegara tetangga dari pada ke ibuko propinsinya.

    Mencegah integrasi, apalagi akibat utak-atik pihak luar ternyata memang tidak cukup hanya sekedar dengan slogan nasionalisme, perlu ada sebuah strategi dan tindakan nyata dari pemerintah.

    Karena saking beratnya itulah, saya menyatakan tidak sanggup dan tidak bersedia untuk dicalonkan sebagai Presiden RI.
    hehehehe.....

    BalasHapus
  45. Cinta bukanlah segalanya, tapi segalanya tanpa cinta tiada arti

    BalasHapus
  46. cinta ama bangsa bs melalui apa aja.
    termasuk mencintai dunia wisata nya..

    BalasHapus
  47. Halo frend, jalan2 kesini boleh yaa.
    Tanda aku mencinta ohhh...

    Cheers, frizzy.
    Blogger ingin bercinta

    BalasHapus
  48. Ngomongin cinta ruwwet mas...

    :).

    BalasHapus
  49. Sama kayak mencintai tadi ya, Bang..
    Pertama-tamanya begitu menggebu ingin merebut, namun setelah didapat, apa?
    Yg ada adalah perasaan bosan.
    Huh!
    Semoga tidaklah seperti itu.
    Begitu jg dengan Indonesia kita ini, harusnya tetap dijaga.
    ;)

    BalasHapus
  50. ho ho ho iya donk..kalo ada yg berani ngobrak abrik perbatasan kita, hajaaaaaaar

    eh tapi bangsa kita cuma besar wilayahnya doank :D

    BalasHapus
  51. Alhamdulillah
    suami cinta sama saia, anak-anak sayang sama saia
    *pede mode on....

    BalasHapus
  52. waaaa yang komen dah banyaaakkk....... gak tau lageee harus ngomong apa deeee........

    BalasHapus
  53. ntar klau dah ada postingan baru kamu tolong kabari aq yah....
    tu kamu mu kita tukeren link....

    BalasHapus
  54. aq dah pasang juga tuh Link kamu.....

    BalasHapus
  55. cinta yg tulus tu udah langka

    bukan gading kalo tak retak

    BalasHapus
  56. Susah memang kalo bicara cinta. Hehehe.

    BalasHapus
  57. bener bang, kita harus jadi bangsa yang kuat dan disegani...kita pasti bisa!!!

    BalasHapus
  58. nice posting bang...zie jadi makin paham apa makna cinta sesungguhnya

    BalasHapus
  59. untung cuman di lock doang, klo sampai melepaskan tembakan... kalang kabut tuh pilot...wekekekeke

    BalasHapus
  60. Kur..dapat gelar baru dari frontbloggergurem {dot}com
    Blogger JARTING :D

    BalasHapus
  61. sebelum kita diobok obok.

    obok obok dolo negara mereka.

    BalasHapus
  62. ambo sangko tadi antah cinta apo bang

    BalasHapus
  63. bagaimana kalo para caleg mbaca postingan ini ya ^_^

    met wiken ya

    BalasHapus
  64. seperti biasa...postingan Pak Lae memang mantap!!!

    BalasHapus
  65. kapan...!? dia datang menemui kehidupan ku ..hiks ..

    BalasHapus
  66. Cinta memang segalanya :)

    BalasHapus
  67. love is like sand in the hand...
    more you keep it..
    more you lose it...
    ceilah...
    dan jablai adalah....film..
    hehheheh

    BalasHapus
  68. cinta cinta cinta Indonesia ...
    itu sekeping bait lagu ciptaan Guruh Sukarnoputra
    yg jelas Indonesia sebagai negara maritim harus selalu dikumandangkan, bukan sebagai negara kepulauan. mindset itu yg harus diubah ya bang..
    seperti lagu : nenek moyangku orang pelaut gemar mengarung luas samudra ....
    Aku cinta dan bangga menjadi anak Indonesia

    BalasHapus
  69. wah kayaknya rame bangat nih rumah kmana nih yang punya rumah...

    BalasHapus
  70. di mana aku dilahirkan, dimana aku dibesarkan, maka ku akan tumpahkan darahku untuknya...

