09 Maret 2009

Salah Kaprah?

Ketika saya baru selesai melakukan aktifitas rutin di "ladang" dan hendak menuju pulang ke rumah, di perjalanan saya melintasi rumah seorang teman dan melihatnya terburu-buru mengeluarkan sepeda motor keluar dari halaman rumah, didampingi oleh sang istri dan anaknya yang masih balita. Karena cuaca yang kurang kondusif (baca : langit gelap dan hujan semi deras), saya langsung berhenti tepat di depan rumah mereka. Dengan bergegas sayapun menanyakan hendak kemana mereka keluar rumah disaat cuaca demikian, sang teman lantas menjawab, bahwa mereka hendak berangkat ke "Doktor", karena anaknya sedang demam yang cukup tinggi. Lantas saya bertanya, Doktor mana? Kemudian dia jawab Doktor anunya... Ho..ho..ho..., saya lantas mengerti bahwa yang dimaksud oleh sang teman adalah praktek dokter. Singkatnya, karena merasa sok pahlawan prihatin, saya menawarkan angkutan untuk menuju praktek "Doktor" dan singkatnya Alhamdulillah, berdasarkan hasil pemeriksaan, anak tersebut hanya demam flu biasa.

Yah, memang...terkadang banyak komunikasi dan dialog yang berkembang diantara kita sering kurang tepat. Penyebutan dokter di "kampung kami" acap disebut dengan sebutan Doktor. Jika kaum pendatang yang tidak segera maklum dengan penyebutan istilah itu, tentu akan bertanya-tanya dalam hatinya, begitu banyak lulusan program doktoral disini. Komunikasi seperti ini juga sering kita dengarkan dari dialog-dialog di warung-warung. Di saat konsumen hendak membeli detergen daia, dia menyebut Rinso daia. Konsumen hendak membeli mie instant supermie, dia menyebut Indomie supermie. Begitu juga jika konsumen hendak mencari pasta gigi formula, sering terucap kata Pepsodent formula. Dan sangat banyak penyebutan-penyebutan salah kaprah yang lain seperti hotspot yang disebut wifi, flashdisk disebut usb, Kepala Sekolah SD 1 (harusnya Kepala SD 1), kerja di Bank BRI (kan harusnya kerja di Bank Rakyat Indonesia) dan lain-lain.

Sebenarnya saya tidak terlalu mengetahui, apakah salah kaprah dalam penyebutan beberapa istilah seperti ini akan berdampak besar dalam kehidupan nyata, karena saya bukanlah seperti mas Sawali yang seorang guru bahasa Indonesia, apalagi seperti mas marsudiyanto yang guru matematika. Namun saya tetap berfikir, apapun yang namanya "miss", jelas pasti akan membawa dampak, dan cenderung menghasilkan kesalahpahaman, contohnya miss komunikasi dan miss-miss universe yang lain.

Nah..., bukannya sok usil jika dikaitkan dengan hangatnya situasi politik menjelang pesta demokrasi 2009 ini, menurut saya ada beberapa kesalahkaprahan, antara lain tentang keberadaan "janji" partai politik (parpol) yang dibungkus dengan bahasa atas nama rakyat. Dimana hampir seluruh iklan politik menyatakan, seolah-olah sekarang parpol mudah dan mampu memberikan "pencerahan kehidupan" jika berhasil memenangkan pemilu. Tentu mungkin yang mereka pikirkan adalah bagaimana strategi untuk meraih simpati dan suara yang sebanyak-banyaknya.

Ada parpol yang menyatakan bahwa mereka telah berprestasi menurunkan harga BBM, ada yang menyatakan berhasil sukses membawa Indonesia kepada swasembada pangan, ada juga yang menyatakan sukses dan berkembangnya pertanian dibawah kepemimpinan sang menteri yang merupakan kader parpol tersebut, ada yang siap membuat kontrak politik dan banyak lagi yang lainnya. Sebagai orang awam, tentu saya makin bingung. Sesungguhnya siapakah yang membuat kebijakan? Siapakah yang memprogramkan dan melaksanakan berbagai kegiatan untuk mencapai "kesuksesan" itu? Kan Pemerintah atas dukungan seluruh stakeholders bukan oleh salah satu parpol. Pemerintah (baca : kabinet) yang saya maksud disini adalah terdiri dari banyak "unsur", bukan hanya partai A, B, C, D sampai Z.

