15 April 2009

Sugesti dan Kultus

Teringat saya dengan kisah yang pernah saya alami beberapa tahun yang lalu, dimana seorang teman memiliki "ikatan emosional" yang sangat tinggi dengan seorang dokter. Setiap ia sakit, selalu saja ia berobat kepada dokter langganannya.

Pernah pada suatu waktu, ketika kami kebetulan secara bersamaan melaksanakan tugas dinas ke luar kota, sang teman mengalami gangguan kesehatan yang sesungguhnya menurut saya "cukup sederhana", yaitu hanya sekedar sakit kepala. Ia langsung kebingungan dan mencoba menghubungi handphone (hp) sang dokter. Namun ternyata nomor hp sang dokter sedang tidak bisa dihubungi. Ia begitu kalut, seakan-akan hanya satu-satunya dokter yang mampu menyembuhkan penyakit yang sedang dideritanya, yaitu dokter langganannya.

Karena merasa prihatin, saya pun lantas menawarkan sang teman untuk berobat ke suatu klinik pengobatan. Dengan berbagai alasan, sang teman tetap aja enggan untuk berobat, karena sekali lagi ia menyatakan sudah sangat intim cocok dengan dokter langganannya. Dengan berbagai cara saya mencoba membujuknya, namun tetap gagal.

Setelah usai melaksanakan perjalanan dinas tersebut, kami segera kembali ke daerah "asal". Diceritakannya, ketika kami sudah sampai dengan selamat di rumah kami masing-masing, sang teman segera bergegas meluangkan waktu untuk berobat ke dokter langganannya, dan setelah bertemu dan meminum obat pasaran yang telah disediakan, dalam kurun waktu cukup singkat, segera sembuh dan hilanglah segenap "perasaan pusing dan sakit kepala" sang teman.

Kondisi seperti ini tentu membuat saya khawatir, jika hp sang dokter tidak dapat dihubungi saja sudah membuat sang teman menjadi kalut, lantas bagaimana jika sang dokter pindah domisili ke tempat lain yang cukup jauh, atau bahkan jika sang dokter "tiada". Apa yang terjadi pada sang pasien?

Kisah ini sungguh sangat menarik bagi saya, ternyata perasaan sugesti (pengaruh yang dapat menggerakkan hati seseorang) yang telah begitu tertanam dalam benak seseorang, ternyata sangat sulit dihilangkan, bahkan dapat menimbulkan semacam pengkultusan terhadap figur seseorang. Kondisi seperti ini sesungguhnya memang sulit dikaji secara akal sehat. Seperti contoh lain, bagaimana warga masyarakat berbondong-bondong mengunjungi Ponari sang dukun cilik asal Jombang, bahkan secara ekstrim, ada sebagian masyarakat yang dengan relanya meminum air comberan yang diduga sebagai bekas air basuhan mandi Ponari.

Jika kisah di atas dikaitkan dengan proses demokrasi di Indonesia, "semangat sugesti ala Rommy Rafael dan kultus" ini masih terasa. Bahkan menurut hasil terawangan saya, masih cukup dominan pendukung partai politik peserta pemilu legislatif 09 April 2009 yang lalu, mencontreng caleg dan atau lambang parpol karena hasil dari "pengkultusan" terhadap figur/petinggi suatu parpol.

Menurut hemat saya, kondisi seperti ini tidaklah baik untuk pendidikan politik dan demokrasi. Perkembangan "budaya" seperti ini sebaiknya sudah harus kita pupus habis. Sesungguhnya kita berharap agar seseorang memanfaatkan hak pilihnya adalah karena didasari dengan logika dan rasionalitas. Memilih wakil dan atau pemimpin bukanlah sekedar "pekerjaan lepas rodi", karena semua itu berimplikasi terhadap nasib kita, nasib bangsa Indonesia.

