25 Mei 2008

Laskar Pelangi

Buku karya Andrea Hirata ini sangat menarik n mengesankan. Dikisahkan tentang keagamaan, persahabatan yang luar biasa, cinta pertama yang indah, ketegaran hidup, bahkan makna sebuah takdir yang tidak bisa dengan gampang ditebak. Setting cerita berawal dari Pulau Bangka-Belitung (yang sebelum era otonomi daerah termasuk bagian dari Propinsi Sumsel), dimana pulau tersebut merupakan pulau penghasil timah di Indonesia namun terdapat gap antara masyarakat/pegawai rendahan dengan petinggi PN Timah.

Laskar pelangi berawal dari kisah persahabatan sepuluh orang anak miskin. Mereka sudah bersama sejak mereka memulai bangku sekolah. Merekalah : Ikal, Mahar, Lintang, Harun, Syahdan, A Kiong, Trapani, Borek, Kucai dan satu-satunya wanita di kelas mereka, Sahara. Banyak hal yang mereka lalui bersama. Kemiskinan sepertinya bukan hal yang bisa merusak masa kanak-kanak mereka. Kisah indah percintaan anak muda antara Ikal dengan seorang Tionghoa bernama A Ling yang berawal dari pembelian kapur tulis yang mengesankan. Kesabaran Ikal untuk bisa mendapatkan kekasih hatinya sampai ketegaran Ikal saat A Ling akhirnya harus meninggalkannya. Dari sini kita dapat belajar bahwa seorang anak kecil bahkan bisa bersikap jauh lebih dewasa dibandingkan orang dewasa saat menghadapi masalah percintaan. Siapa juga akan menyangka bahwa sekolah terpencil Muhamadiyah bisa berbuah dua orang genius di bidang yang berbeda. Dialah Lintang, sang ilmuwan cilik. Dan Mahar, sang seniman sejati. Banyak perubahan besar yang mereka lakukan dalam merubah citra sekolah Muhamadiyah dimata masyarakat elite melalui bidang mereka masing-masing. Tapi ternyata nasib selanjutnya berkehendak lain. Ayah Lintang meningggal dunia, dan sang genius itu terpaksa harus menghentikan pendidikannya di sekolah Muhamadiyah akibat tak ada biaya. Tak ada yang menyangka juga bahwa sang seniman, Mahar, semakin hari justru malah semakin tertarik pada ilmu mistik alam gaib. Karena suatu hal, membawa ia pada suatu pertemuan dengan seorang anak perempuan tomboy, anak seorang penguasa kapal keruk di PN Timah, Flo. Karena tertarik pada bidang mistik yang dimiliki oleh Mahar, Flo akhirnya meninggalkan segala kemewahan sekolah PN untuk melanjutkan studinya di sekolah miskin Muhamadiyah. Mereka bersama kelompok pecinta alam gaibnya telah banyak menguak misteri yang dianggap orang keramat di daerah Belitong. Tak jarang kelompok yang dipimpin Mahar ini mendapatkan ejekan dari masyarakat setempat. Tapi Mahar serta Flo tak pernah menyerah. Juga walaupun telah ditegur oleh Ibu Mus karna telah menodai ilmu agama, tapi Mahar dan Flo tetap pada jalan yang telah ia tempuh. Hobi mereka pada alam gaib ini menyebabkan mereka terancam tak bisa mengikuti ebtanas karna nilai-nilai mereka yang semakin menurun. Mereka pun mulai resah. Akhirnya terlintas ide untuk meminta petunjuk pada seorang dukun sakti yang banyak disebut oleh masyarakat sebagai manusia setengah peri, Tuk Bayan Tula. Maka pergilah Flo dan Mahar bersama tim dunia mistiknya mengunjungi kediaman sang Tuk yang terdapat pada sebuah pulau tak berpenghuni yang terkenal sangat angker yaitu Pulau Lanun. Dengan mempertaruhkan nyawa sepanjang perjalanan, akhirnya mereka semua sampai di Pulau tersebut. Dengan menempuh perjalanan yang panjang dan mengerikan, akhirnya mereka sampai ke suatu gua tempat kediaman sang dukun. Dan mereka berhasil berjumpa langsung dengan Tuk Bayan Tula, sang idola mereka. Maka berceritalah Flo dan Mahar tentang masalah mereka di sekolah. Tuk yang menghargai usaha mereka mencapai pulau itu kemudian memberi mereka sebuah petunjuk yang tertulis pada sebuah gulungan kertas. Siapa menyangka ternyata petunjuk yang diberikan sang dukun bisa mengubah jalan hidup Mahar dan Flo. Dua belas tahun kemudian, kesepuluh sahabat itu menjadi seseorang yang benar-benar tidak bisa disangka. Mereka menjalani hidup mereka masing-masing dengan damai dan selalu bersyukur atas apa yang telah diberikan pada mereka saat itu.