    Indonesia..., sampai sekarang ku tak mampu menghias wajahmu, tapi yakin lah ku takkan pernah mencoreng muka Indonesia.....

    BalasHapus
  71. Pening kepala ngeliat banyak banget komennya hehe...

    BalasHapus
  72. Nyante aza lae..baru bisa nge"lock" doang kok...hehehehe...

    BalasHapus
  73. Cinta & Jablai kayak musik dangdut aja bang...

    BalasHapus
  74. postinganmu selalu MANTAAAB!!!!
    sedih juga kalo menyadari kebodohan yg selalu terjadi di negri ini...

    BalasHapus
  75. sampaikapan pun aku akan terus turut serta dalam mempertahankan negeri ini.
    tukaren link yuk lae

    BalasHapus
  76. Hidup Cinta!!
    lho, aku dah koment toh disini. wah, kabur lagi deh..'malu'

    BalasHapus
  77. whoaa..aku komen yg ke berapa nih hehe...

    kek headerku aja deh, coz love is essential, kalo kita gak mengutamakan cinta maka semuanya akan sia2...(nyambung gak sih?) hihihi...

    met kenal ito..hrs manggil ito ya bukan lae kalo aku mah :D

    BalasHapus
  78. duh jd miris kalo inget peristiwa ambalat dan lain2nya....mulai perebutan pulau sampai masala2 internalnya lainnya

    BalasHapus
  79. love is never die...*duh kek vespa aja*...

    emang kan bahas cinta tuh gak akan pernah ada bosennya.... sgala bentuk macem cinta, mw cinta sesama, cinta sm negeri, sm TUhan....apapun itu love is something people needs

    BalasHapus
  80. nah gitu dong bro verifikasi word nya diilangin, kadang hal-hal kayak gitu bisa bikin kita ogah koment loh ..

    BalasHapus
  81. Cinta oh cinta ... renyah banget postingannya dari cinta monyet sampai cinta negara

    BalasHapus
  82. jadi intinya cinta ya, lae?
    tapi gimana dong kalau ada yang bilang: cinta toh tak harus memiliki, jadi kalau pulau dan aset negara lepas, ya sah-sah aja. berarti nggak jodoh. nah!

    BalasHapus
  83. Maunya tidak ada putus cinta dengan "negara"... hehehe

    BalasHapus
  84. oooooooooooooooooooo............

    BalasHapus
  85. iah semoga semua warga yang ada perbatasan negara lain tetapi cinta Indonesia dan tetap mau menjadi bagian wilayah Indonesia...
    Indonesia aku cinta padamu hihihihi :D
    thanks

    BalasHapus
  86. Well done! I am gratified that you have shared this important news with me. Thanks!

    BalasHapus
  87. hidupa tanpa cinta bagai taman tak berbunga Gan
    itu kata roma irama

    BalasHapus
  88. Thank you for your hard work and sharing it with us. It goes well appreciated in my book.

    BalasHapus
  89. sedih sekali kehilangan timor timur pada tahun 1999

    BalasHapus
  90. I will take a look at all the blogs, thanks for sharing this list.

    BalasHapus
  91. love is like sand in the hand...
    more you keep it..
    more you lose it...

    BalasHapus
  92. Artikel yang sangat bagus nih..jarang2 ada blog seperti ini.saya akan jadi pembaca setia blog ini

    Bila ada waktu silahkan berkunjung ke www.4sharedbook.blogspot.com ya

    BalasHapus
  93. Inginku...
    Ketika Mekar Bunga tak Menebar Harum Wangi
    Dan Ketika Sarinya Tak Menawarkan Lagi Manis Madu
    Adakah Kau Masih Denganku
    Ketika KU Mulai Layu

    BalasHapus
  94. is speedily Links london Chainsapproaching and men across the earth will start stress out about it. links of london sweetie bracelet Choosing a Valentine's Gift can be somewhat grueling, friendship bracelets especially if she and you are entirely close and all you want to do is dash her sympathy during this unusual reason. links of london uk All you necessity is some planning, the little thoughts, and a whole lot of honey. links of london silver If you are mystified for an idea for the Valentines Day gift now then why not ponder a discount links of london section of .Links Of London Bracelet is the classic and thoughtful gift to believe, links of london bracelet sale however, this is regularly above people's budgets. When selecting cheap links of london bracelet Bracelet get something that she will like, attire and show off to her links. links of london bracelet uk If she never wears jewels then bountiful her a wristlet is a very discount links of london bracelets risky and inadvisable gift.