Berkaitan dengan hal di atas, ada sebuah contoh sederhana. Misalnya, jika suatu daerah akan melaksanakan Pilkada, calon kepala daerahnya sebut saja bernama X dan Y yang diusung oleh sekian parpol. Kemudian berdasarkan hasil pilkada, pasangan X dan Y berhasil unggul memimpin perolehan suara, dan akhirnya mereka dilantik. Lalu timbul satu pertanyaan. Kebijakan apa yang akan dilaksanakan oleh KDH? Jawabannya sudah pasti adalah kebijakan pemerintah daerah dan bukan kebijakan parpol pengusung. KDH tentu akan melaksanakan pemerintahan, pembangunan dan pembinaan kemasyarakatan berdasarkan Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD), Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJM), hingga terus mengerucut kepada kegiatan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD). Oleh karena itu, kesimpulan ngawur menurut saya adalah bahwa keberadaan suatu parpol dalam pemilu "pemimpin", sesungguhnya hanya berfungsi sebagai "kendaraan pengantar"!

Pada tanggal 09 April 2009 yang akan datang, akan berlangsung pemilu secara nasional, sebagai wahana untuk memilih "wakil parpol rakyat". Saya hanya pura-pura berharap agar pengurus parpol, untuk tidak salah kaprah dalam menempatkan posisi. Informasikanlah secara benar tujuan dan fungsi parpol. Mari kita berikan kepada rakyat pendidikan politik yang tepat, agar rakyat kita semakin cerdas dalam menentukan wakil dan pemimpinnya sesuai dengan hati nurani. Akan lebih netral dan objektif, jika seseorang "aktor politik" yang telah menduduki posisi publik seharusnya "menanggalkan seragam lamanya", sehingga tidak menimbulkan dualisme. Satu tubuh dua nyawa! Ingat.... Pemimpin adalah merupakan pejabat publik, milik semua orang yang dipimpinnya, bukan milik sebagian golongan. Saya khawatir, jika kita salah kaprah, maka kitapun akan salah kiprah!!!

Pernahkah teman-teman salah kaprah? Pernahkah teman-teman salah kiprah? Atau jangan-jangan saya sendiri sekarang salah kaprah dan atau salah kiprah dalam membuat postingan ini........Ahh EGP..... asal jangan salah masuk kamar mertua aja! (baca sidebar NYANTE AZA LAE di atas kanan dan baca juga lima kata dibawah postingan, he...he...).

Tiada gading yang tak retak ...

382 komentar:

  1. Wah salah kaprah nya jadi luas banget pengertiannya yaaa...

    Salah kaprah yang sering kualami adalah saat berurusan dengan bagian adinistrasi...akhirnya jadi sering di pimpong...atau memang sengaja di salah kaprah kan yaa..???

    BalasHapus
  2. iya, sering banget seperti itu.

    BalasHapus
  3. apa buktinya ya mereka udah berprestasi nurunin harga BBM, suksesin swasembada pangan Indonesia, bahkan sukses atas berkembangnya pertanian dari kader suatu parpol???

    BalasHapus
  4. ituh bahasa mana yah di sign nyah

    BalasHapus
  5. tiada gading yang tak retak....gag ada org yg perfect bro....begt juga soal politik dan aktor nya

    BalasHapus
  6. salah kaprah sudah membudaya pada bangsa ini, apalagi dalam penyebutan kata atau benda. tapi herannya kesalahan tu justru ada pada bahasa kita sendiri. Bahasa INdonesia... di daerahku juga, sering mengalami hal yang begini. Misal, untuk kata Kaban BKD, harusnya Kaban Kepegawaian Daerah... mubazir deh.. memang sudah dari sononya barangkali.. n sulit tuk merubahnya...

    BalasHapus
  7. ini juga faktor kebiasaan sepertinya, yang diwarisi turun temurun..
    heheheh

    BalasHapus
  8. hmmm saya sering ketemu model salah kaprah gt. emg sering bgd orang menyebut dokter dgn doktor, mgkn krn sdh terbiasa jd lama2 jd ga tau lg mana yg benar..

    BalasHapus
  9. lucu juga ya....tapi mungkin disana dianggap biasa, karena semuanya salah kaprah bgt. lam kenal ya, jgn lupa mampir ke blog ku

    BalasHapus
  10. Ckakakak..., saya lebih merhatiin gambarnya daripada isi artikel ini :)

    BalasHapus
  11. Pak DOKTOR yang membawahi MENTERI ...

