14 Mei 2008

Che Guevara ( Ernesto Guevara Lynch de la Serna )

Ernesto Guevara Lynch de La Serna, adalah salah seorang Pemimpin Gerilya Cuba yang lahir di Rosario, Argentina 14 Juni 1928 (menurut beberapa info sebenarnya ia lahir tgl 14 Mei) dan meninggal di hadapan juru tembak tentara Bolivia pada tanggal 09 Oktober 1967.

Ditinjau dari sisi fisik, sebetulnya ia mengidap penyakit asma, namun berkat semangat yang terus menyala, apalagi sejak ia banyak mempelajari beberapa literatur tentang Karl Marx, Engels dan Sigmund Freud, darah politiknya terus mengalir hingga ia bergabung dengan pengikut Castro.

Che pernah berkata "Tidaklah penting menunggu sampai kondisi yang memungkinkan sebuah revolusi terwujud sebab fokus instruksional dapat mewujudkannya dan Manusia dapat sungguh mencapai tingkat kemanusiaan yang sempurna ketika berproduksi tanpa dipaksa oleh kebutuhan fisiknya sehingga ia harus menjual dirinya sebagai barang dagangan".

Semasa hidupnya, ia dikenang karena keganasannya (bahkan dengan dingin menembak mati anggotanya yang ceroboh), namun penampilannya juga romantis. Sikapnya yang tak kenal kompromi dan penolakan atas penghormatan berlebihan atas semua reformasi murni dan pengabdiannya untuk kekejaman merupakan suatu perpaduan pribadi yang unik !!!

15 komentar:

  1. seorang revolusioner cenderung mempunyai pribadi yg susah ditebak. kemampuan memimpin sebuah pergerakan/ organisasi senantiasa diawali oleh ambisi (pengalaman) pribadi. bukan pengaruh yang sifatnya politis, walau akhirnya byk yang terpengaruh. sifat2 ekstrim yg dimiliki biasanya justeru membuatnya menjadi disegani bahkan ditakuti. bahkan tidak sedikit yang menganut dan atau mengkultuskan sosok demikian. do you have any referenc about bob marley?

    BalasHapus
  2. Lihat perjuangannya...lihat kecintaannya pada negara...Ktika orang diluar kita mengidolakan s'orang CHe GueVaRa, Knapa justru kita di Negeri ini justru mengabaikan para Pahlawan Nasional Kita..???? Yang ada justru gugatan demi gugatan yang ditujukan untuk keorisinilitasan dan eksistensi para pahlawan nasional kita....

    BalasHapus
  3. MMg bnr apa yg bung cesare n ipunk sampein, tp qta hrs ttp bs mengambil dan mengadopsi sisi + dr sang pemimpin, btp cintanya yg bersangkutan thdp bangsanya...dan mmg dilakukan dgn cara yg revolusioner...tegurlah dengan hati, tegurlah dengan ucapan dan tegurlah dengan Perbuatan !!!! 4 request bung cesare ttg om Bob ntar ta' cb usahain ya, but g janji he..he... trims

    BalasHapus
  4. SIAPA tak kenal dengan tokoh revolusioner asal Argentina ini?

    kaus dengan foto Guevara amat mudah ditemui di lapak-lapak Blok M atau kawasan Senen.

    hahahaha

    BalasHapus
  5. bro, koq nggak bisa di download toh? filenya dah didelete. re-upload dunk

    BalasHapus
  6. Terima kasih telah berbagi informasi, informasinya sangat bermanfaat sekali dan dapat menambah pengetahuan

    BalasHapus

Saya sangat berterima kasih bila teman berkunjung dan meninggalkan komentar. Yakinlah teman, saya "pasti" akan melakukan hal yang sama, karena hidup akan semakin indah, jika kita saling memberi dan menerima.