Ada pepatah yang menyatakan bahwa untuk mendudukkan seseorang dalam suatu posisi hendaknya memperhatikan aspek "the right man in the right place"," the man behind the gun", bahkan sebuah hadist Rasulullah SAW menyatakan, "jika sesuatu urusan diserahkan bukan pada ahlinya, maka tunggulah kehancurannya". Artinya apa??? Mari kita berfikir dengan cermat dan seksama dalam memilih pemimpin, karena sugesti dan pengkultusan adalah sebuah subjektifitas yang semu! Apakah sugesti dan pengkultusan ini merupakan wujud kegagalan kita semua? Atau bahkan merepresentasikan krisis kepemimpinan di negara ini? Entahlah, mungkin teman-teman semua memiliki jawabannya....silahkan berpendapat..........

Tiada gading yang tak retak...

2.103 komentar:

  1. bahkan istri saya pun kadang melayani pasien yg model gini,cm disuntik sama vitamin bukan obat,sdh sembuh,karena memang pada dasarnya dia ga sakit,cm merasa sakit,dan istri saya yg bisa sembuhin,hehe..
    Palagi dalam parpol..beuhh,susah dah klo ngomong sama orang yg tahunya "pimpinan/ketua" dia yg paling benar..moga2 bangsa ini semakin dewasa

    BalasHapus
  2. percaya nggak percaya...karena sugesti itu ad disetiap seseorang,yg penting iman kita tetep kuat..yakin Allah SWT-lah yang menyembuhkan setiap umat-Nya yang sakit..!

    BalasHapus
  3. wah mesti belajar biar gak ke hipnotis nihh

    BalasHapus
  4. mksih ya bwt info'y
    lam knal z mas....

    BalasHapus
  5. Manusia tak da yang sempurnaaaaaa

    BalasHapus
  6. wah, ternyata gitu yagh hubungannya

    BalasHapus
  7. jika segala sesuatu dilakukan tidak berdasarkan ilmu maka seperti inilah jadinya, pengkultusan

    BalasHapus
  8. I am extremely impressed thanks for sharing all information. It is a great post for the people to get the proper information. Austin TX Real Estate Agents

    BalasHapus
  9. Wow, really helpful, this is very inspirational. Thank you for your superb post.

    BalasHapus
  10. luar biasa artikel ini, suatu kisah story yang sangat indah, sangat bisas dijadikan motivasi, thx

    BalasHapus
  11. akibat kurangnya pendidikan dan iman tuh...

    BalasHapus
  12. ayoo mas, update postingan lagi lagi.
    keep blogging :-)

    BalasHapus
  13. josssssss gan !!!! lnjutkan gan ..i like it

    BalasHapus
  14. siph gan ......................!!! hehehe

    BalasHapus
  15. ga percaya sama yang gituan,,hanya Tuhan yang bisa menyembuhkan segala nya,,,

    BalasHapus
  16. ada ada aza ya,,,tapi bener tuh jadi sembuh setelah diobati,,

    BalasHapus
  17. Thank for the post i enjoyed to read it

    BalasHapus
  18. Hal ini bis dikatakan hipnotis juga apa tidak gan..??? soalnya cerita serupa juga telah saya alami sendiri. Yaitu saya gak mau servis motor selain ke bengkel motor "A" meskipun hanya servis biasa

    BalasHapus
  19. inilah Indonesia bung... tak semua hal bisa dijelaskan dengan ilmu sains. Hidup Indonesia.

    BalasHapus
  20. begitulah kenyataan di kehidupan sosial kita di indonesia

    BalasHapus
  21. dari jamannya firaun masih belajar nyimeng sampai sekarang sugesti itu akan selalu ada. baik buruknya tergantung juga sih..

    BalasHapus
  22. dijaman modern sudah tidak ada harusnya :D

    BalasHapus
  23. sugesti emang sangat berpengaruh. Untuk itu, selain membutuhkan sugesti yg baik2, kita juga harus tersugesti oleh hal2 yg baik

    BalasHapus
  24. nice info.
    berharap ke depanya tidak ada pngkultusan
    bisa lebih baik dari sekarang..

    salam kenal ja.

    BalasHapus
  25. mampir ke blog saya yuuuuuk , mariii

    BalasHapus
  26. the right man on the right place. tempatkan sesuatu pada tempatnya. tak ada yang lebih indah dari ini.