    *kalau di daerah saya, Mantri Kesehatan dilafalkan sebagai MENTERI*

    BalasHapus
  12. Sebenarnya banyak pembodohan oleh elit politik
    Pertanian mana yg swasembada pangan didaerah mana???lucu kan, bahkan di daerah pulau Jawa ada padi yg kata pemerintah Varitas unggul taunya gagal panen masih ingat kan lae tahun yg lewat sekitar bulan Agustusan 2008 berita di Media, dikit dikit kata rakyat... rakyat yg mana... ihhhh sebel guaaaa

    BalasHapus
  13. banyak kesalahkaprahan yang dinikmati di negeri ini bos...
    nyate aza lae

    BalasHapus
  14. Aku dah pernah dua2nya bang :)

    Salah kaprah juga sekaligus salah Kiprah :)
    Ckckckck ..

    Salam :)

    BalasHapus
  15. Salah kaprah hal biasa terjadi di Negeri ini

    BalasHapus
  16. salah kaprah sih pernah ngalami, dan ketika sadar bahwa itu kekeliruan saya jadi pingin malu :)

    BalasHapus
  17. memang berucap janji semudah membalikan telapak tangan tp sulit bahkan pura-pura utk menepati janji jika sudah menikmati ambisinya...ya semoga pemilu ini masyarakat dpt memilih dengan hati

    BalasHapus
  18. Mang betul tw mas...kalo di padang mati listrik di bilang mati lampu,kalo motor di bilang honda...tw menjadi kebiasaan....asalkan tidak terlalu menyimpang hal tw termasuk kewajaran...

    BalasHapus
  19. yup. saya juga salah arah...eh, salah kaprah. tuh kan udah salah sebut nih.

    BalasHapus
  20. Itu caranya untuk menarik perhatian orang ramai..untuk membacanya...

    BalasHapus
  21. di tempat saya orang2 masih sering nyebut kendaraan bermotor (apapun merknya) dengan kata Honda...

    "Pinjem Hondanya !"... padahal motor saya Yamaha.

    BalasHapus
  22. lha mas sampean ini juga teliti hahaha kita ini terlahir di sebuah bangsa yang salah kaprh hingga kadang suka bingung memaknakan beberapa hal yang di maksud betul juga yah analisis sampean hahaha

    BalasHapus
  23. Fotonya kalo diterjemahkan jadinya "bersin-bersin pejalan kaki" gitu ya kang????

    *lenyap tiada tara*

    BalasHapus
  24. Kenaikan harga BBM, kebijakan salah kaprah

    BalasHapus
  25. mantaps editan nya...

    bisa kalah tuh pakar telematika..

    BalasHapus
  26. mari kita kagetkan para politikus partai itu lae...

    BalasHapus
  27. kalo soal salah kaprah itu kayaknya sudah jadi "budaya" kita!
    kalo ditempat saya itu kalo mau mambeli susu bubuk masyarakatnya bilang mau beli Dancaw!
    anah kan!

    BalasHapus
  28. Duh ...naik motor koq bawa balita! ndak takut kalo jatuh ?

    BalasHapus
  29. bener juga katamu Kur, setiap kesalahkaprahan, pasti akan membawa hal dan hil yang negative, contoh komplek pelacuran disebut komplek lokasisasi...

    Nanti kl ditanya mertua, mau kemana kamu khay, maka akan saya jawab, ke komplek lokalisasi pak.. *untungnya mertua saya tidak mengerti apa arti lokalisasi, andaikan dia tau, matilah awak*

    *effect mata merah kurang tidur, jd ngelantur gini*

    BalasHapus
  30. Cincha Laura' Mode On....hehe....

    BalasHapus
  31. 9 april ya ? waduuuh sedih eh gak bisa nyoblos. aku lupa lapor ke kedutaan.

    aku lupa eh apa istilahnya, menyebut nama barang dg merk. kayak softex (pdhl pembalut, pampers (diaper) eh diaper bhs indonesianya apa yak ? hihihi gak ada kayaknya ya. pembalut bayi ? LOL

    BalasHapus
  32. bah..bah...memang salah kaprah yach...

    BalasHapus
  33. iya itu salah kaprah
    kayak kalimat menanak nasi
    dah jadi nasi kok ditanak lagi
    kan seharusnya menanak beras untuk dijadikan nasi
    *mode bu guru=on*

    BalasHapus
  34. salah kaprah emang udh mendarahdaging disini bang...jd mo dikasitau jg tetep aja begitu lagi

    jadi nyante aza bang....hahahaha...

