28 Desember 2008

Nomor Sepatu?

Proses demokrasi di Indonesia saat ini ternyata sudah memasuki suatu babak baru yang lebih baik, yaitu dengan diterapkannya sistem proporsional terbuka murni dalam pemilu legislatif. Hal itu ditandai dengan dikabulkannya sebagian permohonan uji Undang-Undang Nomor 10 Tahun 2008 tentang Pemilihan Umum Anggota Dewan Perwakilan Rakyat, Dewan Perwakilan Daerah, dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (UU Pemilu) oleh Mahkamah Konstitusi (MK) RI pada hari Selasa, 23 Desember 2008.

Pasal 214 UU Pemilu yang heboh itu adalah :
a. calon terpilih anggota DPR, DPRD provinsi, dan DPRD kabupaten/kota ditetapkan berdasarkan calon yang memperoleh suara sekurang-kurangnya 30% (tiga puluh perseratus) dari Bilangan Pembagi Pemilih (BPP);
b. dalam hal calon yang memenuhi ketentuan huruf a jumlahnya lebih banyak daripada jumlah kursi yang diperoleh partai politik peserta pemilu, maka kursi diberikan kepada calon yang memiliki nomor urut lebih kecil di antara calon yang memenuhi ketentuan sekurang-kurangnya 30% (tiga puluh perseratus) dari BPP;
c. dalam hal terdapat dua calon atau lebih yang memenuhi ketentuan huruf a dengan perolehan suara yang sama, maka penentuan calon terpilih diberikan kepada calon yang memiliki nomor urut lebih kecil di antara calon yang memenuhi ketentuan sekurang-kurangnya 30% (tiga puluh perseratus) dari BPP, kecuali bagi calon yang memperoleh suara 100% (seratus perseratus) dari BPP;
d. dalam hal calon yang memenuhi ketentuan huruf a jumlahnya kurang dari jumlah kursi yang diperoleh partai politik peserta pemilu, maka kursi yang belum terbagi diberikan kepada calon berdasarkan nomor urut;
e. dalam hal tidak ada calon yang memperoleh suara sekurang-kurangnya 30% (tiga puluh perseratus) dari BPP, maka calon terpilih ditetapkan berdasarkan nomor urut;

Kita sesungguhnya patut bersyukur atas sikap Mahkamah Konstitusi (MK) yang “menganulir” pasal 214 ini, karena sudah sangat jelas hal ini sangat tidak demokratis dan tidak adil. Sangat jelas terlihat bagaimana "permainan” di tubuh suatu parpol. Caleg yang “dekat” dengan pimpinan parpol cenderung untuk memiliki “nomor pasti”, sementara caleg-caleg nomor "bush dilempar sepatu" yang lain harus berjuang ekstra keras untuk mencapai angka BPP, jika tidak tercapai, alhasil suara “tersedot” ke “nomor pasti” tadi. Caleg “tak pasti” lelah dan kalah, sementara caleg yang memiliki “nomor pasti” hanya tersenyum sumringah ibarat lintah yang kenyang setelah menghisap darah korbannya.

Wacana untuk menghempang sistem terbuka terbatas (sebelum dikabulkannya sebagian permohonan uji Undang-Undang Nomor 10 Tahun 2008) sesungguhnya sudah pernah dilakukan, yaitu oleh Partai Amanat Nasional (PAN), namun ditolak oleh fraksi-fraksi lain di DPR. Kondisi ini kemudian memaksa PAN untuk membuat kebijakan sistem proporsional terbuka murni secara intern (walaupun tidak dapat mempengaruhi ketentuan yang telah ditetapkan). Atas diberlakukannya kebijakan intern pada tubuh PAN, alhasil banyak juga partai-partai Politik yang latah dan mengikuti jejak petualang PAN.

