26 November 2008

Membeli Penipu !


Pada hari senin, 24 Nopember 2008 yang lalu, saya kebetulan mengikuti rapat dinas ke luar kota (makanya dq off bertamu ke rumah temen2..sorry yaahh n trims atas kunjungannya semua, eh..kunjungan semuanya). Acara dimulai pukul 15.00 WIB, sembari menunggu acara dimulai (karena kebetulan masih pagi, iseng-iseng saya menonton televisi). Ada berbagai macam acara yang ditampilkan oleh berbagai stasiun televisi, ada acara berita-berita, hiburan musik, talkshow sampai dengan acara “pengungkapan kasus”. Pada acara terakhir ini saya sangat tertarik, apalagi nama acara tersebut cukup “menjual dan menantang”…Membeli penipu!

Acara yang ditayangkan oleh stasiun TV swasta itu saya saksikan dengan seksama (tapi tidak dalam tempo yang sesingkat-singkatnya…he…kayak proklamasi aja)! Acara itu mengungkap kasus pengoplosan minyak goreng yang marak berlangsung di tanah air. Saya sangat salut dan memberikan apresiasi kepada Stasiun TV itu yang telah memberikan informasi kepada masyarakat tentang berbagai hal modus penipuan yang berlangsung di sekitar kita….

Tetapi setelah kira-kira setengah tayang, saya langsung terkejut, karena acara yang berdurasi kurang lebih 30 menit itu (dari pukul 08.00 WIB s/d 08.30 WIB), ternyata menurut saya SANGAT TIDAK MENDIDIK dan bukan hanya sekedar menginformasikan tindakan preventif kepada masyarakat/penonton…tapi justru acara yang MENGAJARKAN MASYARAKAT UNTUK MENJADI PENIPU.

Mengapa saya katakan demikian, karena sangat jelas dan terinci apa-apa saja bahan yang dibutuhkan untuk mengoplos minyak goreng curah yang bercampur dengan oli bekas dan (saya sensor kek film "anu" aja…ada 2 bahan lainnya) serta cara membuatnya secara detail dan rinci.

Untuk itu, saya mengajukan seperti PETISI…(macem hebat aja…, memangnya saya siapa?!)? kepada Stasiun TV itu untuk hendaknya menanyangkan acara yang benar-benar berkualitas, bukan justru menjadikan acara itu sebagai pembuka “inspirasi” bagi orang-orang untuk berbuat jahat. Bayangkan, apa yang terjadi kalau minyak goreng bekas, tambah oli bekas tambah ………..masuk ke dalam tubuh kita....! Sangat wajar kalau pada saat ini muncul berbagai penyakit “aneh-aneh” yang sesungguhnya disebabkan oleh ulah kita sendiri.

KPI…saya tunggu sikapmu, jangan hanya berani sama MAS TUKUL! Teman-teman gimana niy…masa’ kita biarin aja.....atau kita harus bersikap EGP…..?????

Tiada gading yang tak retak ...

81 komentar:

  1. ck..ck..ck...
    sangat tidak mndidik ya..??

    mestinya pihak KPI rus jeli dlm memonitoring dan mengevaluasi setiap tayangan di TV2 yg ada di indonesia.. biar kita g salah langkah dan salah mengartikan

    BalasHapus
  2. nah..itu dia media mainstream...yang seperti gak pake filter untuk menayangkan acaranya...mau nya gamblang...malah jadi gitu...

    lewat blog or media akternatif ini, mari kita lawan media mainsatream itu...

    BalasHapus
  3. Saya antara suka dan tidak thd acara ini, karena selain memang informatif bagi saya, tapi bahayanya; memberikan ide pencerahan bagi orang2 yg tidak bertanggung jawab untuk menirunya.

