18 Mei 2008

Ayat-ayat Cinta

Novel karya Habiburrahman El Shirazy ini bercerita tentang perjalanan cinta dua anak manusia yang berbeda latar belakang dan budaya; yang satu adalah mahasiswa Indonesia yang sedang studi Universitas Al-Azhar Mesir (Fahri), dan yang satunya lagi adalah mahasiswi asal Jerman yang kebetulan juga sedang studi di Mesir (Aisyah). Digambarkan, bahwa Fahri adalah seorang sosok laki-laki "sempurna", ia seorang yang jujur, rendah hati dan berani. Sehingga tak ayal ia diperebutkan oleh perempuan-perempuan di kampus itu. Selanjutnya, Fahri menjalani berbagai lika liku kehidupan, dari mulai di fitnah yang menyebabkan ia harus dipenjara, sampai dengan istri "kedua"nya yang seorang muallaf (Maria) yang harus meninggalkan-nya untuk selamanya. Novel ini sangat menarik, terlihat jelas bagaimana pengorbanan seorang istri terhadap suaminya, yang ia yakini adalah lelaki yang "sempurna"... sangat menarik untuk disimak...

10 komentar:

  1. ho ho ho....jalur cerita di AAC jauh benar dengan di http://teropongkaca.blogspot.com/
    mau tau kisah sejatinya simak klik aja alamat di atas.

    Memang diakui film AAC dan novel AAC cukup menggetarkan, tapi teropongkaca refrensikan juga novel Laskar Pelangi.,seru juga ceritanuya..

    BalasHapus
  2. ha...ha...dq fikir sama critanya dg Fahri teropong kaca...rupanya beda...klo beda2 tipis gpp pak...

    BalasHapus
  3. klu bs berkomentar, mgkn yg sudah nonton sedikit banyak sependapat dengan saya. apalagi yg sudah baca bukunya terlebih dahulu, akan sedikit kecewa dgn apa yg disajikan dlm filmnya. hal itu wajar, karna novel setebal itu sangatlah kurang bila diwujudkan dalam sebuah visual yg hanya berdurasi 1,5 jam saja.
    dalam komen ini, saya cukup mengomentari pemeran utama prianya saja, sosok fahri yg digambarkan dlm novel, sesaat kita terlena dengan bayangan sosok yg bersahaja, dan nyaris sempurna.
    tp sbg penikmat film yg cukup adiktif, saya sedikit kecewa dengan sosok yg diperankan ferdi nuril. difilm AAC, disini ferdi lebih digambarkan sbg sosok seorang suami yg takut istri, apalagi akting yg dinilai byk kalangan yg sangat pas pasan dan nyaris tanpa ekspresi. oh God, sangat sayang sekali, film dgn alur cerita seindah itu, ditambah besutan tangan dingin sutradara sehebat itu, sedikit tidak jeli dlm memilih pemainnya.
    but, secara keseluruhan its oke. not bad lah...
    cukup menghibur

    BalasHapus
  4. wah, komen sy buat mb toet, salute..tnyt anda tmsk seorang penikmat skaligus pemerhati perfileman Indo...argumentasi anda cukup menarik, atas kajian mb toet, smg dq g tmsk gol suami tkt istri...but..suami yg menghargai istrinya...he..he

    BalasHapus
  5. Memang ayat-ayat cinta sangat menggugah hati.

    BalasHapus
  6. Novel karya Habiburrahman El Shirazy emang keren2, salut buat beliau

    BalasHapus
  7. Terima kasih telah membagi artikelnya, Ayat - Ayat cinta memang novel yang sangat bagus. Terima kasih dan salam sukses

    BalasHapus

Saya sangat berterima kasih bila teman berkunjung dan meninggalkan komentar. Yakinlah teman, saya "pasti" akan melakukan hal yang sama, karena hidup akan semakin indah, jika kita saling memberi dan menerima.