04 Februari 2009

Barter

Dijaman dahulu, di saat manusia belum mengenal fungsi uang, manusia menggunakan sistem barter atau sistem pertukaran antara barang atau jasa dengan barang atau jasa lainnya. Akibat sulitnya untuk menemukan kesamaan keinginan dalam pertukaran barang dengan sistem barter, maka dipergunakanlah uang sebagai alat pembayaran yang sah dan diterima dengan suka rela.

Kesulitan yang dialami oleh manusia dalam barter adalah kesulitan mempertemukan orang-orang yang saling membutuhkan dalam waktu bersamaan. Kesulitan itu telah mendorong manusia untuk menciptakan kemudahan dalam hal pertukaran, dengan menetapkan benda-benda tertentu sebagai alat tukar. Sampai sekarang barter masih dipergunakan pada saat terjadi krisis ekonomi di mana nilai mata uang mengalami devaluasi akibat hiperinflasi.

(lagi-lagi) Di negara kita barter bukan hanya digunakan pada saat devaluasi semata, namun juga banyak digunakan oleh oknum-oknum aparat yang mengambil kesempatan dalam kesempitan.

Contoh kasus yang jelas adalah terlihat pada beberapa kasus kecelakaan transportasi. Sebagaimana diungkap oleh Menteri Perhubungan RI pada Majalah Tempo edisi 19-25 Januari 2009 pasca tenggelamnya kapal Van Der Wijk Teratai Prima di kawasan perairan "Segitiga Bermuda Indonesia" Masalembo yaitu sedikitnya ada 103 nama yang dilaporkan ke posko Pare-pare tapi tidak tercatat dalam manifes. Dari 35 korban selamat juga hanya ada 14 nama yang terdaftar di manifes, selain itu peralatan keselamatan kapal juga sangat tidak memadai.

Belum lagi dengan kejadian-kejadian lain seperti pesawat terbang Boeing 737-200 dari Maskapai Mandala Airlines yang jatuh dan terbakar di sekitar bandara Polonia tahun 2005 yang lalu yang menewaskan sekitar 143 orang diantaranya Gubernur Sumut (Tengku Rizal Nurdin) dan mantan Gubernur Sumut periode sebelumnya (Raja Inal Siregar) yang ternyata "mungkin" disebabkan kelebihan muatan, sehingga pesawat kehilangan daya angkut, dan setelah diperiksa, ternyata muatan yang berlebih itu ternyata adalah buah durian!

Nah, beberapa alasan penyebab kecelakaan seperti contoh kasus diatas merupakan alasan yang sangat tidak masuk di akal. Pihak yang menangani traffic rank transportasi seperti Administrasi Pelabuhan, Dinas Perhubungan (LLAJ), PT KAI dan lain-lain yang sesungguhnya pihak yang paling bertanggung jawab terhadap "pelanggaran-pelanggaran" itu. Mengapa bisa terdapat kelebihan penumpang? Mengapa kendaraan yang sesungguhnya tidak laik masih diperkenankan untuk beroperasi? Dan lain-lain....Kan mereka punya kewenangan untuk itu semua!

Jawabannya tiada lain tiada bukan adalah berlangsungnya proses rent seeking, yaitu adanya oknum-oknum yang "mengeruk keuntungan" dari kejadian ini. Dengan kata lain, oknum petugas sudah jelas-jelas melakukan proses barter masa kini yaitu barter antara uang masuk dengan nyawa.

Seharusnya, melalui Institusi terkait seperti Departemen Perhubungan ataupun Kementerian Negara BUMN harus menindak tegas oknum-oknum yang mencoba "main empat mata", serta meningkatkan pengawasan internal sehingga tidak menjadi preseden buruk di masa yang akan datang.

Kita seakan cenderung berprinsip seperti keledai, dengan rela dan bangga jatuh dua kali di lubang yang sama. Padahal untuk mengantisipasi kecelakaan transportasi, Pemerintah sudah membentuk Komite Nasional Kecelakaan Transportasi (KNKT) pada tahun 1999 yang lalu dengan visi : (baca baik-baik) "Meningkatnya keselamatan transportasi dengan berkurangnya kecelakaan oleh penyebab serupa".