Menurut MK, ketentuan Pasal 214 UU a quo adalah inkonstitusional, karena bertentangan dengan makna substantif kedaulatan rakyat sebagaimana telah diuraikan di atas dan dikualifisir bertentangan dengan prinsip keadilan sebagaimana diatur dalam Pasal 28D ayat (1) UUD 1945 dan jelas merupakan pelanggaran atas kedaulatan rakyat jika kehendak rakyat yang tergambar dari pilihan mereka tidak diindahkan dalam penetapan anggota legislatif. Dilihat dari dimensi keadilan dalam pembangunan politik, pada saat ini Indonesia telah menganut sistem pemilihan langsung untuk Presiden dan Wakil Presiden, DPD, Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah, sehingga menjadi adil pula jika pemilihan anggota DPR atau DPRD juga bersifat langsung memilih orang tanpa mengurangi hak-hak politik partai politik, sehingga setiap calon anggota legislatif dapat menjadi anggota legislatif pada semua tingkatan sesuai dengan perjuangan dan perolehan dukungan suara masing-masing. Selain itu, dasar filosofi dari setiap pemilihan atas orang untuk menentukan pemenang adalah berdasarkan suara terbanyak, maka penentuan calon terpilih harus pula didasarkan pada siapapun calon anggota legislatif yang mendapat suara terbanyak secara berurutan, dan bukan atas dasar nomor urut terkecil yang telah ditetapkan.

Untuk itu, bagi teman-teman yang ingin mengabdikan dirinya sebagai wakil rakyat, kami hanya bisa menghimbau dan memberi semangat ..... teruslah berjuang. Raih simpati dan berikan empati. Jangan racuni kami dengan "materi". Didik dan ajarilah kami, sehingga kami dapat berpolitik dengan cerdas dan santun. Tunjukkan program dan kegiatan yang benar-benar tepat dengan tetap menjunjung tinggi etika dan profesionalisme. Bawakanlah aspirasi kami, bukan hanya aspirasi "kendaraan roda empat" saudara, untuk menuju bangsa yang benar-benar "merdeka dan berdaulat". Kami gantungkan harapan kami kepada anda sekalian...wahai wakil rakyat...

Saya teringat dengan bait lagu mas Iwan Fals : Wakil rakyat kumpulan orang hebat, bukan kumpulan orang-orang dekat apalagi sanak famili.. Wakil rakyat dipilih bukan di lotere, meski kami tak kenal siapa saudara...

Adakah teman-teman yang ingin jadi wakil rakyat? Masih percayakah teman-teman dengan wakil rakyat? Mencontreng atawa golput???

Tiada gading yang tak retak...

111 komentar:

  1. wuah lirik lagunya salah kalo nggak salah...
    heheheh..

    BalasHapus
  2. di lain sisi, sistem ini menjadikan caleg berlomba2 umbar janji, juga umbar pyur-pyuran

    BalasHapus
  3. ngucapin dulu met tahun baruuuuu

    BalasHapus
  4. Wakil rakyat kumpulan orang hebat, bukan kumpulan orang-orang dekat apalagi sanak famili.. Wakil rakyat dipilih bukan di lotere, meski kami tak kenal siapa saudara...

    benar bang...
    Jadi jgn salah memilih Wakil Rakyat di Pemilu mendatang... STOP politisi busuk..!!!

    BalasHapus
  5. Met menyambut Tahun baru 2009..
    Semoga ke depan Indonesia bida lebih baik lagi.. Amin.....

    BalasHapus
  6. Kebanyakan obral janji doang,gak berpikir apakah kelak bisa memenuhi janjinya atau tidak.

    Semoga pemilu mendatang muncul caleg caleg yang lebih berkualitas

    BalasHapus
  7. utk pemilu kali ini kayaknya masih blm ada yg bisa dipercaya...

    BalasHapus
  8. Bang,temenku jadi caleg dinomor jadi...
    setelah terpilih..langsung ganti mobil, beli rumah baru, pergi haji n pake barang bermerk..semua dlm waktu belom sampe setahun...

    mbok pelan2 gitu..
    biar org nggak curiga....