    BalasHapus
  35. salah kaprah memang sudah makin parah, sudah jelas masyarakat miskin dibilang masyarakat prasejahtera, harga naik dibilang penyesuaian harga, kata pasca (=dari bahasa sansekerta pastja) dibaca paska...
    tapi seperti motto abang tak ada gading yang tak retak..begitulah Indonesia
    salam

    BalasHapus
  36. ya begitulah di negeri tercinta ini bahasa Indonesia tidak bisa berlaku secara baik krn di pengaruhi bahasa daerah dan kebudayaannya yang ber aneka ragam.

    BalasHapus
  37. oooo..............
    saia pikir salah kaprah biasa
    pas dibaca ke tengah ...
    pas dibaca ke bawah ...
    analogi yang luar biasa bang
    *pura-puranya ngerti*

    BalasHapus
  38. hahaha, cincha laura gicuh lhok

    bener2 jadi salah kaprah ya mas ... :)

    BalasHapus
  39. 2009 tahun politik. menjelang kampanye, sdh ada perang urat syaraf antarcaleg dan antarelite parpol. gejala ini makin menunjukkan betapa politisi di negeri ini mulai kehilangan kearifan dan fatsun politik. saling klaim dan memberikan stigma kepada pihak lain sdh dianggap sbagai hal yang wajar.

    BalasHapus
  40. ya.. selalu kalah saprah....

    *dodol

    BalasHapus
  41. untuk salah kaprah yg iklan, spt Rinso, Pepsodent, sunsilk, dll..itu merupakan satu keberhasilan produk tsb (melalui iklan), untuk yang menjadi pertama, dan berhasil menanamkan di benak konsumennya nama produk mereka.

    hanya masyarakat kita ga mo pusing..
    beli air mineral..bilangnya : ada aqua ngga? padahal yg dikasih merek lain..

    kalo politisi kita salah kaprah..yahh udah biasa-lah itu..justru kalo mereka ga salah kaprah..berarti dunia udah mo kiamat..hahaha

    BalasHapus
  42. salah kaprah banyak di lakukan oleh wakil rakyat.uh seharusnya mewakili, eh malah salah kaprah saat di amanatkan.

    BalasHapus
  43. tergantung merk mana yang duluan beredar...wkwk

    BalasHapus
  44. ya, kalau mau beli air mineral bilanya beli aqua...

    BalasHapus
  45. rame juga blognya lae...
    dapat teman dari mana ?
    salam kenal.

    BalasHapus
  46. kinerja bobrok heheh :D tapi gak papa tetap semangat

    BalasHapus
  47. hehehe kalau sepda motor langsung honda.. padahal make yamaha.. :D

    BalasHapus
  48. casual cutie cuma mampir doank....

    BalasHapus
  49. Salah kaprah yang lain nih contohnya.
    Pada saat MC mempersilahkan seseorang untuk berbicara di podium, si MC berkata, "Kepada bapak X, waktu dan tempat kami persilahkan"

    Semestinya kan "kepada bapak X, kami persilahkan"

    BalasHapus
  50. Hahahaa jadi ingek juga salah kaprah "dikampung kami" dulu kalo nyebut sepeda motor itu "Honda" semua. Jadi bisa jadi orang naik honda.., honda yg mana? Itu.. honda "Suzuki" wakakaka...

    BalasHapus
  51. manusia tempatnya salah dan kaprah lae :)

    BalasHapus
  52. itu artinya proses marketing produk yg sering disebut salah kaprah berhasil 100%... hehe

    BalasHapus
  53. wahhhhhhhhh banyak yang ngena nih kalo gini

    BalasHapus
  54. saya setuju ama kucingkeren, salah kaprah itu salah satu bukti berhasilnya strategi pemasaran, karena berhasil menciptakan pelanggan yang setia, walaupun sudah memakai produk yang lain tetap aja nama pertama yang diingat.

    Kalau dihubungkan dengan politik dan pemilu yang akan datang, biar gak salah kaprah, mending milih figur calegnya aja bukan partainya.

    Ito, pertanyaannya udah saya jawab...diliat ya?

    BalasHapus
  55. salah kaparah? pernah kok!!!! ORANGE SQUASH itu salah kaprah bukan?

    janji politik???? DONT'CARE!!!!!! THEY STILL LYER!