    BalasHapus
  4. wah baru tau,bro. abisnya jarang nonton tv. Setuju KPI jangan beraninya sama tukul. Mestinya tanpa pandang bulu

    BalasHapus
  5. sekali lagi, tv sbg hiburan paling merakyat dan murah seharusnya dapat menyajikan siaran yg edukatif dan inspirasi(positif) kpd publik.
    Bagaimana caranya? mmmmh...sudah saatnya bertindak, ayo!

    *ayo kemana? ..koq jadi provokatif gw? heuhe :)

    BalasHapus
  6. Anatara yang mana yang layak tayang dan tidak layang tayang memang harus lebih jelas. Semoga KPI bisa lebih bijaksana, termasuk stasiun tv dalam tayangannya.

    BalasHapus
  7. bener tw....dukungan dari kita sesama blogger sangat di harapkan banget....tambah rusak ne bangsa kalo semuanya penipu

    BalasHapus
  8. memang memilukan hati...tega bgt org2 itu berbuat itu...

    TVOne kurang bagus mengemas acaranya mereka ingin mengikutin suatu acara d televisi lain yg berani mengungkap kasus tapi acara itu memberikan jalan keluar kepada kita org awam untuk membedakannya...bayangkan klw kita saja yg org baek terpikir jahat apalagi org jahat...bisa2 mereka langsung melakukaknnya...


    iya aq setuju bila acara2 seperti itu bukan hnya byar pelaku buat meragakan dan membagi informasi tapi jg berani memasukan mereka k kantor polisi donk...


    hehehehehee...


    i love empat mata
    don't like tanda mata....

    mn badan sensor indonesia....
    katanya kerja keras....

    BalasHapus
  9. no koment masalah begituan karena itu semua hanya persaingan memenuhi perut semata..

    BalasHapus
  10. kalau mau lapor laporkan semua TV karena hampir setiap tv punya acara yang tidak mendidik, salam kenal mas.

    BalasHapus
  11. Acara Investigasi seperti ini sepertinya merupakan sesuatu yang sangat istimewa, karena tidak mudah buat mencari sumber yang mau buka kartu

    tapi kok pihak berwajib kagak bertindak ya? apa mereka kagak nonton?

    BalasHapus
  12. maksudnya bagus, untuk memberi edukasi, tapi malah kontraproduktif, bisa memicu yg lain untuk meniru,
    ayo dimulai kang petisi-nya, ane dukung dah

    BalasHapus
  13. Hehehe..
    Iya juga, Om..
    Sering kali acara seperti itu, mengungkapkan caranya secara terperinci sehingga ya toh sama saja tujuannya utk mengajarkan menipu bukannya utk membencinya..

    BalasHapus
  14. laporin ke kpi
    selain ngajuin keberatan sendiri ke stasiun tv tersebut

    BalasHapus
  15. Orang awam aja bisa tergoda, apalagi yang asli punya bakat nipu, pastinya seneng banget kerana dapat tutorial gratis...

    BalasHapus
  16. wuiii .. ngeri gitu ya ... minyak goreng dicampur oli bekas ... aduh ...kasihan rakyat yg nggak tahu :(

    BalasHapus
  17. waduh... aku indovisionku di jogja gak dapet TV one...hiks..

    BalasHapus
  18. Nah itu dia yang menuntut kedewasaan pemirsa TV di Indonesia, banyak banget acara2 yang sangat nggak penting dan tidak mendidik belakangan ini, jadi ya kita harus pilah pilih buat nonton acara2 tersebut, kalo dirasa kurang berguna bagi kita ya udah ganti channel aja, hehehe...btw sekarang kan kita bisa lapor ma KPI kalo ada acara2 yang gak bermutu? sampeyan udah lapor belom?

    BalasHapus
  19. coba kita liat lagi seberapa banyak tayangan tv yang berkualitas edukatif dan informatif jawabanya sangat kecil....tapi kalau kita lihat seberapa tayangan tv yang lebih banyak menampilkan kemarahan,kekerasan pembodohan,dendam,cinta-cintaan di usia dini,tidak seronok. jawabanya banyak sekali jadi mau maju gimana ini negara......