Intinya bagaimanapun hidup yang kita jalani, kita harus senantiasa bersyukur...Diatas langit masih ada langit, jangan selalu mendongakkan kepala ke atas, tapi lihatlah kebawah...masih banyak orang yang bernasib kurang beruntung, dibanding kita....

30 komentar:

  1. yang paling berkesan di novel ini dan menggelikan adalah disekolah mereka ada foto seorang yang berjambang,berjenggot dan bersorban mendongakkan kepala ke langit sambil memegang gitar. Dua tahun kemudaian si Ikal itu adalah hari Rhoma Irama.

    BalasHapus
  2. ha...haa, mirip icon bung fahri klo seandainya ditambain jenggot...

    BalasHapus
  3. Kalo baca ni novel...gue inget sama kampung halaman di Bangka, trus diskripsi wilayah sama dengan kampung gue. Iya, ada yang punya seri ke-4 gak?? Gue udah punya yang 1-3.

    BalasHapus
  4. blom abis tuh gw baca...
    ntar ya lae...
    gw baca lage

    BalasHapus
  5. Filmnya juga seru.

    Buku sekolah elektronik, saya kirim ke email aja yah. Gmail mas kurnia apa?

    BalasHapus
  6. Mungkin karena syutingnya didaerah bangka sono, aku jadi terharu sekali menonton film ini Kur.. Kemiskinan dan tekad yang kuat dari seorang guru menjadikan film ini masuk dalam film fave aku.

    BalasHapus
  7. Wah bener2 info yg menarik nihhh... mantapfff !

    BalasHapus
  8. film ini benar-benar memotivasi kita untuk bisa meraih masa depan kita...

    BalasHapus
  9. Aku belom pernah baca bukunya..
    Kalau nonton filmnya baru sudah..

    BalasHapus
  10. is speedily Links london Chainsapproaching and men across the earth will start stress out about it. links of london sweetie bracelet Choosing a Valentine's Gift can be somewhat grueling, friendship bracelets especially if she and you are entirely close and all you want to do is dash her sympathy during this unusual reason. links of london uk All you necessity is some planning, the little thoughts, and a whole lot of honey. links of london silver If you are mystified for an idea for the Valentines Day gift now then why not ponder a discount links of london section of .Links Of London Bracelet is the classic and thoughtful gift to believe, links of london bracelet sale however, this is regularly above people's budgets. When selecting cheap links of london bracelet Bracelet get something that she will like, attire and show off to her links. links of london bracelet uk If she never wears jewels then bountiful her a wristlet is a very discount links of london bracelets risky and inadvisable gift.

    BalasHapus
  11. When UGG Classic Tall moment in Classic Tall Boots time Classic Tall uggs pertains find ugg 5815 expensive jewelry regarding UGG Cardy Mother you'll notice Cardy Boots engagement rings is among the actual
    Classic Tall uggs ideal presents you can actually produce your mother. You Cardy Ugg boots can find explanation Cardy uggs why folks should display his or her's mother's ugg 5819 with gifts. A birthday and mom's birthday are usually a couple of the extremely UGG Classic Short

    BalasHapus
  12. baik buku maupun filmnya sama sama layak untuk di koleksi

    BalasHapus
  13. Silver wedding bands pandora sale are an excellent pandora jewellery uk choice if you want pandora shop a ring that is affordable, long-lasting pandora 2010 and available in a number pandora jewelry of styles. If you are looking pandora earrings for a great selection of men's silver wedding discount pandora earrings rings in a variety of designs, then the best buy pandora earrings place to go is online. Most “brick and mortar” jewelers only pandora earrings uk sell wedding bands made from gold and platinum, but online jewelry stores pandora earrings silver recognize that their sales rely on customer demand. To find the perfect band for you, check the selection of silver wedding rings for men and compare prices online.

    BalasHapus
  14. For instance a watering hole, moncler actively playing golf lingerie is definitely an gain within the vital supplies that you can check out before playing. moncler Boutique Moreover, golf apparel is literally more than purely essential because of fixture. moncler pas cher In general, but also the squad banner of his fashion statement. That may use them in and around for professional parties more than a amazing trouser to mean the beautyEven as a result of sport, people can continue to showcase most of the inspiration inside manner. moncler prix It's been for a while personally seen as well as the established about quite a few events along with activities. moncler soldes An ideal back into playing golf, football, cycling, and etc- clothing fashion could be as well as and fit you. moncler paris However golfs creation at present promises confusions and therefore bickering perhaps customers, golf dresses, most certainly was piece of their records. As all other physical activities, moncler polo the entire recognized past with golfs origins shows of which anyone what individual wishes the sport of golf is required to clothing specialised gowns. moncler veste One that can simply effectively reveal to in which -the poker player is without question from the well-to-do group.For sure, moncler doudoune that dress wear with play golf obtain just exactly strengthened the assumption that this sport was probably more particularly came up with towards successful folks. Golfing dresses can be utterly pricy. moncler homme Then again, when using the many models and also makers sprouting wherever, is just the game often as rspectable just as ahead of?Even though broad strategy towards playing may be attached with a great deal in the course of the country's the historical past, it is very rather unjust so that it will assess one thing outside of your dog's gown code.