    BalasHapus
  9. waduh,kalo saya malah gak tertarik jadi wakil rakyat. soalnya saya ini bukan tipe orang yang bisa merakyat. lagian saya juga punya hobi hidup berhura hura. kalo saya jadi wakil rakyat bisa bisa ekonomi negara tambah hancur binasa. he..he..

    BalasHapus
  10. sampai saya lupa bilang:link sudah saya idd. txs dah add duluan and sorry baru sempet ngelink..

    BalasHapus
  11. syukurlah kalau pasal2 yang mengebiri suara rakyat itu telah dianulir, mas kurnia. selama ini, uu pemilu tidak berpihak kepada rakyat sbg pemilih. sia2 mereka mmemilih kalau pada akhirnya dikadali para elite partai tertentu. akibat aturan yang ndak jelas, calon wakil rakyat yang semestinya bagus tapi lantaran tdk dekat df eliter partai tertentu, mereka bisa tersingkir. duh. mudah2an pemilu 2009 mampu memilih wakil rakyat yang bener2 hebat.

    BalasHapus
  12. Soal politik ya lae wah kayaknya ribet banget ya btw Met Tahun Baru 2009 lae

    BalasHapus
  13. sejujurnya sih aku gak percaya ama wakil rakyat. meski awalnya jujur and bersih, kalo udah diatas, pasti terkontaminasi. kalo gak mau ikutan, bakalan dikucilkan

    BalasHapus
  14. Efek dari keputusan MK itu, ya makin populer si caleg maka makin besar peluangnya. Jadi, kejarlah popularitas!
    Saya sendiri masih menimbang-nimbang untuk golput ato tidak, hehe

    BalasHapus
  15. sebuah dilema bagi bangsa indonesia dalam menentukan wakil rakyatnya

    BalasHapus
  16. salam kenal
    wah wah komplit ngeshoot para anggota wakil rakyat hingga acara tv ya dan kami ucapkan met tahun baru semoga lebih baik

    BalasHapus
  17. Bang saya numpang belajar ngelmu demokrasi yah.. puyeng palaku di cekokin ngelmunya suwung mas Soewoeng terus ekekekek.
    (woeng pis ya... he..he)

    BalasHapus
  18. Kita semua berdoa untuk masa depan Indonesia yang lebih demikian juga dgn SDMnya....Selamat tahun baru ya mas!

    BalasHapus
  19. bisa jadi referensi nih saat ada tugas kewarganegaraan.. hehehe.. thanks yah dah mampir di blogKu... jgn bosan2 yah

    BalasHapus
  20. Om... saya bingung milih wakil rakyat, hampir tidak ada perbedaan dalam visi dan misi serta platform yang diusung. Khususnya bagi partai-partai besar.

    Yang lebih pusing adalah penjualan aset-aset negara yang terus berlanjut dan membahayakan bagi kemandirian ekonomi. Dengan menjual aset negara, pemerintah telah membiarkan pihak luar mengontrol Indonesia.

    Gimana ini ya, Om...

    BalasHapus
  21. Kok bnyak yng pengen jadi wakil rakyat?? terus KETUA rakyatnya sapa?? hehhehe.. maav Om otak sy ga nyampe kalo masalah ginian.. met malam y OM, sukses selalu

    BalasHapus
  22. Apa yang patut saya katakan pak,?

    memang beginilah kondisi perkembangan demokrasi bagaikan foto yang dipoles walaupun pada dasarnya baik, namun bisa jadi dikarenakan mesin printing warnanya nggak berkualitas, hasil foto cetakan pun nggak baik, semoga hasil printing sistem demokrasi yang semakin lama semakin bertambah rumit walaupun lebih terperinci ini dapat menghasilkan para wakil rakyat hingga orang nomor satu di negara indonesia tercinta, yang benar benar bermutu.