    BalasHapus
  56. paling2 jg janji doank bos !!

    BalasHapus
  57. Hatchi-hatchi...kalo kelamaan bikin postingan baru, biza timbul zerawat kur... hehehehe

    BalasHapus
  58. di daerahku sana kalau lihat orang asing, pasti dibilang londo (org belanda maksudnya) walau pastinya bukan selalu dari sana

    BalasHapus
  59. haha! lae ini selalu membuat saya senyum-senyum pahit setiap membaca tulisannya. ringan dan kocak, namun selalu ada sentilan pedasnya.

    dalam menarik simpati rakyat, maka segala jurus pun digunakan, lae. jadi tak heran semua kredit dikaitkan dengan diri dan partainya. sayang seribu kali sayang, memang tak semua orang bisa membaca iklan seperti itu dengan bijak.

    BalasHapus
  60. Di Pekanbaru ada :
    Honda Suzuki, HOnda Yamaha, Honda Kawasaki, Honda Kanzen......

    BalasHapus
  61. bneer bener salah kaprah tapi kren juga
    byme

    BalasHapus
  62. Ane sering ke warung, beli softex bu hihik padahal yang dibeli merk lain. Salah kaprah

    BalasHapus
  63. Bang, itu rambu lalu lintas di negara mana?

    Keren banget... kayak bahasa gaulnya Cinta Laura hahaha...

    Apa kabar bang? Sudah lama saya tak main kemari, semakin mantap aja ya abang ini... ^_^

    BalasHapus
  64. hehehe... memang sih salah kaprah udah lumrah malah kadang2 orang juga gak sadar kalo itu salah

    BalasHapus
  65. jadi inget postinganku yang humor cinta laura di blog lama...ada macam2 rambu2 pake bahasanya cinta laura...

    BalasHapus
  66. "Ada parpol yang menyatakan bahwa mereka telah berprestasi menurunkan harga BBM, ada yang menyatakan berhasil sukses membawa Indonesia kepada swasembada pangan...dst"

    Parpol narsis...hehehe... kenapa gak bilang sekalian "semua orang Indonesia dikasih makan ma partai dia?"

    BalasHapus
  67. i am back again........
    kwkkwkww
    pa kabar bang???

    BalasHapus
  68. betul tiada gadis yang tak retak, cek sendiri

    BalasHapus
  69. met sore........maaf aq baru OL lagi so aq banyak tugas

    BalasHapus
  70. biasalah... politik
    salah kaprah
    klu bukan salah kaprah bukan politik namanya
    pissss!

    BalasHapus
  71. lebih baik ta berpolitik aja.,.,.

    BalasHapus
  72. maksud'y golput, boz...

    BalasHapus
  73. Salah kaprah memang nggak bisa dihindari.
    Ada yg membingungkan lagi, yaitu pemakaian "BEBAS"
    Kata bebas bisa bermakna boleh, semisal bebas bicara, bebas makan dll, sementara kata bebas bisa pula diartikan nggak boleh, semisal bebas becak, bebas banjir, bebas rokok.
    Knapa 1 kata bermakna ganda, bertentangan lagi!!!
    Kalau nggak bertentangan sich nggak apa2, semisal kata "ganjil" yg bis a berarti aneh, bisa pula tdk genap.
    Mbingungaken...

    BalasHapus
  74. Lagi Nyantae tak ada kopi Lae....
    Apa iye pagi ni dimulai dengan menghirup hangatnya kentut...hwa..ha..ha...

    BalasHapus
  75. Salam Maya Lae!

    Kurasa bener,
    Hobi kita salah kaprah.
    Humaniora kita ketinggian,
    Disiplin bangsa kerendahan.

    Beginilah jadinya,
    Apa boleh buat,
    Semua bulat-bulat.

    Salam Pikir Tiga!

    BalasHapus
  76. Sudah ketularan cintalaura sepertinya...:) hahaha

    BalasHapus
  77. Mas masyarakatIndonesia menyebut salah satu barang karena barang itu pertama kali ada di linkungan masyarakat.Contohnya orang beli aqua dikasih sama pedagang vit,karena air mineral yang ad dulu itu aqua

    BalasHapus
  78. I would recommend this useful information to anyone because it is really very important to know everyone those want to accumulate an eye on the bazaar trends as that all is done.