    BalasHapus
  27. mampir ah.. ninggalin jejak

    BalasHapus
  28. nishare gan :)
    ------------------
    Network Enforcer is a Network Access Control. Network Enforcer monitors, responds to, and prevents unwanted access from happening on your network in real-time.

    BalasHapus
  29. This is a interesting topic, thank you for taking the time to make such a wonderful site. Another good site that I have found recently is . excellent one to check out.

    BalasHapus
  30. sugesti sih boleh2 saja.........
    yang penting keyakinan utama kita harus kepada Tuhan

    BalasHapus
  31. sepertinya blog ini lama ngga diupdate ya? padahal kontennya cukup menarik.

    BalasHapus
  32. sangat setuju dengan bahasan nya....
    salam kenal

    BalasHapus
  33. Stujuh mas, Tuhan sesuai dengan prasangka mahluknya

    BalasHapus
  34. Terima kasih teman, sugesti dan kultus, post yang menarik, salam kenal

    BalasHapus
  35. menurut saya kalau sugesti itu terganjung pada diri sendiri juga.

    salam kenal ja buat semuanya

    BalasHapus
  36. hal yg sering terjadi di dunia yg nyata....
    huff....
    Medicine of herbal

    BalasHapus
  37. sugesti dan kultus????terlihat ini perpaduan yang serasi

    BalasHapus
  38. sugesti dan keyakinan memang menjadi hal yang sangat berperan dalam kehidupan manusia

    BalasHapus
  39. Tetap semangat untuk kemajuan dan perubahan.
    Tuhan pasti akan memberikan jalan bagi kita yang ingin berubah.
    cheap and best seo service

    BalasHapus
  40. sugesti...plasebo...kekuatan pikiran...

    BalasHapus
  41. Sugesti... hmmmm boleh boleh saja, asal tidak mengalahkan akal sehat kita... thanks

    BalasHapus
  42. Memang menarik sob. artikelnya bagus, sekalian tak follow

    BalasHapus
  43. iya, saya juga sering menemukan hal-hal serupa ini di lingkungan saya, padahal kesembuhan itu harusnya bisa didapatkan berkat keyakinan

    BalasHapus
  44. hmm,masyarakat kita memenag lagi sakit,sehingga banyak mengkultuskan sesorang

    BalasHapus
  45. Good info gan, sugesti yang teralu melekat kayak demikian dokter lain tak dapat menyembuhkan penyakit.. Karena sang pasien sudah menanamkan dalam bawah sadarnya bahwa dokter langganannya yang terbaik... Mungkin timbul dari pengalaman yang pernah terjadi...

    BalasHapus
  46. sugetst dan pengkultusan...semua nya pasti ada baik dan buruk nya....

    BalasHapus
  47. sugesti itu perlu sebagai penyemangat hidup,asalkan sugesti yang baik

    BalasHapus
  48. kadang sugesti adalah obat terampuh.
    orang sakit kepala dan sering sembuh dengan obat tertentu, secara sugesti apabila mengkonsumsi obat tersebut maka sakit kepalanya akan hilang. Sebenarnya ini adalah kekuatan pikiran juga :-)

    BalasHapus
  49. sugsti dan kepercayaan lebih dahsyat dari pada obat ya mas

    BalasHapus
  50. lapor Gan...salam kenal dari ane..moga-moga membawa berkah !!

    BalasHapus
  51. setuju bang...masalah kepemimpinan, padahal kan dah ada konsep dan contohnya dalam agama Islam..kita tinggal berusaha untuk mengaplikasikan dan meniru contoh yang telah ada !!

    BalasHapus
  52. Makasih dah mau berbagi bang...mudah-mudahan mebawa berkah bagi semua-nya !

    BalasHapus
  53. ya..klo mau sehat kita berfikir positif aza lah..jangan terlalu berpikiran dan berperasaan buruk kepada siapapun,nnti ujung2nya jengkel,ya..sakit deh...! pasrah,ikhtiar dan tawakal sama Allah SWT,krena Allah yng bisa menyembuhkan..!