    BalasHapus
  20. Aku setuju banget!!Maksud baik stasiun TV itu supaya masy sadar n waspada malah bisa jd berubah ya...

    BalasHapus
  21. menurut teorinya...setiap kejahatan itu memang dipelajari... :D

    BalasHapus
  22. saya rasa kejadian seperti ini dah sering terjadi. toh tetep gak ada tindakan khan?

    BalasHapus
  23. Banyak acara, yang mungkin pihak penyiaran gak menyadari, bahwa yang ditayangkannya justru memberikan informasi bagaimana melakukan kejahatan dan kecurangan. Disatu sisi memang memberi tips kepada kita untuk waspada, disisi lain mengajarkan kepada mereka yg mau berbuat kecurangan

    Contoh lainnya, sapi yang dikasih minum air, daging babi/tikus yg dicampur dengan daging sapi

    BalasHapus
  24. Iya betul mas, emang kebanyakan justru televisi bukan jadi bahan pengalaman tapi jadi bahan referensi untuk tindak kejahatan

    BalasHapus
  25. selama ini saya juga masih mempertanyakan sikap komisi penyiaran indonesia terhadap tayangan2 TV yang miskin sentuhan nilai edukatifnya. tak hanya acara2 liputan atau talkshow. seniteron yang tak membumi pun masih banyak tertayang di TV. ini perlu mendpatkan perhatian serius dari kpi agar TV kita mampu menjadi media yang mencerahkan dan mencerdaskan.

    BalasHapus
  26. emang bermanfaat memberi info kepada kita, tapi jg memberi info kepada yang punya niat buruk

    BalasHapus
  27. kadang TV bikin resah warga juga.apalagi sinetron murahan yg banyak beredar.yg isinya berantem, kekerasan rumah tangga, pacaran anak SMP bahkan SD.huh...!

    BalasHapus
  28. "Mengapa saya katakan demikian, karena sangat jelas dan terinci apa-apa saja bahan yang dibutuhkan untuk mengoplos minyak goreng curah yang bercampur dengan oli bekas dan (saya sensor…ada 2 bahan lainnya) serta cara membuatnya secara detail dan rinci"...yg bener nih mas?? wah...hrs hati2 beli minyak goreng mulai skrg

    BalasHapus
  29. gmn cr bedain minyak goreng yg emang asli minyak goreng dgn minyak goreng campur oli bekas? baunya? warnanya?

    BalasHapus
  30. emg penonton di indonesia blm dewasa, mlh jadi inspirasi yg negatif...smg kita bisa memfilter..dan stasiun tipi lbh bijak lgi inget tnggung jawab media

    BalasHapus
  31. polisi televisi, sekarang sedang termanggu dg acara yg berbau pronografi mas.. jadi acara (yg sy ragukan jg kemurnian investigasinya) seperti itu lolos dari perhatiannya. Sebetulnya banyak sih yg tidak mendidik tp kesannya aktual dan gress.. kasus mutilasi atau bunuh diri anak contohnya bisa jadi 'pembelajaran' asyik buat mereka yg cenderung mencontoh dan gak punya pemikiran jauh (+cerdas maksudnya)... .. salam

    BalasHapus
  32. Disisi lain tidak mendidik karena takut nanti banyak yg niru...disisi lain memberi tahu masyarakat agar berhati2 ...

    BalasHapus
  33. Yah... denger2 tv One tuh punya BAKRIE yah, salam deh buat bakrie, hehehe salam kenal dari LAPINDO

    BalasHapus
  34. Semakin banyak orang pintar semakin banyak pula penipunya hihihihih
    salam kenal yah mas

    BalasHapus
  35. setuju tayangan detail spt itu sebenernya gak perlu soalnya bisa memberikan ide bagi orang lain utk melakukan hal yg sama. termasuk tayangan2 rekosntruksi tindak kriminil seharusnya ditampilkan sepotong saja, jgn keseluruhan krn bisa memancing orang melakukan hal yg sama

    BalasHapus
  36. iya bener juga...kebanyakan masyarakat qt khan terinsipirasi dari tanyangan TV.. jangankan yg disertain kandungannya semacam di TV One itu.. yg ga disertain aja, udah jadi semacam inspirasi..