    BalasHapus
  79. Salah kaprah hal biasa yang terjadi

    BalasHapus
  80. Salah kaprah bisa berawal dari kebiasaan, maupun latah terhadap sesuatu, jadi semuanya dianggap serupa karena bentuknya memang serupa,,dan ini memang telah memasyarakat.

    BalasHapus
  81. ya semuanya karena sudah biasa jadi dianggap bisa sekalipun salah. tapi sudah tahu salah kok nggak diperbaiki juga ya :)

    BalasHapus
  82. Bahasa INdonesia... di daerahku juga, sering mengalami hal yang begini.

    BalasHapus
  83. Salam kenal sebelumnya blog anda bagus isinya dan bermanfaat bagi saya, jika ada waktu mainya ke blog saya dan tinggalkam komentar OK. Terimakasih

    BalasHapus
  84. Salam kenal sebelumnya, sungguh blog yang menarik.. Jika ada waktu berkunjung ya teman. Salam

    BalasHapus
  85. adat istiadat ato kebiasaan ya

    BalasHapus
  86. banyak salah kaprah yg memang sudah berkembang di masyarakat

    BalasHapus
  87. izin komen bang.....salam kenal aja

    BalasHapus
  88. yang ada sring di salah kaprah kan sama orang.. terutama sama atasan di kantor..

    BalasHapus
  89. Artikel yang sangat bagus nih..jarang2 ada blog seperti ini.saya akan jadi pembaca setia blog ini

    Bila ada waktu silahkan berkunjung ke www.4sharedbook.blogspot.com ya

    BalasHapus
  90. Its not the parking area where this car is parked. Its the walking area for the people.

    BalasHapus
  91. artikel yang sangat bagus nih...oh ya mohon dukungannya ya dalam kontes seo ini...makasih

    BalasHapus
  92. One stop place to find best yamaha portable generators with best price and offer more than 35% Off

    BalasHapus
  93. One stop place to find best high back booster car seat with best price and offer

    BalasHapus
  94. One stop place to find best badger basket changing table with best price and offer

    BalasHapus
  95. daerah saya dokternya dikit, susah jadinya

    BalasHapus
  96. sering ketemu model salah kaprah gt. emg sering bgd orang menyebut dokter dgn doktor.

    BalasHapus
  97. Saya malah tadi pagi salah kapal (terbang)... lantaran ngantuk, denger berita panggilan langsung aja masuk, padahal itu panggilan utk penumpang kapal (terbang) jurusan lain... untung ga keburu masuk ke kapal (terbang) yg salah...

    BalasHapus
  98. is speedily Links london Chainsapproaching and men across the earth will start stress out about it. links of london sweetie bracelet Choosing a Valentine's Gift can be somewhat grueling, friendship bracelets especially if she and you are entirely close and all you want to do is dash her sympathy during this unusual reason. links of london uk All you necessity is some planning, the little thoughts, and a whole lot of honey. links of london silver If you are mystified for an idea for the Valentines Day gift now then why not ponder a discount links of london section of .Links Of London Bracelet is the classic and thoughtful gift to believe, links of london bracelet sale however, this is regularly above people's budgets. When selecting cheap links of london bracelet Bracelet get something that she will like, attire and show off to her links. links of london bracelet uk If she never wears jewels then bountiful her a wristlet is a very discount links of london bracelets risky and inadvisable gift.

    BalasHapus
  99. Iya saya kemarin malah salah jalan, mau pulang ke rumah eh malah balik lagi jalan yang menuju ke kantor, untung segera ingat dan gak terlalu jauh.

    BalasHapus
  100. Terima kasih sudah mau berbagi dan posting yang bermanfaat.

    BalasHapus
  101. When UGG Classic Tall moment in Classic Tall Boots time Classic Tall uggs pertains find ugg 5815 expensive jewelry regarding UGG Cardy Mother you'll notice Cardy Boots engagement rings is among the actual
    Classic Tall uggs ideal presents you can actually produce your mother. You Cardy Ugg boots can find explanation Cardy uggs why folks should display his or her's mother's ugg 5819 with gifts. A birthday and mom's birthday are usually a couple of the extremely UGG Classic Short

    BalasHapus
  102. Its really a very informative article indeed. I have learn some very good points regarding traffic rules. Thanks for sharing such valuable stuff with us.