    Salam Ogek Dedy

    BalasHapus
  23. Raih simpati dan berikan empati. Jangan racuni kami dengan "materi".
    Kalimat yang bernas.

    BalasHapus
  24. kasian kan kalo caleg banyak mendulang suara tapi ngak di nomor jadi?

    BalasHapus
  25. wahh abstein deyh...politik siyh hehehehee

    BalasHapus
  26. Saya malah belum punya nomor urut Mas...

    BalasHapus
  27. himbauannya pas banget tuh, ito.
    siapa pun wakil rakyat nantinya, hendaknya memang bisa mewakili aspirasi rakyat, bukan malah sibuk cari cara buat ngembalikan modal kampanye.
    mudah-mudahan sistem yang baru bisa membawa suasana demokrasi yang lebih baik di negara kita.

    BalasHapus
  28. Pada dasarnya saya nggak suka politik, mungkin sedikit muak..dan apa yang dikatakan oleh Elly.S memang benar, perubahan gaya hidup terjadi dalam hitungan hari setelah terpilih. Tetapi beberapa orang teman yang duduk sebagai "anggota Dewan Yang Terhormat" itu masih ada yang terus memegang komitmen memperjuangkan kepentingan masyarakat (walaupun gaya hidup tetap berubah..)

    Mudah-mudahan himbauan Ito bisa didengar oleh para Caleg. Dan jangan sampai kejadiannya begini :

    Darimana datangnya lintah, dari sawah turun ke kali
    Rakyat lapar hidupnya susah, lintah kenyang tak perduli.

    BalasHapus
  29. semoga gaji saya (rakyat) lebih gede dari pada orang yg mewakili (anggota dewan)saya.

    BalasHapus
  30. saya tahu nomer sepatu wartawan yang nglempar sepatunya ke muka Bush saat konferensi pers di Bghdad Kang. Nomernya 10....hehehe
    (gak nyambung yah...)

    BalasHapus
  31. saya semakin yakin atas 'pilihan' saya sendiri yaitu golput.

    BalasHapus
  32. Setuju bang...

    Mudah-mudahan wakil rakyat ke depan makin bagus. Saya masih optimis kok... :)

    BalasHapus
  33. nggak pengin jadi wakil rakyat

    happy new year ya !

    BalasHapus
  34. Temen saya ada yg jadi caleg, karena dia perempuan, hehehe... untuk memenuhi kuota itu loh.. Saya kenal pribadinya, dan saya akan memilih dia, justru karena kenal maka saya mau pilih, hehehee...

    BalasHapus
  35. zie kira abang posting ttg nomor sepatu eh ternyata stlh zie baca ternyata tentang parpol...semoga parpol bisa meluruskan niatnya dalam kancah politik negeri ini bahwa mereka mengemban amanat rakyat dengan sebaik2nya bukan ambisi kekuasaan semata

    BalasHapus
  36. Setuju. Memang seharusnya begitu, jadi setiap caleg punya pelung yang sama. Kalo dulu, mereka yg no urut 1 ongkang2 kaki aja krn gimanapun klo ada suara pasti jatuhnya ke dia. Saudara saya pernah merasakan ini, sdh capek2 kampanye utk ikutan caleg (pdhl dia no kesekian...) toh gak mungkinlah dia akan terpilih krn jumlah suara akan dihitung utk caleg no urut 1.

    Yah saya kayaknya belum tertarik utk jadi caleg dengan kondisi kayak gini. Entah kalo Indonesia sdh jd lbh baik.

    BalasHapus
  37. Mari kita ikut menyukseskan Pemilu 2009 dengan memilih, karena walau kita golput, pemenang pemilu tetap berkuasa...

    Cheers, frizzy2008.

    BalasHapus
  38. selamat tahun baru, semoga sukses selalu

    BalasHapus
  39. Aku ngasih komen nomor sepatu yach..kendati terakhir tapi jadi pelengkap nomor sepatu di postingan ini.