    BalasHapus
  54. wah...saya sih belum jelas mengenai sugesti dan pengkultusan itu....

    BalasHapus
  55. Nice post gan. Betapa besarnya pengaruh sugesti.

    BalasHapus
  56. semua usaha perlu dilakukan, yakinlah bahwa Tuhan senantiasa menolong hambanya, makasih udah berbagi n salam kenal buat semua blogger

    BalasHapus
  57. smua orang pasti petrnah merasakan sugesti,..

    BalasHapus
  58. nice post, salam blogger.
    mampir mampir ke blog saya juga :)

    BalasHapus
  59. NICE POST...isi blog kamu bagus, penuh inspirasi n actual, sangat bagus KAWAN....
    hampir tiap hari berkunjung ke blog kamu walau kdg ga sengaja heheee
    ohiya visit back ya :
    http://www.cin3ma2satu.co.cc/p/do-follow.html
    gw tunggu thankss :)

    BalasHapus
  60. Mantab ga' percuma ceritanya panjang, tapi membawa hikmah dan cukup memotivasi :)

    BalasHapus
  61. Memang kalau kita dah terpengaruh sugesti, tidak di sadari 50% kita sembuh

    BalasHapus
  62. Suggesti memamg kekuatan...gan

    BalasHapus
  63. I am impressed. I don't think Ive met anyone who knows as much about this subject as you do. You are truly well informed and very intelligent. You wrote something that people could understand and made the subject intriguing for everyone. Really, great blog you have got here.

    BalasHapus
  64. bedanya jadi tau nih gan,,
    mksih bnyak ya

    BalasHapus
  65. sama sekali gak di lirik sama yang di atas

    BalasHapus
  66. nice share..
    salam kenal ...
    sukses selalu...

    BalasHapus
  67. Terkadang, Sugesti memang sangat Diperlukan, Bahkan dalam jaman yang penuh rasional seperti jaman sekarang ini mas

    BalasHapus
  68. Salam kenal.. mas
    Entah apa yang terjadi di negara kita, yang semacam itu jadi heboh :)

    BalasHapus
  69. astaga,,,komen nya sampai segini
    ikutan ah,,hahaha

    BalasHapus
  70. sebuah cerita yg inspiratif..
    visit ya gan..

    BalasHapus
  71. Hati2 aja terjerumus syirik.

    Sekalian nitip kopi luwak yang enak.

    BalasHapus
  72. Sugesti memang benar adanya.. Hasil akhirnya tergantung apakah sugesti positif atau negatif.. :D

    BalasHapus
  73. aSSALAMUALAIKUM.... Gimana coba kalo kita lagi sakit???

    BalasHapus
  74. segala sebab akibat yang diterima oleh manusia sumbernya dari perbuatan kita sendiri... manusia hanya berusaha untuk mencapai suatu tujuan & cita-cita.. bertobatlah dan selalu berdoa memohon segala sesuatu hanya kepada Allah SWT...

    BalasHapus
  75. sugesti itu dapat merubah seseorang.
    kunjungi juga blogku di
    www.pengetahuan.tk
    dan
    www.ewot.tk
    ditunggu kunjungan baliknya

    BalasHapus
  76. dalam hal tertentu sugesti mungkin bermanfaat, tetapi saya setuju apabila jadinya masyarakat kita hidup di "awang-awang" tanpa mempertimbangkan rasionalitas akan sangat tidak baik...

    BalasHapus
  77. sugesti memang mantabb
    pengkultusan ???? hhmmpphh

    BalasHapus
  78. sugesti kadang kali perlu untuk merubah pikiran ke arah yang lebih positif

    BalasHapus
  79. Benar2 refleksi diri yang sangat menyentuh.
    Trims pak!