Jika membaca beberapa hasil laporan investigasi KNKT kepada saya yang dikaitkan dengan kewenangannya, dapat diketahui bahwa KNKT telah membeberkan secara detail hasil investigasi dan penelitian yang meliputi analisis dan evaluasi sebab-sebab terjadinya kecelakaan transportasi, memberikan rekomendasi bagi penyusunan perumusan kebijaksanaan keselamatan transportasi dan upaya pencegahan kecelakaan transportasi serta melakukan penelitian penyebab kecelakaan transportasi dengan bekerjasama dengan organisasi profesi yang berkaitan dengan penelitian penyebab kecelakaan transportasi.

Kita tidak pernah menghargai arti sebuah nyawa. Coba lihat negara yang kita anggap sebagai Zionis, hanya dengan salah satu dalih untuk membebaskan seorang kopral hitler, mereka langsung menyerang Palestine. Kalau kita....? TKI dianiaya, tidak digaji, diperkosa, dibunuh dan lain.....kita hanya diam dan diam...

Jika kita masih berkutat dengan sistem dan budaya yang ada seperti sekarang ini, sangatlah wajar jika kita terus terpuruk. Moda transportasi kita akan terus carut marut, bahkan Maskapai Penerbangan Nasional dicekal dan dicemoohkan di luar negeri! Lantas dimana harga diri kita..?

Tiada gading yang tak retak ...


160 komentar:

  1. seperti ingat kengerianku dulu..
    kalo pas di bandara, serasa mau arisan nyawa saja..., wah trus gimana nih..
    mosok hanya berdoa saja, apa beli pesawat sendiri aja... dari plastik

    wuahahahha... sip tenan nyante hari ini...

    BalasHapus
  2. Jika dibandingkan dengan maskapai penerbangan luarnegri, memang pesawat yang dioperasikan di Indonesia termasuk sudah tua.

    BalasHapus
  3. Ho-oh, Bang..
    Jika sudah begitu, mari kita meningkatkan harga diri masing-masing.
    Tapi, jangan dlm artian sombong ya..
    ;)

    BalasHapus
  4. Di sini memang lebih gampang membuang-buang nyawa daripada menyelamatkan nyawa, mas.. Entah kenapa kita spt itu ya? *Heran bin bingung*

    BalasHapus
  5. lagi-lagi yang jadi tumbal adalah kawulo jelata

    BalasHapus
  6. Kita BARTER comment aja ya Mas Kurnia...

    BalasHapus
  7. Maunya untung gede tanpa menghiraukan keselamatan

    BalasHapus
  8. miris juga baca postingan ya bang
    kapan ya Indonesia bangkit, kapan ya Indonesia maju

    -eRos-

    BalasHapus
  9. semoga transportasi kita ke depannya lebih maju dan berkualitas

    memenuhi standar keamanan dan kenyamanan

    BalasHapus
  10. ya begitulah mental orang Indonesia bang ( termasuk aku ? ) kadang-kadang mereka rela menggadaikan nyawa orang lain demi uang. Semoga gak terulang lagi deh di masa mendatang...

    BalasHapus
  11. Terlalu egoistis bang.... Itulah fakta di negeri ini..

    BalasHapus
  12. Sedih sekali negara kita ini Bang....
    Ada bartner uang masuk dengan nyawa...
    Ada TKI dianiyaya, tidak digaji....
    Yah...kalau ditanya dimana harga diri kita?...
    Jawabannya mungkin ada diantara anak bangsa yang ikhlas dan rela menjadi seorang pejabat yang melayani masyarakatnya secara ikhlas pula...
    Semoga bangsa kita makin maju....

    BalasHapus
  13. Bangsa kita (sebagian saja) sepertinya sdh terjebak berpola pikir orang miskin (padahal pengusaha besar) ... beribu satu dalih pembenaran demi mendapatkan untung sebesar - besarnya dengan tidak memperdulikan akibat yang mungkin terjadi.

    Bangsa kita (sebagian saja) telah menjadi bangsa yang hanya memikirkan apa yang dia dapatkan, bukan apa yang dapat dia berikan.

    Saya sakin, abang Kurnia dan saya tidak termasuk orang - orang yg seperti itu.

    BalasHapus
  14. Wah.. jahat pisan euy oknum itu.. enak2an dalam penderitaan orang lain.. hmmm..

    BalasHapus
  15. Hiks..hiks...hiks....sedih dech...

    BalasHapus
  16. makanya nanti pemilu pilih presiden yang betul2 maknyus.. nih negara dah mau ambrukk aja kelihatannya

    BalasHapus
  17. kalo masalah transpostasi kyk udah pada gak laik pake...