    BalasHapus
  40. selamat taun baruuuuu.......

    BalasHapus
  41. iya iya iya...boleh juga kok kalo mau ikut ikutan diam,he..he..

    BalasHapus
  42. hehehe...sy jg caleg??? wah...apa jadinya ya kalo inforesep jd caleg??

    BalasHapus
  43. semoga bangsa ini lebih baik lagi di tahun 2009

    BalasHapus
  44. Selamat tahun baru 2009 pak, semoga tahun ini hidup kita bisa semakin lebih baik dan bermanfaat bagi saudara, keluarga, sahabat, dan orang lain di sekitar kita.

    Anggota dewan masih adakah yang benar-benar peduli dengan rakyat? Atau sebetulnya mereka sudah peduli namun tidak memiliki kemampuan untuk mengorganized negeri ini, coba seandainya si lae dan saya yang menjadi anggota dewan ... bayangkan coba

    BalasHapus
  45. menurut saya golput bukanlah pilihan

    kita juga mesti nentuin perjalanan bangsa ini ke depannya

    BalasHapus
  46. mau tanya pak, koleksi nomor sepatu anggota dewan udah banyak hehehe ....

    BalasHapus
  47. Cuman maw ngucapin met taon Baru OM.. Sowry baru sempat jalan2.. Semoga makin sukses OM di tahun yang baru ini..

    BalasHapus
  48. numpang tanya nomor sepatunya berapa, lae?

    BalasHapus
  49. No sepatu saya ada yang unik

    yang kiri 35
    yang kanan 36

    paket yang begini aja, nyarinya setengah mampus


    heheh (ga nyambung)

    BalasHapus
  50. aku dapet bagian sepatu nih lae....mau tanya kalo punya lae nomer brapa yah?...(hayyah gag nyambung yaks)

    BalasHapus
  51. sayang sekali harapan rakyat masih jauh dari kenyatan, karena caleg saat ini banyak yg direkrut dengan bckground " pengangguran intelektual". orang nganggur pasti yg diutamakan ya duit tow?

    BalasHapus
  52. Kalau boleh berandai-andai saya lebih senang kalau tidak ada pemilu, tidak ada partai, tidak ada caleg. Cukup rakyat langsung memilih presiden (Raja?).

    Sederhana,mudah, dan sang Presiden dapat bekerja maksimal tanpa tekanan DPR. Jadi kalau perlu sebuah kebijakan penting dan mendesak tidak perlu minta restu DPR yang notabene anggotanya lebih banyak memikirkan partai sendiri daripada rakyat.

    jangan takut sang presiden macam-macam, kan masa jabatannya 5 tahun (atau diperpendek jadi 4 tahun saja). Kalau macam-macam yah, jangan dipilih lagi.

    BalasHapus
  53. nggak ada yang baru yah...tumben..hehheheheeh!

    BalasHapus
  54. pilihan yang sulit lae...
    golput : berarti kita tidak menggunakan hak politik kita sebagai warga negara yang baik
    mencontreng : kita sudah bosan dikecewakan untuk kesekian kalinya...kalo boleh mengambil sebait lagu "Wonder Woman"-mulan jameela "kamu tipu aku lagi, mungkin sudha yang ke 1000 kali..." hehehehe...

    ya udah, selamat tahun baru aja deh, semoga di tahun kebo ini banyak membawa perubahan buat kita semua, yang pasti tambah sukses..

    salam,

    bonar

    BalasHapus
  55. wakil rakyat...seharusnya merakyat...

    hm, kata "pemerintah" mungkin perlu kita ganti dengan istilah baru "pengelola"

    agar mereka yang di sana tak semena-mena hanya perintah2 saja..

    BalasHapus
  56. Memang menyedihkan kalo mendengar berita tentang wakil2 rakyat kita. Mereka sebagian hanya mementingkan kepentingan golongan.

