14 Mei 2008

The Vietnam War 1956-1975

Peperangan terjadi antara Republik Vietnam (Vietnam Selatan) yang disokong oleh Amerika Serikat, Korea Selatan, Thailand, Australia, Selandia Baru dan Filipina dengan Demokratik Vietnam (Vietnam Utara) yang disokong oleh Uni Sovyet dan RRC. Walaupun peperangan ini berlangsung dalam kurun waktu 9 tahun, namun paling tidak sekitar 1,5 juta jiwa melayang dari kedua negara, dan yang terbesar dialami oleh Vietnam Utara.

Secara singkat kronologis perang Vietnam ini dapat digambarkan sebagai berikut :

Pada abad ke-19, Vietnam menjadi wilayah jajahan Perancis. Perancis menguasai Vietnam setelah melakukan beberapa perang kolonial di kawasan Indochina mulai dari tahun 1840-an. Ekspansi kekuasaan Perancis disebabkan keinginan untuk menyaingi kebangkitan Inggris dan kebutuhan untuk mendapatkan hasil bumi seperti rempah-rempah untuk menggerakkan industri di negara mereka yang juga untuk menyaingi penguasaan industri oleh Inggris.

Singkatnya, sampai akhirnya pada Perang Dunia ke II Jepang berhasil menguasai Vietnam, dan Perancispun terdepak dari sana, dan hingga kemerdekaan Vietnam-pun diberikan oleh Jepang sebagai langkah pembebasan kawasan Asia dari Negara Barat.

Kemerdekaan yang diperoleh oleh Vietnam, tidaklah serta merta menyisakan "nafas panjang" bagi Vietnam.... perang "urat syaraf dengan dalih ideologi" ternyata berdampak buruk bagi Vietnam, dan Vietnam-pun menjadi Kelinci percobaannya....

Apapun yang terjadi :"Penjajahan diatas dunia harus dihapuskan, karena tidak sesuai dengan peri kemanusiaan dan peri keadilan ".


7 komentar:

  1. sepertinya pada kurun waktu itu yang melatarbelakangi perang ketika itu adalah kebutuhan akan rempah-rempah/ hasil bumi ya?
    tetapi skrg latarbelakang perang adalah politik!
    besok apalagi ya?
    trus apa sih peran UN mensiasati terjadinya perang dmn2? yang notabene dimotori oleh anggotanya sendiri??

    BalasHapus
  2. klo soal UN g usah dibahas pak, mreka braninya ma negara2 kecil..coba lawan negara2 yg pny hak Veto...mlempem..qta g boleh kyak gitu pak yah???

    BalasHapus
  3. Jadi tambah tahu dech tentang sejarah Perang Vietnam, artikel yang sangat mendidik, thanks atas sharingnya.

    BalasHapus
  4. Baca tentang Perang Vietnam jadi ingat film Rambo dan filmnya Chuck Norris, he...he... Mantap gan infonya, makasih yaa...

    BalasHapus
  5. Jadi tambah tahu dech tentang sejarah Perang Vietnam, artikel yang sangat mendidik, thanks atas sharingnya.

    BalasHapus
  6. Terima kasih telah berbagi informasi sangat bermanfaat sekali dan menambah wawasan

    BalasHapus

Saya sangat berterima kasih bila teman berkunjung dan meninggalkan komentar. Yakinlah teman, saya "pasti" akan melakukan hal yang sama, karena hidup akan semakin indah, jika kita saling memberi dan menerima.