    BalasHapus
  95. guoweigang More often than not, even pandora bracelets sale the kind of material used for the jewelry is also diverse. Most necklaces are normally made from silver or gold, but there are others that use leather or even bones and shells.Other necklaces contain precious stones, most commonly diamond, similar to discount pandora bracelets what rap stars usually wear. Among these so called "bling" the most common design is usually the cross.Aside from the obvious fashion purposes, these cross pandora jewerly necklaces can mean so much more depending on the personal faith of the wearer.Pretty much, cross necklaces can either be worn to symbolize faith pandora 2010 or plainly as a fashion statement. They can showcase the personal faith of the wearer. There are plenty of sites online as well as stores offline that can help you find the right men's cross necklaces to wear for yourself or to give away to male friend or lover.

    BalasHapus
  96. When UGG Classic Tall moment in Classic Tall Boots time Classic Tall uggs pertains find ugg 5815 expensive jewelry regarding UGG Cardy Mother you'll notice Cardy Boots engagement rings is among the actual
    Classic Tall uggs ideal presents you can actually produce your mother. You Cardy Ugg boots can find explanation Cardy uggs why folks should display his or her's mother's ugg 5819 with gifts. A birthday and mom's birthday are usually a couple of the extremely UGG Classic Short

    BalasHapus
  97. Silver wedding bands pandora sale are an excellent pandora jewellery uk choice if you want pandora shop a ring that is affordable, long-lasting pandora 2010 and available in a number pandora jewelry of styles. If you are looking pandora earrings for a great selection of men's silver wedding discount pandora earrings rings in a variety of designs, then the best buy pandora earrings place to go is online. Most “brick and mortar” jewelers only pandora earrings uk sell wedding bands made from gold and platinum, but online jewelry stores pandora earrings silver recognize that their sales rely on customer demand. To find the perfect band for you, check the selection of silver wedding rings for men and compare prices online.

    BalasHapus
  98. For instance a watering hole, moncler actively playing golf lingerie is definitely an gain within the vital supplies that you can check out before playing. moncler Boutique Moreover, golf apparel is literally more than purely essential because of fixture. moncler pas cher In general, but also the squad banner of his fashion statement. That may use them in and around for professional parties more than a amazing trouser to mean the beautyEven as a result of sport, people can continue to showcase most of the inspiration inside manner. moncler prix It's been for a while personally seen as well as the established about quite a few events along with activities. moncler soldes An ideal back into playing golf, football, cycling, and etc- clothing fashion could be as well as and fit you. moncler paris However golfs creation at present promises confusions and therefore bickering perhaps customers, golf dresses, most certainly was piece of their records. As all other physical activities, moncler polo the entire recognized past with golfs origins shows of which anyone what individual wishes the sport of golf is required to clothing specialised gowns. moncler veste One that can simply effectively reveal to in which -the poker player is without question from the well-to-do group.For sure, moncler doudoune that dress wear with play golf obtain just exactly strengthened the assumption that this sport was probably more particularly came up with towards successful folks. Golfing dresses can be utterly pricy. moncler homme Then again, when using the many models and also makers sprouting wherever, is just the game often as rspectable just as ahead of?Even though broad strategy towards playing may be attached with a great deal in the course of the country's the historical past, it is very rather unjust so that it will assess one thing outside of your dog's gown code.