    BalasHapus
  80. sindrom seperti ini sudah mendarah daging dalam kultur bangsa kita sehingga rasionalitas sudah diabaikan...
    sungguh sangat disayangkan :D

    BalasHapus
  81. you have posted an impressive article. i appreciate your effort

    BalasHapus
  82. well..emang banyak bang klo urusan sugesti mah
    contohnya mertua saya aja, sama tuh, klo sakit hrs ke dokter langganan, klo gak ya ngeluh2 mulu

    sama dengan politik, apakah kita perlu mencentang ibu mega krn dia anak dr soekarno?
    plis deh..coba klo dia bkn anak soekarno, coba klo tiap dia kemana2 gak ada poto bapaknya, apakah dia akan tetap dipilihhh???

    saya bukan anti mega, tp cuman sekedar contoh aja...sama dgn anaknya si sby, klo dia bukan anak sby, apakah dia dipilih jadi caleg jatim???

    no wonderlah...

    BalasHapus
  83. sugesti itu memang sangat manjur sekali ya gan .... terima kasih gan atas infonya ....

    BalasHapus
  84. Wah itu sih berlebihan namanya... Ingat dokter itu hanya prantara dari Allah, tetap saja yang menyembuhkan Allah SWT. Jadi perlu kita beri nasihat pada orang seperti di kisah ini, jika kita menemukan orang seperti itu.

    BalasHapus
  85. itu lah zaman sekarang, sudah berkebolak balik ..

    BalasHapus
  86. hehehehe...membaca artikel diatas saya hanya tersenyum...sebnernya itu tergantung dr iman qta..semua jenis penyakit hanya Allah SWT yang bisa menyembuhkannya,
    seperti dokter,tabib itu hanya sebagai perantara saja..sehebat-hebatnya dokter klo Allah belum mengizinkan qta sembuh dari suatu penyakit ya ga bakalan sembuh,tapi klo Allah mengizinkan qta sembuh,hanya dengan meminum air putih pun qta akan sembuh..ya smua itu saya kembalikan kepada temem2 pembaca sja.karena kadar keimanan seseorang berbeda-beda...oiya mampir ke www.calyca2011.com di web tersebut da informasi yang mungkin berguna buat temen2 sekalian..terima kasih....

    BalasHapus
  87. kisah seperti itu adalah fenomena yang mungkin setiap tahunnya akan selalu ada yang baru

    BalasHapus
  88. panjang juga nich bahasannya.. hehe

    BalasHapus
  89. oh iya,, singgah dong ke blog saya

    BalasHapus
  90. Setuju pak... itulah kondisi rakyat kita... padahal udah banyak yg sekolah...hehehe...

    BalasHapus
  91. percaya nggak percaya itulah kenyataanya .. hee
    terimakasih inponya ..

    BalasHapus
  92. kunjungan siang ini ..

    semangattt pagiiiii

    BalasHapus
  93. informasi yang menarik.terimakasih udah di share

    BalasHapus
  94. saya setuju dengan pendapat anda mas,sugesti dan pengkultusan subjek yang semu jadi ini adalah wujud kegagalan.
    terimakasih sudah mau berbagi mas

    BalasHapus
  95. wah.... bisa repot nih kalo sempat seperti itu pasien ...

    BalasHapus
  96. kesempurnaan hanya milik ALLAH. . .

    BalasHapus
  97. HaTI gEmBiRA adalAH Obat

    silahkan cermati dan rasakan sendiri jika anda sakit.

    BalasHapus
  98. setuju banget nih,, artikelnya menarik sekali ..
    sangat bermanaat

    BalasHapus
  99. salam kenal. ditunggu kunjungannya.

    BalasHapus
  100. memang susah untuk menghilangkan tradisi di pengkultusan maupun sugesti ini di masyarakat kita
    mau menyangkal kenyataannya ada benarnya/buktinya
    mau ikut2an takut jadi jatuh ke syirik

    jadi gimana dong.... ?
    :) :) :)

    BalasHapus
  101. kalau mau yang pasti-pasti aja
    datang ke toko online saya di http://www.obat-kuat-foredi.com tempat mendapatkan obat kuat pria dan merupakan hrebal yang telah direkomendasikan oleh dr.Boyke - sexolog terkenal.

    BalasHapus
  102. emank harus ada turun menurun ya kalo mo masuk dunia politik??