    Apalagi kalo inget kasus2 wakil rakyat yang terlibat acara esek-esek dan korupsi. Huh....

    Baru bisa mampir lagi nih, abis ganti kulit.

    BalasHapus
  57. mantaf infonya...hepi nu year!!

    BalasHapus
  58. Saya sih gak mau ah jadi wakil rakyat, lebih baik yang lain aja, hehe.. met taun baru ya pak btw :)

    BalasHapus
  59. kaluk anggota dewan yang perempuan pasti pake sepatu high heels

    BalasHapus
  60. Ada ganjalan sedikit dipikiran awak, awak coba dulu ilustrasikan pemikiran bodoh awak nih dengan contoh berikut:
    "disuatu daerah diadakan pemilu legislatif, yang diikuti oleh 23 parpol. Salah satu caleg merupakan tokoh masyarakat yang sangat dihormati dan disegani seluruh masyarakat daerah tersebut. ketika dilakukan pemilihan seluruh suara pemilih 100% kepada tokoh terkenal ini, tidak ada yang memilih caleg lainnya.
    PERTANYAAN:
    Bagaimana mengisi kekurangan personil yang akan duduk di legislatif daerah, sementara anggota DPRD yang disyaratkan dalam UU sebanyak 20 orang, sedangkan suara bulat diberikan kepada 1 orang???
    Adakah yang bisa bantu???

    BalasHapus
  61. dan tampaknya hanya partai banteng ketaton yang gak puas dengan keputusan MK. ada apa dengan topik remas? lho?
    :D

    BalasHapus
  62. saya partai guram saja, bingung mau milih siapa. nanti kalau milih malah nyesel wah si itu sudah saya pilih kok sekarang malah kayak gini ya..

    BalasHapus
  63. sepertinya barusan ada yg update. nyampe sini kok masih lom terupdate ya?

    BalasHapus
  64. Wakil rakyat.. Berharap mengubah malah diROBAH, he,,h

    Salam kenal: Laston Nainggolan

    BalasHapus
  65. waduh.. pusing mikirin pemilu paling cuma janji2 doang Pusing !!

    BalasHapus
  66. When UGG Classic Tall moment in Classic Tall Boots time Classic Tall uggs pertains find ugg 5815 expensive jewelry regarding UGG Cardy Mother you'll notice Cardy Boots engagement rings is among the actual
    Classic Tall uggs ideal presents you can actually produce your mother. You Cardy Ugg boots can find explanation Cardy uggs why folks should display his or her's mother's ugg 5819 with gifts. A birthday and mom's birthday are usually a couple of the extremely UGG Classic Short

    BalasHapus
  67. Silver wedding bands pandora sale are an excellent pandora jewellery uk choice if you want pandora shop a ring that is affordable, long-lasting pandora 2010 and available in a number pandora jewelry of styles. If you are looking pandora earrings for a great selection of men's silver wedding discount pandora earrings rings in a variety of designs, then the best buy pandora earrings place to go is online. Most “brick and mortar” jewelers only pandora earrings uk sell wedding bands made from gold and platinum, but online jewelry stores pandora earrings silver recognize that their sales rely on customer demand. To find the perfect band for you, check the selection of silver wedding rings for men and compare prices online.

    BalasHapus
  68. Wakil rakyat sih banyak yang ngecewain. Paling jijay kalau mereka sudah ngomong pake dalil "demi rakyat" rakyat yang mana? =_="

    BalasHapus
  69. Hehehehe....demokrasi dari mana. Yang punya power pasti menang. Setelah reformasi terlalu banyak orang pintar ngomong ribut-ribut di TV

    BalasHapus
  70. Sekarang banyak sekali orang yang obok-obok masayrakat untuk kepentingan politik

    BalasHapus
  71. Pasalnya panjang2 ya lae. Ditunggu blogwalkingnya di Berita Informasi Komputer dan Download Lagu Terbaru serta yang satu ini Dicoba. Semoga membantu...