    BalasHapus
  37. Wah tadi udah berkomentar panjang lebar kok ilanng he..he.., semoga per-TV-an Indonesia makin memperhatikan materi yang ditayangkan. Makasih Mas Ifoel

    BalasHapus
  38. bner bgt.. rata2 stasiun tlevisi yg mngungkap sbuah kjhtan publik sprti itu jstru mmbrikan 'tutorial'nya.. aneh memang...

    BalasHapus
  39. oli bekas ???? aduuuuh matilah tinggal di indonesia..ayam tiren, susu melamin, borax, dll dll. lama2x mayat manusia dibikin sate.

    eh udah dikirim belom petisinya ke tuh TV !?

    BalasHapus
  40. wah, memang televisi kadang juga dapat memjadi media belajar oleh sebah itu televisi harus menayangkan acara2 yang mendidik donk,,,

    BalasHapus
  41. Iya iya mas... termasuk acara rekontroksi mutilasi aza kadang di TV - TV juga dicontohkan dengan detail bagaimana cara memutilasi...sehingga para orang suhu pendek yang kalap dan membunuh akhirnya juga ikut ikutan... Emang Payah kok Mas...
    Enaknya di apakan mas para TV TV itu...

    BalasHapus
  42. semangat terus bwt ngritik mas

    BalasHapus
  43. saya sendiri kadang memang memperhatikan acara macam itu, namun lebih kepada untuk tau, ciri² sebuah produk yg palsu. Saya memang berharap informasi yg macam itu lebih menitikberatkan ke persoalan ciri² ini.

    kalau persoalan 'tutorial' pembuatan produk palsu mungkin memang membuka peluang untuk 'disalahartikan'. sepakat kalau tutorialnya itu dikurangi, atau ditampilkan sekilas saja.

    BalasHapus
  44. Kritik terus mas buat yang lebih baik :)

    BalasHapus
  45. Sayapun sempat berpikiran yang demikian. Ketika pengulas soal kasus penipuan dan pemalsuan, secara tidak langsung telah mengajarkan masyarakat untuk meniru, karena semua bahan disebutkan.... bagi yang merasa penipuan dan pemalsuan adalah kejahatan pasti tidak mempedulikan itu, tapi bagi yang ingin belajar menipu malah berbahagia.
    hmmm

    BalasHapus
  46. iya, setujuh Pak.
    Mereka2 yang sebelumnya gak tahu malah jadi tahu klo melihat penjelasan yang terperinci dalam memalsu produk.
    Akan lebih baik klo ulasan dititikberatkan pada ciri2 produk palsu dan membahayakan itu.

    BalasHapus
  47. halo, lam kenal ya. tks dah mampir. kok, buku tamu gak bisa diisi?

    BalasHapus
  48. Wah, tulisannya kurang lengkap, Mas...
    Coba kalau ada yang baca tulisan ini, dan membuat minyak goreng seperti yang tertulis dengan mencampur minyak goreng bekas dan oli bekas, karena warnanya justru tidak dapat kuning bersih akhirnya ditambah dengan detergent atau malah pemutih. Hehehehehe...
    Maksud acara seperti ini sebenarnya bagus, karena untuk mengungkap fakta juga perlu diberikan bukti-bukti nyata, batangkali ada yang akan mendemontrasikannya, tetapi tentunya tidak disarankan untuk membuatnya dalam jumlah banyak dan kemudian menjualnya secara massal.
    Ah, saya juga bingung mau bersikap bagaimana menghadapi tayangan-tayangan seperti itu... :)

    BalasHapus
  49. Tenang, mas tukul sudah kembali dengan BUKAN EMPAT MATA.. Judul yg sedikit aneh sih sebetulnya, heuheu..