    BalasHapus
  103. Silver wedding bands pandora sale are an excellent pandora jewellery uk choice if you want pandora shop a ring that is affordable, long-lasting pandora 2010 and available in a number pandora jewelry of styles. If you are looking pandora earrings for a great selection of men's silver wedding discount pandora earrings rings in a variety of designs, then the best buy pandora earrings place to go is online. Most “brick and mortar” jewelers only pandora earrings uk sell wedding bands made from gold and platinum, but online jewelry stores pandora earrings silver recognize that their sales rely on customer demand. To find the perfect band for you, check the selection of silver wedding rings for men and compare prices online.

    BalasHapus
  104. bahasa yang menakjubkan dan terima kasih sudah berbagi,semoga bermanfaat dalam menjalani hidup agar tidak salah kaprah lagi.

    BalasHapus
  105. For instance a watering hole, moncler actively playing golf lingerie is definitely an gain within the vital supplies that you can check out before playing. moncler Boutique Moreover, golf apparel is literally more than purely essential because of fixture. moncler pas cher In general, but also the squad banner of his fashion statement. That may use them in and around for professional parties more than a amazing trouser to mean the beautyEven as a result of sport, people can continue to showcase most of the inspiration inside manner. moncler prix It's been for a while personally seen as well as the established about quite a few events along with activities. moncler soldes An ideal back into playing golf, football, cycling, and etc- clothing fashion could be as well as and fit you. moncler paris However golfs creation at present promises confusions and therefore bickering perhaps customers, golf dresses, most certainly was piece of their records. As all other physical activities, moncler polo the entire recognized past with golfs origins shows of which anyone what individual wishes the sport of golf is required to clothing specialised gowns. moncler veste One that can simply effectively reveal to in which -the poker player is without question from the well-to-do group.For sure, moncler doudoune that dress wear with play golf obtain just exactly strengthened the assumption that this sport was probably more particularly came up with towards successful folks. Golfing dresses can be utterly pricy. moncler homme Then again, when using the many models and also makers sprouting wherever, is just the game often as rspectable just as ahead of?Even though broad strategy towards playing may be attached with a great deal in the course of the country's the historical past, it is very rather unjust so that it will assess one thing outside of your dog's gown code.

    BalasHapus
  106. bener gan tak ada gading yang tak retak, semua orang pasti punya kesalahan

    BalasHapus
  107. masak orang indonesia nulis gitu aja seperti itu

    BalasHapus
  108. heheh saya juga sering salah kaprah tuh kawan

    BalasHapus
  109. Thank you for another essential article. Where else could anyone get that kind of information in such a complete way of writing? I have a presentation incoming week, and I am on the lookout for such information.. Diamond Blizz

    Kind Regard

    Juns

    Best to Download

    BalasHapus
  110. wah aga lucu juga tuh ceritannya salam kenal aja mas dari gua

    BalasHapus
  111. wahahaha ,,, ko bisa salah kaprah ya gan,,, hehe,,,

    BalasHapus
  112. I can't understand the post since it is in some strange language for me.

    BalasHapus
  113. salah kaprah ciri khas indonesia..

    BalasHapus
  114. salah kaprah kyk sistem pemerintahan indonesia, apa lagi hukumnya..

    BalasHapus
  115. sering banget, biasanya kalo kita ga kenal sama seseorang lebih sering salah kaprah karena gaya bicaranya tidak familiar

    BalasHapus
  116. udah baca,tapi blm nyambung-nyambung juga pengertiannya :D

    BalasHapus
  117. Thanks for sharing an interesting post would like to have an regular visit

    BalasHapus
  118. Took me time to read all the comments, but I really enjoyed the article. It proved to be Very helpful to me and I am sure to all the commenters here! It’s always nice when you can not only be informed, but also entertained! I’m sure you had fun writing this article.

    BalasHapus
  119. lucu sangat tuh gan... manstap manstap

    BalasHapus
  120. Salah itu biasa, dengan kesalahan itu kita belajar:)

    BalasHapus
  121. If you have google translate it will be more easy to read for all viewers

    BalasHapus
  122. Nice post thanks for sharing an informative article

    BalasHapus
  123. Took me time to read all the comments, but I really enjoyed the article.

    BalasHapus
  124. I’m sure you had fun writing this article.