    BalasHapus
  18. selalu komat kamit berdoa...*sbg penumpang hikz hikz*

    BalasHapus
  19. duh .. aku kok jadi speechless ya kalo bicara ttg menggunungnya masalah2 di negara kita apalagi soal KKN ... bener2 speechless :(

    BalasHapus
  20. ya gitu dech, pada intinya uang yg bicara. biar kata kendaraannya dah hampir bobrok tp karena bayar JP (jatah preman)nya kenceng ama beberapa oknum petugas, so izin operasi tetep diperbolehkan. kalo' udah gitu ya yg celaka seh para pengguna jasa transportasi tsb + pengendara n keneknya. cape' dech

    BalasHapus
  21. Dulu saya pernah pulang kampung, naik kapal Tidar seingat saya.
    Wuah, penuh sesak. Manusia sama tas dan kardus numpuk jadi satu. Saya saja ndak dapat tempat di dalam, akhirnya nginapnya di bawah sekoci, beratap langit, berdinding angin laut. :(

    Parah!

    BalasHapus
  22. duh, semakin maju peradaban, gaya hidup manusia justru malah mengalami set-back. mereka rela melakukan barter melalui persekongkolan antara tanggung jawab, nyawa, dan pengabdian. semoga saja ndak menurun ke anak cucu.

    BalasHapus
  23. bentar lagi pesta barter. nyoblos/nyentang/nyilang ditukar dengan kepercayaan

    BalasHapus
  24. kalo udah ngomongin betapa chaotic-nya negeri ini gw speechless banget.. ;(

    BalasHapus
  25. waktu saya pulang dari banjarmasin ke jakarta naik Lion Air... haduhhh... saya nangis mau turun... saya belom pernah naik Lion Air sekalinya naik Lion Air trauma...

    BalasHapus
  26. indonesia ql barter asal yah......asal murah ambil dah....tnp liat quality 'barang'

    BalasHapus
  27. akomodasi penerbangan dari dulu emang gak pernah ada jaminan 100% nyaman yah......

    BalasHapus
  28. wez.. turut prihatin ajah..

    BalasHapus
  29. oknum yg gak bertanggung jawab.. mau untung sendiri..masuk neraka mana ya?? (gemes!mode ON)

    BalasHapus
  30. Kalo pemikiran orang awam seperti saya sih presiden nya mesti yg bener dulu baru ke bawah nya juga bener ahirnya negara indonesia akan bener, ga ancuran2 kaya skrg, mudah2 an aja pemilu nanti akan terealisasi amin...

    BalasHapus
  31. blog mantep!
    Salam kenal ya!

    BalasHapus
  32. Untung saya gak pernah naek pesawat terbang dam kapal laut, paling canggih cuma naik feri :)

    BalasHapus
  33. itulah mas... harga diri kita sudah di barter...entah dengan apa...

    BalasHapus
  34. Barter yg dilakukan oleh aparat tsbt adalah sangat rapi... sehingga susah diketahui org kecuali klo kecelakaan... baru ketaun boroknya

    BalasHapus
  35. duh semua kok keburukan negeriku ya?
    salah siapa?

    BalasHapus
  36. bang, saya sudah pindah nih ke rumah baru.

    BalasHapus
  37. semoga jadi semakin baik tuh.

    BalasHapus
  38. Smga pemilu mendatang mendatangkan pemimpin yang arif.

    BalasHapus
  39. barter yang satu ini *kasus masalembo* kalau benar sangat mengerikan dan tidak beradab, kapan bertobat ya?

    BalasHapus
  40. wah kalo ngomongin negara kita emang gak ada habisnya..turut prihatin aja deh dengan barter yang satu itu

    BalasHapus
  41. Inilah negara yang sama sekali tidak menghargai nyawa warga negaranya sendiri. Udah tau begini, masih saja ada institusi tertentu yang memaksa warga negara untuk tetap mendukung pemerintahnya.

    BalasHapus
  42. g'ada modus tuh bang...........

    tuh semua real..................

    kwkwkkwkwkw

    BalasHapus
  43. wah kayak kasus kapal sukhoi dong..heheh....
    tapi menguntungkan juga kok.....
    iyakan......

    BalasHapus
  44. yang penting murah jadi deh.......
    yang utama untung deh....