    BalasHapus
  103. Great article. There's a lot of good data here, though I did want to let you know something - I am running Redhat with the latest beta of Firefox, and the layout of your blog is kind of quirky for me. I can read the articles, but the navigation doesn't function so good.

    BalasHapus
  104. Rasa sungkan juga seringkali jadi pendorong sugesti. gara2 sungkan orang "mengaku" sembuh seolah2 dari kultus yang gak jelas

    BalasHapus
  105. janganlah jadi orang yang berkegantungan.hehe
    maasih sudah d share,bermanfaat sekali

    BalasHapus
  106. fenomena yang udah gak asing lagi di indonesia,selalu saja begit.
    makasih infonya

    BalasHapus
  107. Cerita nya menarik, di update lagi donk pak blog nya.

    BalasHapus
  108. i feel very lucky can find this page..
    finally i find something that i want to know..
    thank you for this usefull informations..

    BalasHapus
  109. i feel very lucky can find this page..
    finally i find something that i want to know..
    thank you for this usefull informations..

    BalasHapus
  110. i feel very lucky can find this page..
    finally i find something that i want to know..
    thank you for this usefull informations..

    BalasHapus
  111. hilang ponari datang lagi dukun-dukun cilik yang lain...

    BalasHapus
  112. inilah negara kita .. hee
    terimakasih udah di share

    BalasHapus
  113. sekarang ponari pamornya udah redup

    BalasHapus
  114. wow this really good blog content

    BalasHapus
  115. hal seperti itu kayaknya udah tidak bisa dipisahkan dari kebudayaan masyarakat kita......

    BalasHapus
  116. sebuah pencerahan..sy salut buat mas bro ini..

    BalasHapus
  117. terbukti segesti sangat berpengaruh..

    BalasHapus
  118. mantap deh artikelnya..
    semoga bermanfaat

    BalasHapus
  119. bingung mau nanggapi apa artikelnya.,qta sebagai manusia hanya bisa berikhtiar,tp yang bener..kunjng balik ya salam dari www.zuxma.com makasih

    BalasHapus
  120. artikelnya sangat menarik..makasih udah di share

    BalasHapus
  121. sugesti ini seprtinya adalah bagian dari budaya Kita.. dan semuanya sudah di rasukinya tidak terkecuali dunia politik..

    BalasHapus
  122. i feel very lucky can find this page..
    finally i find something that i want to know..
    thank you for this usefull informations..

    BalasHapus
  123. Kultus semacam itu akan semakin parah jika ditujukan untuk pejabat publik, akhirnya tiadanya kontrol sosial terhadap pejabat tersebut karena kita telah terhalusinasi oleh sugesti yang meninabobokan.. :D thanks

    BalasHapus
  124. wow this really good blog content

    BalasHapus
  125. bener banget tuh, terbukti sugesti emang berpengaruh, makanya kita harus hati-hati dengan sugesti!!

    BalasHapus
  126. helpful for me. I will let you know if this works for me.

    BalasHapus
  127. Wish you many many many many many many happy returns of the day honey and Google

    BalasHapus
  128. Thanks for a nice share you have given to us with such an large collection of information. Great work you have done by sharing them to all.simply superb.

    BalasHapus
  129. good posting,, artikel yang bermanfaat.
    terimakasih udah di share

    BalasHapus
  130. Kalo dokternya mati giman tuh gan ? wkwkkw

    BalasHapus
  131. harus dirubah keyakinan kepada makhluk menjadi yakin kepada ALLAH swt. karena kalau kita meninggal dalam keadaan demikian maka akan sengsara selama-lamanya di negeri akhirat. bukankan begitu?? hehehe...
    Kopi Tribulus

    BalasHapus
  132. ummm,,, makasiy yah tipsnya, keep to share GAN

    BalasHapus
  133. postingan yang hebat,,
    cocok sekali,,
    thanks and salam kenal

    BalasHapus
  134. boleh juga nih di kaitkan dengan politik ..
    mantap deh .. makasih inponya

    BalasHapus
  135. oke juga nie sangat menarik nie,,,,,,,

    BalasHapus
  136. masyarakat kita memang tidak jauh dari yang namanya sugesti (bhs Jawa : krinah).
    terlepas percaya tidak percaya, kadang hal ini terbukti.