    BalasHapus
  15. For earrings, you would need ear posts or wires or clip-on bases. pandora shop For bracelets, you need memory wire or stretchy cord or beading wire and clasps. pandora charm For necklaces, memory wire or beading wire, clasps and perhaps pendants. The main reason for the increasing favor shown titanium pandora silver charms is that titanium body jewelry items are about half the weight of equivalent stainless steel items. In addition, titanium can be anodized and this creates a pandora bracelets marvelous variety of colors when contrasted with the single option of stainless steel’pandora bangles s silver appearance. But the markup is much higher. Although the stainless steels used contain some nickel, they don't release nickel salts into the body and therefore are highly pandora necklaces unlikely to lead to nickel contact dermatitis. Most stainless steel body jewelry items are electro-polished. This is a reasonably sophisticated surface finishing technique pandora beads which leaves the finished surface very smooth and free of pandora earrings any crevices or fissures. The result is a significantly higher surface integrity pandora sets which is ideal for body jewelry. Alternatively, titanium has recently pandora bracelet become very popular as a material for body jewelry. In fact, it is challenging stainless steel as the favored metal. A bead board is a good idea too. Its ruled tracks help you measure and lay out designs for pandora bracelet charms bracelets and necklaces; as well as to corral the beads you are working with at a given time.

    BalasHapus
  16. Holen Sie thomas sabo was Sie brauchen, wenn Sie thomas sabo schmuck sie benötigen und wo immer thomas sabo Kette Sie brauchen it.Once das Budget für diese thomas sabo 2010 Ornamente ist dann der nächste Aspekt, der berücksichtigt thomas sabo Halsschmuck wird der Schnitt des Diamanten Bedürfnisse fixiert. Wenn man thomassabo online shop die Planung ist der Vorschlag zu einer thomas sabo onlineshop das Leben lieben, dann die am meisten bevorzugte sabo schmuck Diamanten sind die Prinzessin Diamanten. Die folgenden thomas sabo shop Zeilen in diesem Artikel frönen ein bisschen tiefer in das Konzept thomas sabo shop online in Bezug auf die verschiedenen Teilstücke von Diamanten. Der Schnitt thomas sabo preisvergleich ist hauptsächlich in vier Typen, die guten Schnitt thomas sabo preise , sehr guter Schnitt, gut geschnitten und ziemlich gut thomas sabo Armband abgeschnitten sind geteilt. Je besser der Schnitt dieser Edelsteine desto Brillanz sie emittieren. Die verschiedenen Arten von Schnitten auf thomas sabo Anhänger dem Markt verfügbar sind Princess Cut, Marquise geschnitten, Oval schneiden, Birne geschnitten, thomas sabo charms , Brilliant-Runde, Radiant schneiden, Smaragd geschnitten und Kissen geschnitten. Je niedriger die Klarheit desto niedriger wird der Preis sein. Es gibt verschiedene Grade der Klarheit, die im Netz zu finden sind.

    BalasHapus
  17. Alhamdulillah lagi butuh-butuhnya buku Laskar pelangi, makasih Mas!

    BalasHapus
  18. benar sekali mas, kita harus mensyukuri apa
    adanya ,masih banyak orang yang di bawah kita dia juga tetap sabar dan mensyukuri apa adanya

    BalasHapus
  19. makasih buat infonya , semoga jadi insfirasi, makasih banyak buat infonya

    BalasHapus
  20. Filem ini bagus sekali untuk memotipasi masa depan, makasih banyak atas infonya gan

    BalasHapus
  21. Alhamdulillah longer need the book Warriors of the rainbow-quickness, thanks Mas!adirondack chair plans

    BalasHapus
  22. postingan nya bagus sekali gan, dan sangat bermanfaat

    BalasHapus
  23. Novelnya sangat bagus sekali, Intinya bagaimanapun hidup yang kita jalani, kita harus senantiasa bersyukur.
    Terima kasih dan salam sukses

    BalasHapus

Saya sangat berterima kasih bila teman berkunjung dan meninggalkan komentar. Yakinlah teman, saya "pasti" akan melakukan hal yang sama, karena hidup akan semakin indah, jika kita saling memberi dan menerima.