    BalasHapus
  45. wah nyawa kok dibarter uang...sudah sebegitu murahkah nyawa orang sampe bisa diukur pake nominal rupiah?? ckckckckck

    BalasHapus
  46. yang namanya barter itu kan harus sama nilainya...
    jadi nyawa harus dibarter nayawa...
    wuelehhhh...
    heheheheh

    BalasHapus
  47. assalamu'alaikum wrwb
    berarti secara tdk langsung zionis kecil2an ya bang...btw gmn ttg kabar demo anarkis yg membawa korban anggota dewan itu bang? di TV rame ya

    BalasHapus
  48. kadang harga diri bisa di beli kok,...
    jadi harga diri tergantung nilai rupiah..
    Aku ngga tahu siapa2 aja tuh.. smoga kita ngga termasuk deh... review mantap nih...

    BalasHapus
  49. waduh, kelebihan muatan karena buah durian??
    Klo ttg Maskapai Penerbangan Nasional yang dicekal diluar negeri itu udah pahit ditelan dengan terpaksa..ditambah lagi cerita ttg durian ini..perlu lebih banyak berdoa lagi ya...;)
    Tapi meskpun demikian , sudah ada maskapai perbangan kita yang mulai membenahi diri lho Ito..semoga aja tetap istiqomah begitu.

    BalasHapus
  50. jadi takut & ngeri...

    BalasHapus
  51. lho aku kemaren abis baca,lupa komen hihihi

    menurut aku sih orang kita suka asal2x-an. karena asal2x-an itu, makanya gak menghargai nyawa. semua dikerjai dg asal. nyawa aja gak dihargai, apalagi yg laen yak. makanya mau beli makanan made in indonesia, jadi takut. tapi kalo baju,aku gak takut kok hehe

    BalasHapus
  52. Biarlah anjing menggonggong kafilah tetap berlalu....
    Mungkin pepatah itu yang masiy dipakai oleh sebagian oknum dephub kita....

    BalasHapus
  53. hehehe...
    biarpun begitu, i'm proudly to be indonesian...hehehehe...

    horas boss [sorry dah lama gak main ke sini...:)]

    bonar
    http://sihotang407.wordpress.com

    BalasHapus
  54. Makanya sangat mengerikan saat ini kalo naek pesawat, safety prosedur nya ga ada yg mantau kali yah

    BalasHapus
  55. OOT : kalo aku buka blogmu pasti mikir tempat tidur beralas kain emas kayak di headermu padahal itu khan bukan bed ya atau ?

    happy monday bro !

    BalasHapus
  56. kok bangsa kita seperti ini..???

    BalasHapus
  57. carut marut dunia transportasi kita. Masalah kelangkaan sarana pelayaran / penerbangan perintis membuat overloaded kapasitas hal yang lumrah..Sementara investor lebih didorong membuat jalan tol di jawa yang semakin sempit..Tak ada benefit untuk investasi di jalur jalur perintis.

    BalasHapus
  58. Wah, kapanya samapai miring begitu, mau tenggelam nih

    BalasHapus
  59. tak ada gading yang tak retak
    mikul dhuwur mendhem jero.

    BalasHapus
  60. sangat prihatin kita harga sebuah nyawa dihargai sangat murah di negeri ini hanya karena ingin mengeruk rupiah

    BalasHapus
  61. Ya memang siy tiada gading yg tak retak. Cuma masalahnya klo transportasi kita dianalogikan dgn gading, retaknya itu itu di semua bagian. Tinggal getok dikit aja hancur.....!

    BalasHapus
  62. kaluk saia, lebih demen naek mobil sm suami tercinta aja,
    aman
    nyaman
    asyik lagee...

    BalasHapus
  63. setahuku kita beraninya ya sama bangsa sendiri...:p

    BalasHapus
  64. Mudah2 an kita dapat memilih pemimpin yang memberantas segala sistem barter dinegara kita, amin

    BalasHapus
  65. sayang banget kalo dibiarin terus.. :(

    BalasHapus
  66. Mari kita bersatu memajukan Indonesia kita. Semoga suatu hari nanti ada kepala negara yg bener2 cinta negaranya. bukan hanya kata2 tapi sikapnya. Indonesia sudah cukup merana..

    BalasHapus
  67. memang sangat menyedihkan sekali melihat kondisi bangsa Indonesia saat ini :(

    BalasHapus
  68. wow gambar sunsetnya bagus kawan..salam kenal

    BalasHapus
  69. superb blog...keep blogging!