    BalasHapus
  137. oke juga nie sangat bagus dan sangat menarik nie.....

    BalasHapus
  138. Mantap artikelnya, update lagi dong sob.
    Berkunjung sob ke blog ane www.ericsiswanto.com

    BalasHapus
  139. namanya sebuak kepercayaan dan obat,
    bisa diturunkan melaui perantara siapa saja,,,,,
    tapi jangan sampai sirik za,,,,,,?

    BalasHapus
  140. Very impressive Post! Keep it up...

    BalasHapus
  141. Absolute favorite movie of all time, Pulp Fiction. So I'm kinda looking along the same extremely weird and twisted lines.

    BalasHapus
  142. I'm looking for any books about living in a cult commune, (topics such as polygamist cults, sexually abusive cult leaders, etc.). Preferably fiction. Thanks! :D

    BalasHapus
  143. Mau berbagi informasi nih. Kalian dah tau belum tentang program kerja bisnis bikinan melissa ODAP? Sejenis program kerja paruh waktu dari rumah itu loh. Nih kerja intinya kamu diminta ngumpulin data doang. Nah tiap datanya kamu diupah 10 ribu. udah banyak yang ikut nih, ada yang perbulane dapet ratusan ribu, jutaan rupiah bahkan ada yang satu bulane dapat 19 juta. kamu perlu tahu tuh. Untuk info lebih lanjut, lihat disni ya www.programkerjaodap.cu.cc

    Moga info ini bermanfaat ya

    BalasHapus
  144. oke juga nie sangat bagus dan sangat menarik nie gan,,,,,,

    BalasHapus
  145. test...test..test...hahahha...pakbr bang ??

    makin cadas aj nih blog , komen nya sampe 1000 an..

    BalasHapus
  146. sugesti yg melekat di masyarakat yg kurang mampu, hanya jalan alternative yg bisa di ambil walaupun tidak ada kepastian ...

    sungguh ironis negri ini kawan

    BalasHapus
  147. blog nya keren, ane ikut backlink ya. sambil menyelelam minum air :)
    kunjungi juga web saya ya :-)
    terima kasih

    BalasHapus
  148. salam kenal :)
    ijin nitip link :) buat namabahin seo serp :D
    anda dapet kunjungan, saya pun dapet lapak :D
    sama-sama saling membutuhkan.
    Terimakasih

    BalasHapus
  149. Saya sangat beruntung dapat menemukan situs ini. Terima kasih telah berbagi informasi-nya. Saya akan menikmati setiap hal-hal baru yang Anda posting.

    BalasHapus
  150. Sangat mengesankan! Ini adalah posting yang benar-benar berguna. Terima kasih atas informasi Anda .

    BalasHapus
  151. luar biasa penjelasannya mas. Hal tersebut akan memberi pelajaran berharga untuk orang indonesia

    BalasHapus
  152. Sugesti memang memberikan banyak manfaat kalau digunakan dengan benar, tapi kalau tidak memang bisa menjadi masalah serius.

    BalasHapus
  153. Sugesti kadangkala diperlukan untuk memotivasi diri sendiri bukan untuk ketergantungan terhadap orang lain

    BalasHapus
  154. salam kenal....yang butuh jasa download silahkan mampir

    BalasHapus
  155. daftar dofollow blog yang lain lengkap dengan tutorialnya

    BalasHapus
  156. download video film yang bagus bagus monggo kunjungi blogkuu

    BalasHapus
  157. artikel yg sangat inspiratif

    BalasHapus
  158. thx infox friend,sangat bermanfaat,,,tp kyx tugh musyrik hanya Allah yg bs yakini,,jalan2 ke blogku yagh
    http://mediafire-software4u.blogspot.com
    http://mediafire-bestmovies.blogspot.com

    BalasHapus

Saya sangat berterima kasih bila teman berkunjung dan meninggalkan komentar. Yakinlah teman, saya "pasti" akan melakukan hal yang sama, karena hidup akan semakin indah, jika kita saling memberi dan menerima.