    - s L i K e R s -

    BalasHapus
  50. anda benar, kalau ditayangkan komplit memang membuka "peluang" dalam tanda kutip dan itu berbahaya.. masih banyak contoh kasus penyiaran yg berbahaya lainnya..

    BalasHapus
  51. ayooo KPI

    rajin lah datang ke blog blog indonesia

    huehuehuehueuehueuhe

    BalasHapus
  52. setju mas, marilah secara bersama2 kita tuntaskan program acara yg menyesatrkan. Okay??

    BalasHapus
  53. itulah pertelevisian kita, hanya mengejar rating penonton dengan harapan akan menambah jumlah pengiklan di acara tsb tanpa memperhatikan efek samping buat para pemirsa.
    anyway tks lae udah infoin ttg ini, jadi nambah lg nih informasi secara saya agak males nonton TV ONE, karena saya lihat cuman acara talkshownya aja yg rame, yg lainnya kurang bermutu..hehehe..

    BalasHapus
  54. numpang mampir pak. Memang TV punya sisi positif dan negatif bang, itu tergantung orang yang mepersepsikannya

    BalasHapus
  55. baru tahu aku tuh.
    gimana sih caranya mengadili TiVi kita yang sering nggak mendidik [malah mendidik hal-hal yang tidak baik?]

    aku sudah masuk beberapa grup anti sinetron, dan sejenisnya, tapi kayaknya kurang efektif untuk menangkal siaran tivi yang gak karu-karuan

    btw kemarin gak datang pesta blogger ya?

    semoga tahun depan bisa datang dan bisa ketemuan di PB 2009

    Salam

    BalasHapus
  56. walah...bahaya banget ituh...
    emang serem deh sekarang kalo asal jajan sembarang.
    sapa tau emang dipasaran... minyak2 dah pd di oplos semua...hiiii ngeriiii

    BalasHapus
  57. Sebenarnya mungkin karena karakter masyarakat kita yang belum siap dan belum bisa menerima hal seperti itu, yang mana info-info demikian justru dimanfaatkan untuk "menggali ilmu untuk dipraktekkan" yang seharusnya gambaran tersebut sebenarnya perlu agar kita lebih berhati-hati.
    Maaf, bukannya memihak stasiun TV, tapi memang harus diakui juga bahwa tujuan stasiun TV mungkin baik, hanya saja dalam kondisi masyarakat kita yang masih banyak orang mencari ide untuk mendapatkan uang, sepertinya memang belum waktunya....

    BalasHapus
  58. bukankah acara2 investigasi selalu mengungkap secara detail ttg penyimpangan yang dilakukan oknum tak bertanggung jawab? lalu seharusnya gimana dunk?

    BalasHapus
  59. salam kenal Boss, semoga sukses selalu menyertai

    BalasHapus
  60. Gimana nih pemerintah... team investigasi pada tv swasta sepertinya "lebih pintar dan sigap "

    BalasHapus
  61. hohoho..namanya juga cari duit..anyway,ada tag dan award buat kamu di blog saya.diterima yah.Thx and have a great weekend!!

    BalasHapus
  62. Merindukan TVRI zaman dulu, semuanya aman tenang terkendali, baik-baik saja, adem, Aneka Ria Safari, si Unyil, Flash Gordon, Dunia Dalam Berita, Laporan khusus, Harmoko, Cepat tepat, Harmoko, Film cerita akhir pekan, Gita remaja, Harmoko, Harmoko lagi Ha...ha...ha...

    Salam hangat

    Popop

    BalasHapus
  63. mending ngeblog aja deh kalo gitu...

    BalasHapus
  64. assalamu'alikum/....

    ahk ketinggalan berita awaq bah..!!
    mantaf kali pun acaranya itu..sayang klai ga isa nonton...