    BalasHapus
  99. thomas sabo bracelet Some basic considerations can help a person to get the right par of shoes. Below are some of the important points that one may need to think about before getting the shoes. thomas sabo bracelets Style is not that important - majority of the people choose their tennis shoes considering only brand names and its looks. discount thomas sabo bracelet They don`t keep the importance of their feet up front most of the times. It can be a little hard to give up an awesome looking pair of shoes that matches your personality cheap thomas sabo bracelet But when it comes to the usage, they should be chosen based on their functionality. The tennis shoes that one is purchasing should be able to protect and support one`s feet ideally. thomas sabo bracelet clearance They are equally as good for keeping the water and weather away from your feet and both brands offer cheap golf shoes as well as their many expensive varieties. thomas sabo Shopping at FootJoy or Adidas can give you fashion, color, and a large line of shoes online and in stores.At any rate, be mindful of our golf game if you are a real competitor--know that shoes are the most vital part of your golfing attire. discount thomas sabo You need to shop around, compare prices. And get the most for your money. thomas sabo sale uk That doesn't mean you should opt for a pair of discount shoes that also have cheap quality. What would be the point of purchasing a shoe that is not comfortable to wear. thomas sabo jewellery If you care anything about your success in golfing, shop around. thomas sabo silver The Heel Box - it is an important part of the shoes.

    BalasHapus
  100. salam kenal kang !! .
    cinta !! .
    gga harus di aplikasikan ke seseorang ajjah melainkan ke negara sendiri .
    kalau penduduknya saling mencintai negara maka akan damai .
    makasih .
    niice post ..

    BalasHapus
  101. Hehehe...judul Cinta dan Jablay,...kirain apa :D Mantap gan

    BalasHapus
  102. ternyata benar, mempertahankan cinta itu sulit ya.
    terimakasih atas postingnya ya.

    BalasHapus
  103. wah gan saya takut kalo denger kata jablai,,, salm kenal aja mas

    BalasHapus
  104. memang cinta itu indah,,
    tapi cinta juga bisa bikin sakit hati,, makan nya cinta banyak artinya,,, terima kasih buat infonya

    BalasHapus
  105. HIHIHIIIII ....
    gw suka postingannya !!!

    BalasHapus
  106. wah kayanya dah pengalaman ni tentang cinta gan ea
    wkwkwkw

    BalasHapus
  107. bagus artikelnay nih,,
    terima kasih gan

    BalasHapus
  108. Postingan yang bagus, mantap.

    BalasHapus
  109. hahahahah, ada-ada aja judulnya :D

    BalasHapus
  110. Wohoohooo... Ada apa dengan Cinta
    dimana kau cinta....??????????

    BalasHapus
  111. apalagi jaman susah kayak gini, apa-apa ujung2nya duit :)

    BalasHapus
  112. saya setuju dengan kata kata anda, memang hidup tanpa cinta bagai tiada arti hidup ini lagi, mmpir ke blog saya yah mas Fisheries Blog

    BalasHapus
  113. artikelnya sip sob... salam kenal ya

    BalasHapus
  114. ane demen ni ma judul nya...

    CINTA DAN JABLAI..


    wakakkaka,,

    Gokil..

    BalasHapus
  115. Thx Infonya mas,,, kebantu bgt gw!
    Infonya sangat bermanfaat buat banyak orang niey...^_^
    Sorry izin nitip link sekalian promosi, mohon di Izinkan yah ^_^
    Oiya buat para pengunjung blog ini jgn lupa baca juga blog saya tentang ---->

    > Berita Seagames 2011

    > Foto Mandi Aida Saskia

    > Download Majalah Cosmopolitan

    > Foto Seksi Astrid Tiar

    > Foto Seksi Vicky Shu

    > Obat HIV 2011

    > Foto Seksi Ashanty

    > Foto Seksi Irina Shayk

    > Doktrin Ahmadiah

    > Tato Wanita Cantik

    - Terimakasih -

    BalasHapus
  116. Thx Infonya mas,,, kebantu bgt gw!

    BalasHapus
  117. tapi cinta juga bisa bikin sakit hati,, makan nya cinta banyak

    BalasHapus
  118. Ketika Mekar Bunga tak Menebar Harum Wangi
    Dan Ketika

    BalasHapus
  119. hidupa tanpa cinta bagai taman tak berbunga Gan

    BalasHapus
  120. Thanks for sharing an interesting post

    BalasHapus
  121. tapi cinta juga bisa bikin sakit hati,

    BalasHapus
  122. Thx Infonya mas,,, kebantu bgt gw!