    BalasHapus
  70. Artikel yang sangat bagus nih..jarang2 ada blog seperti ini.saya akan jadi pembaca setia blog ini

    Bila ada waktu silahkan berkunjung ke www.4sharedbook.blogspot.com ya

    BalasHapus
  71. info yang bagus, semoga bermanfaat bagi kita semua.

    BalasHapus
  72. wah emang susah juga ya jaman dulu,,,, mantap juga tuh mas infonya salam kenal ajamas,,,, terima kasih buat infonya

    BalasHapus
  73. wah akalo seksrang masih berlaku sistem barter wah susah donk,, untung udah gak lagi,,, terima kasih gan buat infonya

    BalasHapus
  74. wah, info terbaru nich. berutung saya menemukan blog ini, jadi bisa baca2 terus disini :)

    BalasHapus
  75. artikel yg sangat sempurna

    BalasHapus
  76. semoga tidak hanya harapan saja tp indonesia benar2 bersih sehingga bisa bersaing dengan negara lain

    BalasHapus
  77. wah kalau jaman dulu memang serba sulit ,infonya menarik ,,terimakasih..

    BalasHapus
  78. wah kapan orang kita ini mau sadar yah.....hk...hk

    BalasHapus
  79. lagi2...konsumen posisinya lemah...

    BalasHapus
  80. sistem barter sekarang lebih marak digunakan

    BalasHapus
  81. wah kalo sampai sekarang masih sistem barter susah juga ya gan,,masa tukeran mobil sama motor gak seru kan
    hehehe
    makasih buat infnya

    BalasHapus
  82. kalo sampai sekarang masih jalan tentang barter susah juga ya gan , makasih infonya

    BalasHapus
  83. Perlu mendapat perhatian yang lebih dari pemerintah,,,,,

    BalasHapus
  84. jika sama sama suka dan tidak ada yang merasa di rugikan ga bermasalah tu sekarang ataupun jaman dulu barter pasti ada

    BalasHapus
  85. yah turut prihatin aja deh , negara kita kacau juga yah

    BalasHapus
  86. info nya seru banget tuh...
    apalagi kapal nya

    BalasHapus
  87. emang semua yang berbau kapal pasti ada resikonya. Tapi nda naik kapal juga tetap ada resikonya...jadi semuanya terserah diri kita sendiri

    BalasHapus
  88. Wonderful post. This is most inspiring post. I love to read such kind of material. Blogger did a great job here.

    BalasHapus
  89. keren sekali nih informasinya, makasih banyak ya gan buat infonya semoga bermanfaat gan

    BalasHapus
  90. benar banyak oknum2 keparat bang..eh aparaT :)
    _____________________________
    This Network Monitoring Software represents the latest in cutting-edge network file monitoring security software and asset protection. While requiring absolutely no software installation on any computer on your network you can network monitoring systemscentrally monitor and record every single file action that occurs on your network.

    BalasHapus
  91. wah kalo misalkan sampai sekarang masih ada sisitem barter susah juga yah, hehe, makasih banyak atas infonya

    BalasHapus
  92. kalo sampai sekarang masih ada sitim barter sulit juga yah, hehe, makasih banyak atas infonya gan

    BalasHapus
  93. tragis skali yaa. . .
    mksh infonya. . .
    bermanfaat skali. . .

    BalasHapus
  94. mantap juga nie artikel nya sangat bagus dan sangat menarik nie gan,,,,,,,

    BalasHapus
  95. Its really very informative posting indeed. In fact i have got some great tips from your blog. Thanks for sharing such valuable stuff with us.

    BalasHapus
  96. Di sini memang lebih gampang membuang-buang nyawa daripada menyelamatkan nyawa, mas.. Entah kenapa kita spt itu ya? *Heran bin bingung*

    BalasHapus
  97. semoga g trulang lg ya kejadian spt itu..,sungguh tragis negeri ni

    BalasHapus
  98. ini bs jadi plajaran untuk kita semua,,

    BalasHapus
  99. salam kenal gan..ijin membaca postinganya .tks

    BalasHapus
  100. semoga bisa lebih baik untuk negeri kita.,jagan spt jaman dulu

    BalasHapus
  101. kunjungan pertama saya disini, salam kenal semua

    BalasHapus
  102. informasi2 yang berguna buat saya ni sob, terimakasih

    BalasHapus
  103. Barter emang penting di jaman dulu, sekarang ada uang, bisa pake uang kalo beli

    BalasHapus
  104. Plus, since electric radio controlled Used Cars Connecticut, and because these Used Cars Connecticut were built at the Paris Motor Show, and the valets parking
    them have barely had a second to breathe. You will have the
    option of paying a packaged price in installments.
    It will not be able to help you find the right Investment Properties at the right time.
    Try to obtain a CarFax report, which will be
    the actual determinant of good quality of xenon strobes lights.
    In the debate between used used cars connecticut vs.