    BalasHapus
  65. Memang repot juga cari yang mendidik di dunia ini.repot dech..

    BalasHapus
  66. benr mas... seperti misalnya info sup bayi di jepang tuh, minta disebarin biar gak da yg melakukan, tapi malah didalam info alias larangan itu sendiri malah disediain cara bikinnya apa itu bagus??
    mudah - mudahan kita semua lebih kritis dalam menerima informasi.

    BalasHapus
  67. lha ini...bukan hanya kasus itu saja, masih banyak acra penelusuran seperti acara tersebut yang kebablasan mas...., mari kita lawan dan lindungi konsumen, upz....kebablasan juga,hehhehe

    BalasHapus
  68. Mas, terima kasih ya atas kunjungannya ke blog saya.

    Senang banget dikunjungi sama orang terkenal kayak mas hehehe...

    Salam kenal...

    BalasHapus
  69. tuh nontonnya dimana lae??
    rasanya gw perlu dapet royalti deh...

    BalasHapus
  70. is speedily Links london Chainsapproaching and men across the earth will start stress out about it. links of london sweetie bracelet Choosing a Valentine's Gift can be somewhat grueling, friendship bracelets especially if she and you are entirely close and all you want to do is dash her sympathy during this unusual reason. links of london uk All you necessity is some planning, the little thoughts, and a whole lot of honey. links of london silver If you are mystified for an idea for the Valentines Day gift now then why not ponder a discount links of london section of .Links Of London Bracelet is the classic and thoughtful gift to believe, links of london bracelet sale however, this is regularly above people's budgets. When selecting cheap links of london bracelet Bracelet get something that she will like, attire and show off to her links. links of london bracelet uk If she never wears jewels then bountiful her a wristlet is a very discount links of london bracelets risky and inadvisable gift.

    BalasHapus
  71. When UGG Classic Tall moment in Classic Tall Boots time Classic Tall uggs pertains find ugg 5815 expensive jewelry regarding UGG Cardy Mother you'll notice Cardy Boots engagement rings is among the actual
    Classic Tall uggs ideal presents you can actually produce your mother. You Cardy Ugg boots can find explanation Cardy uggs why folks should display his or her's mother's ugg 5819 with gifts. A birthday and mom's birthday are usually a couple of the extremely UGG Classic Short

    BalasHapus
  72. Silver wedding bands pandora sale are an excellent pandora jewellery uk choice if you want pandora shop a ring that is affordable, long-lasting pandora 2010 and available in a number pandora jewelry of styles. If you are looking pandora earrings for a great selection of men's silver wedding discount pandora earrings rings in a variety of designs, then the best buy pandora earrings place to go is online. Most “brick and mortar” jewelers only pandora earrings uk sell wedding bands made from gold and platinum, but online jewelry stores pandora earrings silver recognize that their sales rely on customer demand. To find the perfect band for you, check the selection of silver wedding rings for men and compare prices online.

    BalasHapus
  73. I thank you for this stuff! I am so glad to find your interesting article.

    BalasHapus
  74. Artikelnya sangat jelas sekali dari kalimat " Membeli Penipu" sehingga mudah paham maksud dan tujuannya

    BalasHapus
  75. Bonus deposit 80% buat member baru sekarang hanya dari Goal88, ayo tunggu apalagi buat gabung

    Goal88 Agen taruhan bola terpercaya jujur membuka banyak kesempatan emas untuk kamu bermain dan menang!
    proses depo wd cepat, kemenangan tanpa batas, menang berapapun kami bayar!
    BB PIN 2BE863F5; Line Goal_88
    link alternatif kami:
    http://goal88s.com/
    http://goal88.com/
    http://goal88cash.com/

    BalasHapus

Saya sangat berterima kasih bila teman berkunjung dan meninggalkan komentar. Yakinlah teman, saya "pasti" akan melakukan hal yang sama, karena hidup akan semakin indah, jika kita saling memberi dan menerima.