    BalasHapus
  123. information helpfully, please keep sharing...

    BalasHapus
  124. informasinya pas banget gan, postingan menarik nih, makasih gan salam kenal aja gan

    BalasHapus
  125. hem....ternyata cinta itu buta....

    BalasHapus
  126. mungkin tanpa cinta, dunia akan cepat rusak dan punah

    BalasHapus
  127. berkunjung sambil membaca artikel yang menarik

    BalasHapus
  128. heheheh yang nulis artikel mantabbbb

    BalasHapus
  129. Sungguh pemikiran yang diplomatis,, Hal-hal sepele seperti ini memang harus diperhatikan,,,, jangan sampai kita di lecehkan oleh negara tetangga arena keberadaan persatuan kita yang rapuh,,,

    BalasHapus
  130. judulnya bikin penasaran cinta dan jablai
    good article

    BalasHapus
  131. This is the perfect blog for anyone who wants to know about this topic. You know so much its almost hard to argue with you (not that I really would want...HaHa). You definitely put a new spin on a subject thats been written about for years. Great stuff, just great!

    iPod review
    indonesia hot news

    BalasHapus
  132. artkelnya mantap sekali nih gan , cinta dan jablay ada2 saja ah, makasih atas infonya

    BalasHapus
  133. judulnya sangat menarik...

    salam kenal..

    BalasHapus
  134. terima kasih nih gan buat infonya semoga bermanfaat gan , salam kenal aja gan

    BalasHapus
  135. yang paling penting bangsa indonesia tetap bersatu dan damai...

    BalasHapus
  136. judulnya cinta dan jablai lucu juga.

    BalasHapus
  137. cinta+jablay=cinta 1 malam hahahaha

    BalasHapus
  138. wew... cinta dan jablay...mantabb!!

    BalasHapus
  139. heuheu...

    hidup cinta,, no jablai..!!

    BalasHapus
  140. unik juga judulnya...
    heuheue

    BalasHapus
  141. heuheu,,,
    ada" aja ni judul..

    BalasHapus
  142. keren bang...

    tapi unik juga judulnya...

    hehehe

    BalasHapus
  143. Really your blog is very interesting.... it contains great and unique information. I enjoyed to visiting your blog. It's just amazing.... Thanks very much for the share

    BalasHapus
  144. wis mantap juga nih artikelnya, makasih banyak ya gan , semoga bermanfaat gan

    BalasHapus
  145. yang jablai itu pemerintah... dah gitu jelas mereka gak punya cinta... lo mo punya cinta dari mana? kan di otak mereka cuma ada dua huruf..., yaitu Rp...

    BalasHapus
  146. Cinta bagaikan asa dan jablai..hahahhaaaa..
    Nice sobb!

    BalasHapus
  147. ahaha judul postingan nya ada2 ah , hehe

    BalasHapus
  148. Admiring the time and energy you put into your website and in depth information you provide.

    BalasHapus
  149. postingan yang unik gan, sundul dulu ah...

    BalasHapus
  150. kunjugan pertama kang..
    tolong bantuannya y..kunjungi web saya
    Paket Aqiqah -Aqiqah- Aqiqah Murah

    BalasHapus
  151. weew..artikel nya keren2,salut buat anda mas broo nambah wawasan lagi ane nich..lumayan..hehehehe salam kenal dari mas broo..maju terus bloger indonesia!!!

    BalasHapus
  152. cinta cinta cinta...
    saya pusing dengan kata cinta...
    cinta tu cindol na tape... hihi

    BalasHapus
  153. yg jelas ane ogah cinta sama jablai, hehe

    BalasHapus
  154. aha... cinta dan jablai... manmtab gan

    BalasHapus

Saya sangat berterima kasih bila teman berkunjung dan meninggalkan komentar. Yakinlah teman, saya "pasti" akan melakukan hal yang sama, karena hidup akan semakin indah, jika kita saling memberi dan menerima.