    BalasHapus
  125. interesting post would like to have an regular visit

    BalasHapus
  126. sering banget, biasanya kalo kita ga kenal sama

    BalasHapus
  127. wah aga lucu juga tuh ceritannya salam kenal aja mas dari gua

    BalasHapus
  128. salah kaprah kyk sistem pemerintahan indonesia

    BalasHapus
  129. Thank you for another essential article. Where else could anyone get that kind of information

    BalasHapus
  130. Banyak juga salah kaprah, tetapi terkadang karena sudah menjadi kebiasaan agak sulit mengubahnya

    BalasHapus
  131. keren neh ceritanya,,api yg lebih keren rambu lalu lintas itu,,emang daerah mana tuh??

    BalasHapus
  132. oh iya lupa,,link mas sudah digubuk saya,,ditunggu balsannya ya,,,,

    BalasHapus
  133. wkwkkw.... itu rambu nya lucu banget tulisannya, ghaol gitu

    BalasHapus
  134. mas kurnia ini bisa-bisa saja......

    BalasHapus
  135. salah kaprah namun masyarkat banyak yg memakluminya

    BalasHapus
  136. Kadang yang salah kaprah menjadi sebuah kebenaran

    salam

    BalasHapus
  137. klu emg ada bgus bgt tuch...

    BalasHapus
  138. hahahah..itu rambu pejalan kakinya hasil editan ya??

    BalasHapus
  139. y spt itu negeri tetangga...
    haha

    BalasHapus
  140. memang budaya kita banyak yang menghalalkan salah kaprah, pak.

    BalasHapus
  141. salah kaprah = salah yang lazim di lakukan oleh orang.

    BalasHapus
  142. sepertinya hal itu sudah mendarah daging mas

    BalasHapus
  143. xiixiixi,
    yg duduk di bangku sekolahan aja salah mas, apalagi yg tdk

    BalasHapus
  144. wah hal ginian udh dari sononya, ga bs di ubah

    BalasHapus
  145. saya tdk tau harus blg apa

    BalasHapus
  146. membingungkan membahas salah kaprah ini

    BalasHapus
  147. sebaikny di perbaiki mulai dari anak2 kecil

    BalasHapus
  148. Untuk mengkampanyekan parpol, mereka memang memilih bahasa-bahasa yang kadang menggiurkan masyarakat, sebagai warga negara yang cerdas, tidak seharusnya kita langsung percaya dengan apa yang mereka katakan, pikirkan terlebih dahulu kebenarannya dan dampak dari sikap yang akan kita lakukan,,,,

    BalasHapus
  149. ko bisa salah kaprah begitu gan , makasih buat infonya, salam kenal aja gan

    BalasHapus
  150. memang benar juga tuh gan di kita sering banget salah kaprah ggan, di dalam pengucapan ,makasih gan buat infonya

    BalasHapus
  151. mumet aku lihat politikus...pokoke asal pinter ngomong kita bisa jadi politikus.....

    BalasHapus
  152. terkadang bisa terjadi seperti itu salah kaprah dan salah kiprah

    BalasHapus
  153. artikelnya berbobot banget shob terimakasih ats sharingnnya

    BalasHapus
  154. memang tuh gan di indonesia bahasa juga sudah salah kaprah gan , hehe
    makasih banyak buat infonya ,salam krnal aja gan

    BalasHapus
  155. setuju... namanya juga manusia..

    BalasHapus
  156. Salah kaprah mungkin masih bisa dimaklumi tapi kalau sudah salah prilaku ... makin kacau dunia persilatan

    BalasHapus
  157. I am impressed with this blog greatly and the posts are very informative as well as useful. Thanks brother for sharing.

    BalasHapus
  158. Really nice and informative post. Looking forward to this.

    BalasHapus
  159. parah ya salah kaprah itu..

    BalasHapus
  160. Good post!! Like to have an regular visit

    BalasHapus
  161. Great stuff thanks for sharing it

    BalasHapus
  162. thank you sob buat informasinya , salam kenal aja gan

    BalasHapus
  163. Very inspiring post.Enjoyed reading this post.Good work

    BalasHapus
  164. Interesting post.Keep on sharing ,looking forward to your next post.

    BalasHapus
  165. I am sure that many readers will also like your post. Full of new learnings to intake. Great job! Hope to read more coming from you.

    BalasHapus
  166. An Extraordinary collections of photos...your presentation looks good

    BalasHapus

Saya sangat berterima kasih bila teman berkunjung dan meninggalkan komentar. Yakinlah teman, saya "pasti" akan melakukan hal yang sama, karena hidup akan semakin indah, jika kita saling memberi dan menerima.