    Check out my webpage - looking for used cars

    BalasHapus
  105. erima kasih om udah mau share…
    beginilah indahnya berbagi :)

    BalasHapus
  106. makasih gan infonya, sangat bermanfaat..

    BalasHapus
  107. terimakasih atas infonya, bagus sekali..

    BalasHapus
  108. KlikGaul.com Portal Berita Artis, K-Pop, Zodiak, Love Paling Keren dan Update
    KlikGaul.com Portal Berita Artis, K-Pop, Zodiak, Love Paling Keren dan Update
    KlikGaul.com Portal Berita Artis, K-Pop, Zodiak, Love Paling Keren dan Update
    KlikGaul.com Portal Berita Artis, K-Pop, Zodiak, Love Paling Keren dan Update
    KlikGaul.com Portal Berita Artis, K-Pop, Zodiak, Love Paling Keren dan Update
    KlikGaul.com Portal Berita Artis, K-Pop, Zodiak, Love Paling Keren dan Update
    KlikGaul.com Portal Berita Artis, K-Pop, Zodiak, Love Paling Keren dan Update
    KlikGaul.com Portal Berita Artis, K-Pop, Zodiak, Love Paling Keren dan Update
    KlikGaul.com Portal Berita Artis, K-Pop, Zodiak, Love Paling Keren dan Update
    KlikGaul.com Portal Berita Artis, K-Pop, Zodiak, Love Paling Keren dan Update
    KlikGaul.com Portal Berita Artis, K-Pop, Zodiak, Love Paling Keren dan Update
    KlikGaul.com Portal Berita Artis, K-Pop, Zodiak, Love Paling Keren dan Update
    KlikGaul.com Portal Berita Artis, K-Pop, Zodiak, Love Paling Keren dan Update
    KlikGaul.com Portal Berita Artis, K-Pop, Zodiak, Love Paling Keren dan Update
    KlikGaul.com Portal Berita Artis, K-Pop, Zodiak, Love Paling Keren dan Update
    KlikGaul.com Portal Berita Artis, K-Pop, Zodiak, Love Paling Keren dan Update
    KlikGaul.com Portal Berita Artis, K-Pop, Zodiak, Love Paling Keren dan Update
    KlikGaul.com Portal Berita Artis, K-Pop, Zodiak, Love Paling Keren dan Update
    KlikGaul.com Portal Berita Artis, K-Pop, Zodiak, Love Paling Keren dan Update

    BalasHapus
  109. Saya ucapkan terimakasih kepada pembuat artikel ini, artikel ini berisi informasi yang sangat bermanfaat untuk smeua pembaca khususnya saya sendiri. Saya tunggu lagi informasi-informasi lainnya yang tidak kalah menarik.
    Sukses selalu untuk anda

    kunjungi web kami untuk menambah ilmu
    Judi Online www.168sdbet.com
    terima kasih

    BalasHapus
  110. manusia tidak bermoral,hanya memikirkan diri sendiri sementara merugikan orang lain dengan perbuatan keji nya

    BalasHapus
  111. semoga untuk kedepan nya manusia macam begini musnah ditelan bumi ya gan,, kee jjaammm begitu kejaaammmm

    BalasHapus
  112. Terima kasih atas pengetahuan yang sudah dibagi tentang sistem barter di negara kita

    BalasHapus
  113. Oke ini refleksinya.. barter boleh, tapi jangan merugikan orang lain..

    BalasHapus
  114. sistem referral yang menguntungkan membuat kita lupa bahwa dlu ada namanya barter. memang benar karena di Dewa Pokersekarang, sudah memberikan bonus referral sebesar 10%.

    BalasHapus
  115. info nya barmanfaat sekali,,
    thnks ya gan;)

    BalasHapus
  116. mantap gan artikelnya, ditunggu ya artikel selanjutnya

    BalasHapus

Saya sangat berterima kasih bila teman berkunjung dan meninggalkan komentar. Yakinlah teman, saya "pasti" akan melakukan hal yang sama, karena hidup akan semakin indah, jika kita saling memberi dan menerima.