    BalasHapus
  72. The you have is very useful. The sites you have referred was good. Thanks for sharing...
    dewasbobet.com

    BalasHapus
  73. I really appreciate the kind of topics post here. Thanks for sharing us a great information that is actually helpful. Good day!
    dewasbobet

    BalasHapus
  74. This is a very good post. Just wonderful. Truly, I am amazed at what informative things you've told us today
    vegas88.asia

    BalasHapus
  75. This is a very good post. Just wonderful. Truly, I am amazed at what informative things you've told us today. Thanks a million for that.
    downloadfilmbugilbokep.com

    BalasHapus
  76. Thanks for taking the time to discuss this, I feel about it and love learning more on this topic. If possible, as you gain expertise, would you mind updating your blog with more information? It is extremely helpful for me.
    agenvip188.com

    BalasHapus
  77. I really enjoy simply reading all of your weblogs. Simply wanted to inform you that you have people like me who appreciate your work. Definitely a great post taruhan88.com

    BalasHapus
  78. Definitely a great post. Hats off to you! The information that you have provided is very helpful.
    dewa-sbobet.com

    BalasHapus
  79. I’m completely enjoying as of it and that I have you ever bookmarked to ascertain out new stuff you'll post.. Can you also check
    npselalu.com

    BalasHapus

  80. Really its a good news.This site has lots of advantage. I found many interesting things from this site. I like it very much. Its so interesting.I want to sharing this topic with some of my close friends. So thanks this post. nagapoker.biz

    BalasHapus
  81. I visited lot of site and read lot of article. I am really happy for this post in this site. So i always want to concentrate in this site about different article.
    dewapoker.net

    BalasHapus
  82. So informative things are provided here, I really happy to read this post, I was just imagine about it and you provided me the correct information I really bookmark it, for further reading, So thanks for sharing the information.
    nagatogel.com

    BalasHapus
  83. Thank you very much for posting this article. Its a very useful article. We will be acquire lot of things from this site.So i want some information about this post.
    dewatogel.com

    BalasHapus
  84. must say that overall I am really impressed with this blog. It is easy to see that you are passionate about your writing. If only I had your writing ability I look forward to more updates and will be returning. redando.com

    BalasHapus
  85. This is a nice and informative, containing all information and also has a great impact on the new technology. Thanks for sharing it
    bolaskor.com

    BalasHapus
  86. Artikelnya sangat jelas sekali sehingga kita tau apa maksud dari kata NOMER SEPATU. Terima kasih dan salam sukses

    BalasHapus
  87. Bonus deposit 80% buat member baru sekarang hanya dari Goal88, ayo tunggu apalagi buat gabung

    Goal88 Agen taruhan bola terpercaya jujur membuka banyak kesempatan emas untuk kamu bermain dan menang!
    proses depo wd cepat, kemenangan tanpa batas, menang berapapun kami bayar!
    BB PIN 2BE863F5; Line Goal_88
    link alternatif kami:
    http://goal88s.com/
    http://goal88.com/
    http://goal88cash.com/

    BalasHapus
  88. Promoin Goal88 ke teman-temanmu, bisa dapet 1jt, Mau? Kapan lagi main dan cuap-cuap dapat 1jt!

    Goal88 Agen taruhan bola terpercaya, jujur, aman menang berapapun kami bayar!
    proses depo wd cepat
    BB PIN 2BE863F5; Line Goal_88
    link alternatif kami:
    http://goal88s.com/
    http://goal88.com/
    http://goal88cash.com/
    dapatkan penawaran menarik lainnya sekarang juga

    BalasHapus

Saya sangat berterima kasih bila teman berkunjung dan meninggalkan komentar. Yakinlah teman, saya "pasti" akan melakukan hal yang sama, karena hidup akan semakin indah, jika kita saling memberi dan menerima.